PENGEMBANGAN MEDIA COUNTING POCKET UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG

Authors

  • Lilik Dwi Yanti Lilik PGSD FIPS Universitas Nahdlatul Ulama Blitar, Indonesia
  • Cindya Alfi cindya PGSD FIPS Universitas Nahdlatul Ulama Blitar, Indonesia
  • Mohamad Fatih PGSD FIPS Universitas Nahdlatul Ulama Blitar, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v8i1.9058

Keywords:

counting pocket, berhitung, penjumlahan dan pengurangan

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan produk pengembangan berupa media ajar untuk kelas 1 yaitu Counting Pocket untuk meningkatkan kemampuan berhitung siswa. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan (Research & Development) dengan model pengembangan ADDIE, Analysis(analisis), Design(desain), Development(pengembangan), Implementation (implementasi), dan Evaluation(evaluasi). Instrumen yang dipakai berupa tes dan angket. Uji kevalidan produk dilakukan oleh ahli materi, dan ahli media. Uji kevalidan yang dilakukan oleh ahli menunjukkan hasil yang valid dengan persentase menunjukkan lebih dari 85%. Uji kelayakan dilakukan oleh guru kelas dengan presentase menunjukkan 100%. Sedangkan peningkatan kemampuan berhitung terbukti meningkat dengan kategori sedang dengan hasil normalitas gain sebesar 0,62.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andriani, R. (2023). Pengembangan Media Kantong Angka untuk Meningkatkan Pengembangan Mengenal Angka pada Anak Usia 4-5 di TK Ajarul Aswat (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry).

Ariyantika, D., Farida, F., & Rakhmawati, R. (2019). Pengembangan Pocket Book Of Mathematic Pada Siswa Berkebutuhan Khusus Untuk Memfasilitasi Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 8(1), 175-183.

Aunio, P. (2019). Early Numeracy Skills Learning and Learning Difficulties — Evidence-based Assessment and Interventions. In Cognitive Foundations for Improving Mathematical Learning (1st ed., Vol. 5).

Darmawan, E. A. (2014). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Materi Penjumlahan Bersusun Dengan Menggunakan Media Kantong Bilangan Siswa Kelas I MI Yappi Banjaran. UIN Sunan Kalijaga Yogjakarta

Dyah Galih Rizki Wulandari, P. G. S. D., & Budiharti, P. G. S. D. (2016). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KANTONG NILAI PLASTIK TRANSPARAN UNTUK MENANAMKAN KONSEP OPERASI HITUNG BILANGAN DI SEKOLAH DASAR.

Fatih, M., & Alfi, C. (2021). Pengembangan Monopoli Karakter Berbasis Permainan Simulasi sebagai Upaya Peningkatan Kecerdasan Sosioemosi Siswa Sekolah Dasar di Kota Blitar.

Fidayani, S. (2018). Penggunaan Media Kantong Ajaib Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun Di Paud Nur Mishqi Kabupaten Aceh Besar. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Anak Usia Dini, 3(3).

Meutia, O. (2017). Meningkatkan Kemampuan Berhitung Penjumlahan Bilangan Bulat Menggunakan Media Mistar Hitung pada Siswa Kelas IV SD Negeri 148/IV Kota Jambi. Jurnal Penelitian Universitas Jambi.

Nurfadhillah, S. (2021). Media Pembelajaran Pengertian Media Pembelajaran, Landasan, Fungsi, Manfaat, Jenis-Jenis Media Pembelajaran, dan Cara Penggunaan Kedudukan Media Pembelajaran. CV Jejak (Jejak Publisher).

Raghubar, K. P., & Marcia A. Barnes. (2016). Early Numeracy Skills in Preschool-Aged Children: a Review of Neurocognitive Findings and Implications for Assessment and Intervention. Clinical Neuropsychologist.

Sari, N. M., Yetti, E., & Hapidin, H. (2020). Pengembangan media permainan mipon’s daily untuk meningkatkan kemampuan berhitung anak. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 831.

Sholeh, A., Cacik, S., Sari, M. P., & Diputra, G. (2022). PENGEMBANGAN MEDIA (PAKAPIN) PAPAN KANTONG PINTAR BERBASIS LITERASI UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR. Elementary school journal, 1(1), 23-32.

Sugiyono (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta.

Tunggali, A. P. P. W. (2019). Menelisik fungsi media baru (studi kasus literasi informasi kesehatan pada penggunaan aplikasi kesehatan di kalangan siswa sma muhammadiyah se-kabupaten Bantul). JHeS (Journal of Health Studies), 3(1), 12-20.

Widowati, P. N., Efriyana, T., Pratiwi, Y. D., & Lukas, S. (2022). Mengukur Kemampuan Berhitung melalui Metode Fun Game Wordwall pada Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar Strada Kampung Sawah. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(6), 2957-2964.

Zulaikhah, I. R., Syamsuddin, M. M., & Palupi, W. Upaya Meningkatkan Kemampuan Berhitung Melalui Teknik Pembelajaran Tps (Think Pair Share) Pada Kelompok B Tahun Ajaran 2016/2017

Downloads

Published

2023-07-18