PENGARUH SISTEM PENGENDALIAN INTERN TERHADAP PENYUSUNAN RENCANA KERJA DAN ANGGARAN (RKA) PADA BADAN PERENCANAAN PEMBANGUNAN DAERAH (BAPPEDA) KOTA BANDUNG

  • Saiful Almujab Universitas Pasundan

Abstract

Penalitian ini bertujuan untuk mengukur seberapa besar pengaruh sistem pengendalian intern terhadap penyusunan Rencana Kerja dan Anggaran (RKA). Sistem pengendalian intern yang dijabarkan dalam penelitian meliputi struktur organisasi, metode dan ukuran-ukuran yang dikoordinasikan untuk menjaga kekayan organisasi, mengecek ketelitian dan keandalan data akuntansi, mendorong efisiensi dan mendorong dipatuhinya kebijakan manajemen. Sedangkan rencana kerja dan anggaran adalah dokumen perencanaan dan pengangaran yang berisi rencana pendapatan, rencana belanja program dan kegiatan SKPD serta rencana pembiayaan sebagai dasar penyusunan APBN. Hasil penelitian menunjukan terdapat korelasi yang positif dalam kategori kuat sedangkan pengaruh sistem pengendalian intern terhadap penyusunan Rencana Kerja dan Anggaran (RKA) pada Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPPEDA) Kota Bandung sebesar 82% dan 18% dipengaruhi oleh faktor lain yang penulis tidak teliti. Nilai regresi penelitian menunjukan Y= 4,40+0,81X, dengan koefisien determinasi 0,82.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Jan 17, 2020
How to Cite
ALMUJAB, Saiful. PENGARUH SISTEM PENGENDALIAN INTERN TERHADAP PENYUSUNAN RENCANA KERJA DAN ANGGARAN (RKA) PADA BADAN PERENCANAAN PEMBANGUNAN DAERAH (BAPPEDA) KOTA BANDUNG. Oikos: Jurnal Kajian Pendidikan Ekonomi dan Ilmu Ekonomi, [S.l.], v. 4, n. 1, p. 36-44, jan. 2020. ISSN 2549-2284. Available at: <http://journal.unpas.ac.id/index.php/oikos/article/view/2185>. Date accessed: 14 aug. 2020. doi: http://dx.doi.org/10.23969/oikos.v4i1.2185.
Section
Articles