PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN IMAGINATIF DALAM KETERAMPILAN MENGARANG SISWA SEKOLAH DASAR

Authors

  • Poniman Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo
  • Mukti Widayat Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo
  • Suwarto Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v8i2.10095

Keywords:

Kata kunci : mengarang, imaginatif, keterampilan

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) perencanaan pembelajaran keterampilan mengarang dengan model Imaginatif pada siswa kelas V SD Negeri 03 Banjarharjo, (2) mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran keterampilan mengarang dengan model Imaginatif pada siswa kelas V SD Negeri 03 Banjarharjo, (3) mendeskripsikan kendala yang ditemui dalam pelaksanaan pembelajaran keterampilan mengarang dengan model Imaginatif pada siswa kelas V SD Negeri 03 Banjarharjo, serta (4) mendeskripsikan solusi yang dilakukan oleh guru dalam menghadapi kendala-kendala yang ditemui saat pembelajaran keterampilan mengarang dengan model Imaginatif pada siswa kelas V SD Negeri 03 Banjarharjo. Penelitian ini menggunakan metode deksriptif kualitatif, yang memfokuskan pada pengumpulan informasi tentang keadaan atau realita yang sedang berlangsung. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan analisis dokumen. Teknik validitas data menggunakan triangulasi sumber dan metode. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data interaktif. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa : (1) perencanaan pembelajaran dengan model imaginatif dibuat Bersama-sama dalam forum KKG guru kecamatan Kebakkramat; (2) pelaksanaan pembelajaran berlangsung baik dan optimal, adanya kendala atau hambatan yang ditemui dalam pelaksanaan ini dapat diatasi dan ditemukan solusi tepat sehingga teratasi dengan baik;(3) solusi untuk mengatasi hambatan tersebut dengan menambahkan media lagu atau musik untuk mengiringi proses pembelajaran model imaginatif, hal ini dapat meningkatkan motivasi siswa dan ketertarikan siswa dalam mengikuti pembelajaran serta memudahkan proses imaginasi siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

DAFTAR PUSTAKA

Depdiknas. 1999. Kamus Besar

Bahasa Indonesia. Jakarta : Balai

Pustaka.

Depdiknas. 2006. Peraturan

Menteri Pendidikan Nasional Nomor

Tahun 2006 tentang Standar Isi

untuk Satuan Pendidikan Dasar dan

Menengah. Jakarta: Dirjen

Dikdasmen.

Miles dan Huberman. 1992.

Analisis Data Kualitatif. Jakarta:

Universitas Indonesia.

Moleong. 2017. Metodologi

Penelitian Kualitatif. Bandung : PT

Remaja Rosdakarya.

Silberman, Melvin. 2009. Active

Learning 101 Cara Siswa Belajar

Aktif. Bandung: Nusa Media.

Sugiyono. 2010. Metode

Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan

R&D. bandung: Alfabeta.

Suprijono, Agus. 2010.

Cooperative Learning Teori dan

Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta:

Pustaka Pelajar.

Susanto, Ahmad. 2013. Teori

Belajar dan Pembelajaran di Sekolah

Dasar. Jakarta : Kharisma Putra

Utama.

Sutopo, H.B. 2006. Metodologi

Penelitian Kualitatif. Surakarta:

Universitas Sebelas Maret.

Suwarto, M.Pd., Nugrahani, F.,

& Nurnaningsih. (2019). Strategi

Penulisan Karya Ilmiah bagi

Mahasiswa Pendidikan Biologi. Jurnal

Pendidikan Biologi Indonesia, 5(3),

-432.

Tarigan, Henry Guntur. 2008.

Menulis. Bandung: Angkasa.

Widayati, M., Nugrahani, F.,

Nurnaningsih, & Sudiyana, B. (2022).

Karakteristik Tes Akhir Semester

Pertama Bahasa Indonesia Kelas 7.

Jurnal Dikdas Bantara, 5(1), 1-10.

Downloads

Published

2023-09-06