PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA SISWA KELAS 5 SDN 03 SELUR DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN P4QR METODE PERMAINAN SUKU-KATA
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v8i2.9304Abstract
This study aims to improve the reading skills of grade 5 students at SDN 03 Selur through the application of the PQ4R approach with the syllable game method. The research uses classroom action research methods with two cycles. Research participants consisted of 9 students, with 5 male students and 4 female students. Data was collected through observation, tests and interviews. The results showed that in cycle I, 3 male students and 2 female students showed an increase in reading ability. In cycle II, there was a better improvement, with 4 male students and 4 female students showing an increase in reading ability. The results of this study indicate that the application of the PQ4R method with the syllable game method is effective in improving the reading ability of grade 5 students at SDN 03 Selur. Keywords: reading skill, PQ4R, syllable game method, classroom action researchDownloads
References
Alvioni, C., Nuryani, P., & Mulyasari, E. (2019). Metode PQ4R Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas III Sekolah Dasar. Membaca Pemahaman Siswa Kelas III Sekolah Dasar. JPGSD, II, 236–245. http://ejournal.upi.edu/index.php/jpgsd/index
Damanik, A. R., Friska, M., & Sinaga, A. B. (2023). Pengaruh Metode Pq4r Terhadap Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Kelas VI SDN 066049 Medan Helvetia. Jurnal Teknologi, Kesehatan & Ilmu Sosial, 5(1), 10–15. http://e-journal.sari-mutiara.ac.id/index.php/tekesnos
Juliana, & Samuel Pasaribu. (2023). Peningkatan Kemampuan Pemahaman Siswa Melalui Penerapan Metode Pembelajaran PQ4R. Communnity Development Journal , 4(1), 222–227.
Jumriah, & Fitriani. (2022). Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas VIII A SMP Negeri 3 Unaaha Dengan Menggunakan Strategi PQ4R. Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 2(1).
Khaer, U., & Nursimin. (2022). Efektifitas Penerapan Strategi PQ4R dalam Meningkatkan Membaca Pemahaman Siswa Kelas VIII SMPN 4 Latambaga Tahun Ajaran 2021/2022 Nursimin 2 12 SMPN 4 Latambaga. DEIKTIS: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 2(2), 266–271. https://dmi-journals.org/deiktis/index
Niku, E. (2023). Strategi Pembelajaran Bahasa Indonesia melalui PQ4R dapat Meningkatkan Kemampuan Membaca pada Kelas I Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 3946–3956.
Rikmasari, R., & Lestari, M. (2018). Metode Pembelajaran PQ4R dalam Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas V di Bekasi. JMIE (Journal of Madrasah Ibtidaiyah Education), 2(2), 265. https://doi.org/10.32934/jmie.v2i2.78
Risma Ginanjar, D., Azwar Uswatun, D., & Rizqia Amalia, A. (2019). Penerapan Metode Pq4r Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Sekolah Dasar Kelas Tinggi. In Jurnal Perseda (Vol. 2, Issue 3).
Sudiana, N., & Lasmawan, W. (2017). Pengaruh Pembelajaran Membaca dengan Metode PQ4R terhadap Kemampuan Membaca Pemhaman dan Kemampuan Verbal Siswa Kelas V SD di Kecamatan Payangan. PENDASI:Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 1(1), 12–22.
Tambunan, N. (2021). Peningkatan Kemampuan Pemahaman Membaca Text Report melalui MetodE PQ4R pada Siswa Kelas IX B SMPN 11 Jember. Education Journal : Journal Educational Research and Development, 5(1), 125–138. https://doi.org/10.31537/ej.v5i1.426
Tutin Suhartini, & Asep Samsudin. (2022). Penggunaan Metode PQ4R untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas V SDN Harapan Mulya. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri, 8(2), 2639–2649.
Wahyudi, A., & Abdul Jamal, N. (2022). Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Melalui Metode PQ4R terhadap Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV SD Negeri 01 Bandar Dalam Kecamatan Negeri Agung. TADZKIRAH: Jurnal Pendidikan Dasar, 3(2), 33–25.
Wungkana, M. (2016). Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman dengan Metode PQ4R pada Siswa Kelas V SDN Inpres 1 Tatura. Jurnal Kreatif Tadulako Online, 4(6), 332–339.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.