PENGARUH METODE PEMBELAJARAN 3N (NITENI, NIROKKE, NAMBAHI) TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS PUISI PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA SD

Authors

  • Novita Windriani Universitas PGRI Palembang
  • Aswadi Jaya PGSD FKIP Universitas PGRI Palembang
  • Mega Prasrihamni PGSD FKIP Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v8i2.9598

Keywords:

3N (Niteni, Nirokke, Nambahi), Keterampilan Menulis Puisi, Pengaruh

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh keterampilan menulis puisi pada peserta didik kelas IV SD setelah diterapkannya metode keterampilan 3N (Niteni, Nirokke, Nambahi). Metode yang digunakan dalam penelitian yaitu eksperimen. Sampel dalam penelitian ini yaitu 1 kelas digunakan sebagai kelas kontrol dan 1 kelas digunakan sebagai kelas eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IV.A dan IV.B SD Negeri 1 Bubusan dengan jumlah 32 peserta didik. Teknik pengumpulan data data menggunakan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji prasyarat yaitu uji normalitas, dan uji homogenitas, dan uji hipotesis yaitu Uji Mann Whitney. Berdasarkan hasil pembahasan yang diperoleh nilai rata-rata dari posttest kelas kontrol memperoleh nilai sebesar 17 dan posttest rata-rata dari kelas eksperimen memperoleh nilai sebesar 72. Hasil penelitian menunjukan nilai Sig.(2-tailed) sebesar 0,000<0,005, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian terdapat pengaruh keterampilan menulis puisi pada peserta didik kelas IV SD setelah diterapkannya metode 3N (Niteni, Nirokke, Nambahi) di SD Negeri 1 Bubusan.  

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akhmad Yani, F. . (2020). Peningkatan Keterampilan Menulis Berita Melalu Penerpan Teknik 3m (Melihat, Meniru, Dan Mengembangkan) Di SMP Negeri 4 Tapalang Barat. Journal Peqguruang: Conference Series, 2(September).

Ali, M. (2020). Pembelajaran Bahasa Indonesia Dan Sastra (Basastra) Di Sekolah Dasar. PERNIK : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 35. Https://Doi.Org/10.31851/Pernik.V3i2.4839

Anzar, S. F., & Mardhatillah. (2017). Analisis Kesulitan Belajar Siswa Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Kelas V SD Negeri 20 Meulaboh Kabupaten Aceh Barat Tahun Ajaran 2015/2016. Bina Gogik, 4(1 Maret 2017), 53–64.

Ardiansyah, F., & Jaya, A. (2020). Extending the Students’ Narrative Text Comprehension through Reading SMART Protocol. Esteem Journal of English Education Study Programme, 3(1), 42-55.

Hendratmoko Et.Al. (2017). Tujuan Pembelajaran Berlandaskan Konsep Pendidikan Jiwa Merdeka Ki Hajar Dewantara. Jinotep, 3(2), 152–157.

Jaya, A., Hartono, R., Syafri, F., & Haryanti, R. P. (2023, June). Analisis Tuntutan Kurikulum Merdeka dalam Konteks Penerapan Keterampilan Abad 21 pada Materi Pembelajaran Bahasa Inggris. In Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (PROSNAMPAS) (Vol. 6, No. 1, pp. 142-147).

Jaya, A., Hermansyah, H., & Mortini, A. V. (2018). The Effect of Crawford Series Teaching (CST) on the Students’ Writing Achievement. Esteem Journal of English Education Study Programme, 1(1).

Lelariana. (2022). Penerapan Strategi Pembelajaran 3m (Meniru, Mengolah Dan Mengembangkan) Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi Dan Prestasi Belajar Siswa. Diadik: Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 12(2), 148.

Manshur, U., & Ramdlani, M. (2020). Media Audio Visual Dalam Pembelajaran Pai. Al Murabbi, 5(1), 3. Https://Doi.Org/10.35891/Amb.V5i1.1854

Meirisia, S. (2016). Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Melalui Model Pembelajaran Two Stay Two Stray Siswa Kelas V SD. Jurnal Inovasi Penelitian, 4(1), 2807. Https://Stp-Mataram.E-Journal.Id/JIP/Article/View/1175

Nur, M., Mannahali, M., & Burhanuddin. (2021). Hubungan Antara Penguasaan Kosakata Dengan Keterampilan Menulis Puisi Bahasa Jerman. Interference: Journal Of Language, Literature, And Linguistics, 2(1), 65. Https://Ojs.Unm.Ac.Id/INTERFERENCE/Article/View/20129

Prabowo, P. D., & Kusmanto, B. (2018). Peningkatan Motivasi Dan Prestasi Belajar Matematika Siswa Dengan Model 3N (Niteni, Nirokke, Nambahi) Kelas X SMKN 4 Yogyakarta. Prosiding Seminar Nasional Etnomatnesia, 1090.

Sugiono. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Alfabeta.

Widyawati, A., Setyawan, D. N., & Kuncoro, K. S. (2019). The Design Of E-Book Natural Science Practicum Guide Based Tri- Desain E-Book Petunjuk Praktikum IPA Berbasis Tri N ( Niteni , Nirokke , Nambahi ). Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Comton, 6(2), 49.

Downloads

Published

2023-08-07