PENERAPAN METODE JIGSAW DALAM PEMBELAJARAN MENULIS DESKRIPSI DI SEKOLAH DASAR
Keywords:
Kata kunci: penerapan metode kooperatif tipe jigsaw, menulis deskripsiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan; 1) perencanaan pembelajaran: 2) pelaksanaan pembelajaran; 3) hasil pembelajaran menulis deskripsi dengan menerapkanmetode kooperatif tipe Jigsaw pada siswa kelas VI Sekolah Dasar Negeri 03 Waru Kebakkramat. Data penelitian ini berupa informasi terkait dengan perencanaan, pelaksanaan, dan hasil pembelajaran menulis deskripsi dengan menerapkan metode kooperatif tipe jigsaw. Sumber datanya adalah narasumber, dokumen, dan peristiwa pembelajaran. Sampel dalam penelitian ini difokuskan pada perencanaan, pelaksanaan, hasil pembelajaran menulis deskripsi dengan menerapkan metode kooperatif tipe Jigsawpada siswa kelas VI Sekolah Dasar Negeri 03 Waru Kebakkramat. Pengecekan keabsahan temuan dilakukan dengan trianggulasi sumber dan trianggulasi metode. Data yang terkumpul dianalisis dengan teknik analisis data yang meliputi kegiatan reduksi data, pemaparan data, verifikasi, dan penyimpulan data. Hasil penelitian penerapan metode kooperatif tipe jigsaw dalam pembelajaran menulis deskripsi pada siswa kelas VI Sekolah Dasar Negeri 03 Waru Kebakkramat Sekolah Dasar Negeri 03 Waru Kebakkramat, siswa terlihat aktif dan bersemangat, mereka terlihat lebih menikmati proses pembelajaran, beberapa siswa antusias bertanya, menanggapi pertanyaan teman kelompoknya, saling diskusi dengan teman mengenai tulisannya, dan berusaha menulis deskripsi dengan baik.Dengan penerapan metode kooperatif tipe jigsaw dalam pembelajaran menulis deskripsisiswa bisa saling membantu dalam diskusi. Persentase ketuntasan belajar siswa mencapai 94%. .Downloads
References
Daftar Pustaka
Ahmad Susanto. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta:
Kencana Prenadamedia Group
Amsyah Zulkifli. 2013. Manajemen Sistem Informasi. Cet ke-4. Jakarta: PT. Gramedia
Pustaka Utama,
Suwarto.2017.Statistik Pendidikan: Panduan Praktis Bagi pendidik dan Calon
Pendidik.Surakarta:Pustaka Pelajar.
Lexy J. Moleong. 2014. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung. PT. Remaja Rosdakarya.
Nugrahani Farida. 2014. Metode Penelitian Kualitatif dalam Penelitian Pendidikan
Bahasa. Solo: Cakra Books.
Nurjamal, Daeng. dkk. 2011. Terampil Berbahasa. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&B. Bandung: Alfabeta.
Suharsimi Arikunto, 2013. Preosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta:
Rineka Cipta
Sutopo, H. B. 2002. Metodologi Penelitian Kualitatif: Teori dan Aplikasinya Dalam
Penelitian. Surakarta: sebelas maret university press.
Suwarto.2017.Statistik Pendidikan: Panduan Praktis Bagi pendidik dan Calon
Pendidik.Surakarta:Pustaka Pelajar.
Lexy J. Moleong. 2014. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung. PT. Remaja Rosdakarya.
Nugrahani Farida. 2014. Metode Penelitian Kualitatif dalam Penelitian Pendidikan
Bahasa. Solo: Cakra Books.
Nurjamal, Daeng. dkk. 2011. Terampil Berbahasa. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&B. Bandung: Alfabeta.
Suharsimi Arikunto, 2013. Preosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta:
Rineka Cipta
Sutopo, H. B. 2002. Metodologi Penelitian Kualitatif: Teori dan Aplikasinya Dalam
Penelitian. Surakarta: sebelas maret university press.
Bungin,Burhan.2008.Analisis Data Penelitian Kualitatif.Jakarta:Raja Grafindo Persada.
Dhiyan Pradhani E.2017.”Keefektifan Penggunaan Metode Kooperatif Tipe Jagsaw dalam
Pembelajaran Menulis Narasi Pada siswa Kelas VI SD”
Karima Heksari. 2018” Penerapan Metode Kooperatif Tipe Jagsaw dalam Pembelajaran
Menulis Narasi Pada siswa Kelas VI SD”
Meleong,Lexy J.2010.Metodologi Penelitian Kualitatif,Bandung:Penerbit PT Remaja
Rosdakarta Offset.
Nugrahani Farida. 2018. Metode Penelitian Kualitatif dalam Penelitian Pendidikan
Bahasa. Solo: Cakra Books.
Siti Halijah.2018.”Penerapan Metode Kooperatif Tipe Jagsaw dalam Pembelajaran
Menulis Teks Eksposisi Pada siswa Kelas VI SD”
Sugiyono.2012.Metode Metode Penelitian Kualitatif dan R dan B.Bandung:Alfabet.
Suharsiwi Ariskunto,2013.Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik.Jakarta:Rineka
Cipta.
Sujanto,J.Ch.2002. Ketrampilan Berbahasa:Membaca,Menulis,Berbicara Untuk Alat
Kuliah Dasar Umum Bahasa Indonesia.Jakarta:Depdiknas.
Sutopo,H.B.2002.Metodologi Penelitian Kualitatif:Dasar,Teori,dan Terapan dalam
Penelitian.Surakarta:UNS Press.
Tarigan,H.G,2016.Menulis Sebagai Keterampilan Berbahasa.Bandung:Angkasa.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.