PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v8i2.9079Abstract
Aktivitas guru yang masih menggunakam model dan metode pembelajaran yang variatif dan inovatif dalam proses pembelajaran menjadi permasalahan di dalam kegiatan pembelajaran siswa khususnya pada muatan pelajaran matematika materi pengumpulan dan penyajian data. Penelitian ini bertujuan untuk menerpakan model pembelajaran Problem Based Learning dalam mata pelajaran matematika materi pengumpulan dan penyajian data siswa kelas V. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan teknik pengumpulan data terdiri dari wawancara, tes dan observasi. Prosedur penelitian ini terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Uji validasi data menggunakan teknik triangulasi sumber dan teknik. Sedangkan pengolahan data dan teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari kegiatan pratindakan memperoleh nilai rata-rata kelas sebesar 56,67. Pada siklus I diperoleh nilai rata-rata 78,16 dan pada siklus II diperoleh nilai rata-rata 80. Sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa penerapan model pembelajaran problem based learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada muatan matematika materi pengumpulan dan penyajian data.Downloads
References
Anugraheni, I. (2017). Penggunaan Portofolio Dalam Perkuliahan Penilaian Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Dasar PerKhasa, 3(1), 246–258. https://jurnal.stkippersada.ac.id/jurnal/index.php/JPDP/article/view/40/42
Jacub, T. A., Marto, H., & Darwis, A. (2019). Model Pembelajaran Problem Based Learning dalam Peningkatan Hasil Belajar IPS (Studi Penelitian Tindakan Kelas di SMP Negeri 2 Tolitoli. Tolis Ilmiah; Jurnal Penelitian, 1(2), 124–129.
Mayasari, A., Arifudin, O., & Juliawati, E. (2022). Implementasi Model Problem Based Learning (Pbl) Dalam Meningkatkan Keaktifan Pembelajaran. Jurnal Tahsinia, 3(2), 167–175. https://doi.org/10.57171/jt.v3i2.335
Mungzilina, A. K., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Tanggung Jawab Dan Hasil Belajar Siswa Kelas 2 Sd. NATURALISTIC : Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(2), 184–195. https://doi.org/10.35568/naturalistic.v2i2.209
Novianti, A., Bentri, A., & Zikri, A. (2020). Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning (Pbl) Terhadap Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(1), 194–202. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i1.323
Puspita, M., Slameto, S., & Setyaningtyas, E. W. (2018). Peningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas 4 Sd Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning. Justek : Jurnal Sains Dan Teknologi, 1(1), 120–125. https://doi.org/10.31764/justek.v1i1.416
Setiyawan, H. (2017). Pembelajaran Matematika Model PBL (Problem Based Learning) pada Mata Pelajaran Matematika Materi Luas Bidang Pada Siswa Kelas III SD. INOVASI : Jurnal Humaniora, Sains, Dan Pengajaran, XIX(No.1), 8–17. https://erepository.uwks.ac.id/276
Surya, Y. F. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SDN 016 Langgini Kabupaten Kampar. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 38–53. https://bit.ly/2MXn3xs
Yusri, A. Y. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas Vii Di Smp Negeri Pangkajene. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 51–62. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v7i1.341
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.