KAJIAN STRUKTURAL SASTRA BANDINGAN CERITA RAKYAT BATU BAGGA DAN MALIN KUNDANG

Authors

  • Fatma Nuraini Putri Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Ratna Dewi Kartikasari Universitas Muhammadiyah Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.23969/wistara.v5i1.4966

Keywords:

struktural, sastra bandingan, cerita rakyat

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan persamaan dan perbedaan serta menjelaskan struktur yang terdapat pada cerita rakyat Batu Bagga dan Malin Kundang. Metode yang digunakan dalam analisis penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Teknik pengolahan data yang dilakukan adalah dengan cara mengkaji unsur-unsur intrinsik cerita rakyat Batu Bagga dan Malin Kundang. Pengumpulan data dilakukan dengan mengidentifikasi, mengklasifikasi, mendeskripsi, dan menganalisis sehingga dapat diketahui bahwa terdapat keterkaitan erat antara dua cerita rakyat yang dianalisis. Teori yang digunakan adalah teori sastra bandingan. Hasil penelitian bertujuan untuk mengetahui persamaan dan perbedaan struktur yang terdapat dalam cerita rakyat Batu Bagga dan Malin Kundang. Hasil analisis menunjukan hal-hal yang dominan dari dalam segi unsur-unsur pembangun karya sastra yang terdapat dalam teks itu sendiri.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abidin, Hasan, Nita Handayani. (2019). Cerita Rakyat “Buaya Learissa Kayeli” dan “Buaya Tembaga, Pakuela, Sang Penguasa Baguala” (Suatu Kajian Sastra Bandingan). Arbitrer, 1(2), 109-124.

Larasati, Maria Marietta. Anselmus. (2021). Kajian Struktural Sastra Bandingan Cerita Jaka Tarub dan Cerita Watu Wari Labu dan Implikasinya Bagi Pendidikan Anak. Retorika, 2(1), 1-12.

Nuryani, Rina. Khaerunnisa. 2018. Bahasa Indonesia untuk Perguruan Tinggi. Karanganyar: CV Al Chalief.

Oktavia, Lukiana Wati. (2015). Analisis Bandingan Unsur Intrinsik Legenda “Asal-Usul Danau Toba” dan Mukashi Banashi “Tsuru No Hanashi”. Japanese Literature.

Ramadhanti, Dina. 2018. Buku Ajar Apresiasi Prosa Indonesia. Yogyakarta: Deepublish.

Sarman. (2019). Cerita Batu Bagga dan Batu Balai: Sebuah Kajian Struktural Sastra Bandingan. Sirok Bastra, 7(1), 1-8.

Zahrotunnisa, Fathimah. Dian Bayu. Haryono. (2021). Enkranisasi Manga dan Anime: Kajian Sastra Bandingan Terhadap Unsur Intrinsik dalam Nurarihyon No Mago: Shikoku Arc Karya Hiroshi Shiibashi dan Junji Nishimura. Chi’e: Jurnal Pendidikan Bahasa Jepang, 9(1), 47-53.

Downloads

Published

2024-05-18