PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN IMAGINATIF DALAM KETERAMPILAN MENGARANG SISWA SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v8i2.10095Keywords:
Kata kunci : mengarang, imaginatif, keterampilanAbstract
ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) perencanaan pembelajaran keterampilan mengarang dengan model Imaginatif pada siswa kelas V SD Negeri 03 Banjarharjo, (2) mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran keterampilan mengarang dengan model Imaginatif pada siswa kelas V SD Negeri 03 Banjarharjo, (3) mendeskripsikan kendala yang ditemui dalam pelaksanaan pembelajaran keterampilan mengarang dengan model Imaginatif pada siswa kelas V SD Negeri 03 Banjarharjo, serta (4) mendeskripsikan solusi yang dilakukan oleh guru dalam menghadapi kendala-kendala yang ditemui saat pembelajaran keterampilan mengarang dengan model Imaginatif pada siswa kelas V SD Negeri 03 Banjarharjo. Penelitian ini menggunakan metode deksriptif kualitatif, yang memfokuskan pada pengumpulan informasi tentang keadaan atau realita yang sedang berlangsung. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan analisis dokumen. Teknik validitas data menggunakan triangulasi sumber dan metode. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data interaktif. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa : (1) perencanaan pembelajaran dengan model imaginatif dibuat Bersama-sama dalam forum KKG guru kecamatan Kebakkramat; (2) pelaksanaan pembelajaran berlangsung baik dan optimal, adanya kendala atau hambatan yang ditemui dalam pelaksanaan ini dapat diatasi dan ditemukan solusi tepat sehingga teratasi dengan baik;(3) solusi untuk mengatasi hambatan tersebut dengan menambahkan media lagu atau musik untuk mengiringi proses pembelajaran model imaginatif, hal ini dapat meningkatkan motivasi siswa dan ketertarikan siswa dalam mengikuti pembelajaran serta memudahkan proses imaginasi siswa.Downloads
References
DAFTAR PUSTAKA
Depdiknas. 1999. Kamus Besar
Bahasa Indonesia. Jakarta : Balai
Pustaka.
Depdiknas. 2006. Peraturan
Menteri Pendidikan Nasional Nomor
Tahun 2006 tentang Standar Isi
untuk Satuan Pendidikan Dasar dan
Menengah. Jakarta: Dirjen
Dikdasmen.
Miles dan Huberman. 1992.
Analisis Data Kualitatif. Jakarta:
Universitas Indonesia.
Moleong. 2017. Metodologi
Penelitian Kualitatif. Bandung : PT
Remaja Rosdakarya.
Silberman, Melvin. 2009. Active
Learning 101 Cara Siswa Belajar
Aktif. Bandung: Nusa Media.
Sugiyono. 2010. Metode
Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan
R&D. bandung: Alfabeta.
Suprijono, Agus. 2010.
Cooperative Learning Teori dan
Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta:
Pustaka Pelajar.
Susanto, Ahmad. 2013. Teori
Belajar dan Pembelajaran di Sekolah
Dasar. Jakarta : Kharisma Putra
Utama.
Sutopo, H.B. 2006. Metodologi
Penelitian Kualitatif. Surakarta:
Universitas Sebelas Maret.
Suwarto, M.Pd., Nugrahani, F.,
& Nurnaningsih. (2019). Strategi
Penulisan Karya Ilmiah bagi
Mahasiswa Pendidikan Biologi. Jurnal
Pendidikan Biologi Indonesia, 5(3),
-432.
Tarigan, Henry Guntur. 2008.
Menulis. Bandung: Angkasa.
Widayati, M., Nugrahani, F.,
Nurnaningsih, & Sudiyana, B. (2022).
Karakteristik Tes Akhir Semester
Pertama Bahasa Indonesia Kelas 7.
Jurnal Dikdas Bantara, 5(1), 1-10.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.