HEDONIC SHOPPING MOTIVATION TERHADAP IMPULSE BUYING PADA KONSUMEN TOKOPEDIA

  • DESIANTY FITHRI WAHYUNI -
  • Indira Rachmawati Universitas Telkom

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui persepsi mahasiswa Universitas Telkom mengenai hedonic shopping motivation dan impulse buying pada Tokopedia. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kausal dengan menggunakan metode kuantitatif dengan teknik pengambilan sampel non probability sampling dengan teknik analisis purposive sampling yang dilakukan dengan melakukan penyebaran kuesioner secara online kepada 385 mahasiswa Universitas Telkom. Hasilnya menunjukkan bahwa hedonic shopping motivation dan impulse buying berada pada kategori baik. Secara simultan hedonic shopping motivation berpengaruh terhadap impulse buying. Secara parsial, terdapat pengaruh positif dan signifikan adventure/explore shopping, idea shopping, dan relaxation shopping terhadap impulse buying, sedangkan value shopping tidak berpengaruh signifikan dan social shopping memiliki pengaruh signifikan negatif.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Dec 6, 2018
How to Cite
WAHYUNI, DESIANTY FITHRI; RACHMAWATI, Indira. HEDONIC SHOPPING MOTIVATION TERHADAP IMPULSE BUYING PADA KONSUMEN TOKOPEDIA. Jurnal Riset Bisnis dan Manajemen, [S.l.], v. 11, n. 2, p. 9-15, dec. 2018. ISSN 2580-9539. Available at: <http://journal.unpas.ac.id/index.php/jrbm/article/view/701>. Date accessed: 24 jan. 2019. doi: http://dx.doi.org/10.23969/jrbm.v11i2.701.