PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATERI LAMBANG GARUDA PANCASILA MENGGUNAKAN MEDIA PUZZLE SISWA KELAS III SDN 1 NGADISANAN

Authors

  • Wika Dwi Wulandari Universitas PGRI Madiun
  • Sanusi Universitas PGRI Madiun
  • Dewi Nurwati SD Negeri Ngadisanan

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v8i2.9273

Keywords:

Peningkatan hasil belajar, Lambang Garuda Pancasila, Media puzzle

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar materi lambang Garuda Pancasila dengan menggunakan media puzzle pada siswa kelas III di SDN 1 Ngadisanan. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan melalui dua siklus. Siklus pertama bertujuan untuk mengevaluasi hasil belajar siswa sebelum penerapan media puzzle, sedangkan siklus kedua bertujuan untuk melihat peningkatan hasil belajar setelah penerapan media puzzle. Hasil penelitian siklus I menunjukkan bahwa penggunaan media puzzle telah memberikan peningkatan dalam hasil belajar siswa. Pencapaian indikator tes, keaktifan, dan kerjasama siswa meningkat secara signifikan dibandingkan dengan kondisi sebelumnya. Meskipun belum mencapai target indikator secara keseluruhan, terdapat peningkatan yang positif dalam pemahaman siswa terhadap materi lambang Garuda Pancasila. Selanjutnya, hasil penelitian siklus II menunjukkan peningkatan yang lebih signifikan dalam hasil belajar siswa setelah penerapan media puzzle. Pencapaian indikator tes, keaktifan, dan kerjasama siswa melebihi target indikator yang ditetapkan. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan media puzzle sebagai metode pembelajaran efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi lambang Garuda Pancasila. Dalam kesimpulannya, penggunaan media puzzle telah berhasil meningkatkan hasil belajar siswa kelas III di SDN 1 Ngadisanan dalam memahami materi lambang Garuda Pancasila. Guru dan pihak pendukung lainnya perlu mendukung penggunaan media puzzle dalam pembelajaran dan memastikan ketersediaan sumber daya yang diperlukan. Diharapkan penelitian ini dapat memberikan kontribusi dalam pengembangan strategi pembelajaran yang inovatif dan efektif, serta meningkatkan pemahaman siswa terhadap nilai-nilai Pancasila.  

Downloads

Download data is not yet available.

References

Annisa, R. P., Pratiwi, S. A., & Haimah, S. (2020). Pengunaan Media Dalam Pembelajaran Pkn Sd. Jurnal Pendidikan Dan Dakwah, 2(3), 386–395. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/pandawa

Hasbullah, J. dan A. M. (2019). Strategi Belajar Mengajar dalam Upaya Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 3(1), 17–24.

Isnaini, L. N., Nisa, K., & Jiwandono, I. S. (2023). HUBUNGAN GAYA BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR MUATAN PPKN SISWA KELAS V SDN 1 PENGADANG. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 4453-4467.

Kurniawaty, I., Faiz, A., & Purwati, P. (2022). Strategi Penguatan Profil Pelajar Pancasila di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(4), 5170–5175. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i4.3139

Melliana, S. G., & Wicaksono, V. D. (2022). PENGEMBANGAN MEDIA E-PUZZLE PADA MATERI LAMBANG NEGARA “ GARUDA PANCASILA ” KELAS III SEKOLAH DASAR Sisilia Gita Melliana Abstrak. Jpgsd., 10(9), 1930–1941.

Patricia, C. O. S. (2021). No 主観的健康感を中心とした在宅高齢者における 健康関連指標に関する共分散構造分析Title. 3(2), 6.

Putri, S. A., Destiniar, & Sunedi. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Puzzle Pecahan Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas III SD Negeri 100 Palembang. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(4), 1783–1789.

Pratama, V., Yayuk, E., & Arima, N. (2023). PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA PENINGKATAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN PANCASILA SISWA KELAS IV SDN CANGGU 2 MELALUI MEDIA PETA KEBERAGAMAN BANGSAKU. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 5689-5700.

Yunita, S., & Supriatna, U. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Puzzle terhadap Hasil Belajar Siswa. Syntax Idea, 3(8), 1999-2006.

Downloads

Published

2023-08-05