KEMAMPUAN MENULIS PUISI PESERTA DIDIK KELAS IV SDN 36 CAKRANEGARA

Authors

  • Desak Putu Lestari Universitas Mataram
  • Hari Witono Universitas Mataram
  • Syaiful Musaddat Universitas Mataram

Keywords:

Kemampuan, Menulis, Puisi

Abstract

Kemampuan menulis puisi adalah kecakapan atau keterampilan seseorang dalam berkomunikasi, menyampaikan ide, gagasan, pikiran, emosi, dan pengalaman hidup melalui sebuah bahasa tulis dengan makna yang sistematis, serta mengandung keindahan dalam setiap penyusunan larik dan baitnya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan menulis puisi peserta didik kelas IV SDN 36 Cakranegara. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan deskriptif kualitatif. Penelitian ini berfokus pada hasil kemampuan menulis puisi peserta didik berdasarkan aspek tema, rima, diksi, imaji dan amanat. Subjek penelitian terdiri dari 25 peserta didik kelas IV SDN 36 Cakranegara. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan dokumentasi puisi karya peserta didik. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis data deskriptif dan analisis data kualitatif model Miles dan Huberman. Uji keabsahan data dilakukan dengan meningkatkan ketekunan dan menggunakan bahan referensi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada aspek tema, rata-rata nilai yang diperoleh sebesar 95 dengan kategori sangat tinggi. Pada aspek rima memperoleh nilai rata-rata sebesar 49 dengan kategori rendah dan terdapat dua belas jenis rima yang digunakan. Kemudian, aspek diksi memperoleh nilai rata-rata sebesar 66 dengan kategori kurang. Aspek imaji memperoleh nilai rata-rata sebesar 57 dengan kategori rendah dan imaji yang digunakan yaitu imaji penglihatan dan imaji gerak. Lalu, aspek amanat memperoleh nilai rata-rata sebesar 90 dengan kategori sangat tinggi. Maka, dapat disimpulkan bahwa kemampuan menulis puisi peserta didik kelas IV SDN 36 Cakranegara masuk ke dalam kategori kurang, dengan rata-rata nilai keseluruhan sebesar 71,4.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afifah, A., Yulistio, D., & Kurniawan, R. (2020). Kemampuan Menulis Puisi Siswa Kelas X SMA Negeri 7 kota Bengkulu. Diksa: pendidikan bahasa dan sastra Indonesia, 6(2), 72-82.

Bahtiar, A., Hapsari, S. N., Sulistjani, E., & Ahmad, M. G. (2017). Kajian Puisi (1st ed.). Pustaka Mandiri.

Dewi, B. J. P. R., Karma, I. N., & Musaddat, S. (2021). Analisis Kemampuan Menulis Puisi Siswa Kelas V SDN 43 Ampenan Tahun Ajaran 2021/2022. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 6(4), 776-784.

Fardani, R. (2019). KEMAMPUAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN MENULIS PUISI BEBAS BERTEMA BENCANA SULAWESI TENGAH (SULTENG) PADA SISWA KELAS V SDN BULURI PALU. Guru Tua: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 2(1), 60-68.

Robiansyah, F. (2019). Analisis Kesulitan Siswa Dalam Menulis Puisi Serta Implikasinya dalam Pengajaran Bahasa di Kelas IV SDN Banjarsari 5. Kalimaya. Kalimaya, 7(2), 1-10.

Hidayat, R. Kemampuan Menulis Puisi Tema Ibu Pada Siswa Kelas v Sdn Sumbersari 1 Jember Tahun Pelajaran 2018/2019.

ISLAMIYATI, N. ANALISIS UNSUR INTRINSIK PUISI KARYA SISWA KELAS V SD INPRES BTN IKIP 1 MAKASSAR.

Musdalifa, W. A. (2020). Analisis Pembelajaran Menulis Puisi Lirik Pada Siswa Kelas IV SDN 17 Banyuasin III. SCHOLASTICA JOURNAL JURNAL PENDIDIKAN SEKOLAH DASAR DAN PENDIDIKAN DASAR (Kajian Teori dan Hasil Penelitian), 3(1).

Pratiwi, S. (2019, September). KEMAMPUAN MENULIS PUISI SISWA KELAS IV SD NEGERI 130 PEKANBARU. In PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR (Vol. 1, No. 1, pp. 155-169).

Salamah, Salamah (2020). KEMAMPUAN MENULIS PUISI SISWA KELAS VIII SEMESTER GENAP SMP PERINTIS 2 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Journal Educational of Indonesia Language, 1(1),

Septiani, Nilam, Syaflin, Sylvia Lara, & Akbar, M. Taheri (2022). Analisis Kemampuan Menulis Puisi Bebas pada Siswa Kelas V SD Negeri 79 Palembang. Indonesian Research Journal On Education, 2(1), 122-128.

Srimularahmah, A., & Marwil, A. N. (2021). Kemampuan menulis kreatif puisi siswa kelas XI SMA Negeri 24 Watampone. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan), 5(3).

Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (Sutopo (ed.); 2nd ed.). CV. Alfabeta.

Waluyo, H. J. (1987). Teori dan Apresiasi Puisi. Penerbit Erlangga.

Yusniar, Y., & Wiranda, M. W. (2021). Struktur Puisi dalam Kumpulan Puisi Sesudah Zaman Tuhan Dan Pembelajarannya Di SMP. Dialektologi, 6(02), 69-85.

Downloads

Published

2023-08-03