PENGARUH PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v8i1.8880Keywords:
Differentiated learning, PBL, Science learning outcomesAbstract
Differentiated learning is a way of thinking that views each student as unique and needing different handling from one another. A learning model is needed to accommodate different classes but still achieve learning objectives. This study aims to determine the effect of differentiated learning problem-based learning models on science learning outcomes. The data were obtained by giving the tens instrument, and then the results were analyzed using the normality test, homogeneity test, and paired sample T-test. The results of the data analysis test showed that the data obtained were regular and homogeneous. The hypothesis test shows a significance value of 0.002, so there is a significant difference between students' science learning outcomes before and after the use of problem-based learning models of differentiated learning strategies.Downloads
References
Dudeliany, J A, and Maryani Mahardika. 2021. “Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) Disertai LKS Berbasis Multirepresentasi Pada Pembelajaran IPA-Fisika Di SMP.” Jurnal Pendidikan 3(3): 254–59. https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JPF/article/view/23281.
Eviana, Melilla. 2023. “Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Untuk Meningkatkan Pemahaman KOnsep Luas Permukaan Bangun Ruang Dan Mengatasi Kejenuhan Pada SIswa Kelas VI A SDI Labat Kota Kupang Tahun Pelajaran 2021/2022.” 6(1): 1–23.
Ferlianti, Sisda, Mohammad Syamsul Muiz, and Didi Teguh Chandra. 2022. “Penerapan Pembelajaran Diferensiasi Dengan Metode Blended Learning’s Station Rotation Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Tekanan Hidrostatis.” Jurnal Pendidikan Indonesia 3(3): 266–72.
Fitra, Devi Kurnia. 2022. “Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Perspektif Progresivisme Pada Mata Pelajaran Ipa.” Jurnal Filsafat Indonesia 5(3): 250–58.
Hartati, Hartati, Fahruddin Fahruddin, and Nikman Azmin. 2021. “Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah Mata Pelajaran IPA Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Dan Hasil Belajar Siswa.” JISIP (Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan) 5(4): 1770–75.
Herwina, Wiwin. 2021. “Optimalisasi Kebutuhan Siswa Dan Hasil Belajar Dengan Pembelajaran Berdiferensiasi.” Perspektif Ilmu Pendidikan 35(2).
Hirza, Bonita et al. 2022. “Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa Melalui Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Mewujudkan Merdeka Belajar.” Jurnal Pendidikan Matematika RAFA 8(2): 22–32. http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/jpmrafa.
Iskandar, Dedi. 2021. “Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Report Text Melalui Pembelajaran Berdiferensiasi Di Kelas IX . A SMP Negeri 1 Sape.” 1: 123–40.
Kamal, Syamsir. 2021. “Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Upaya Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI MIPA SMA Negeri 8 Barabai.” JULAK : Jurnal Pembelajara dan Pendidik 1(1): 89–100.
Khasanah, Nur, Sri Dwiastuti, and Nurmiyati. 2016. “Pengaruh Model Guided Discovery Learning Terhadap Literasi Sains Ditinjau Dari Kecerdasan Naturalis.” Proceeding Biology Education Conference 13(1): 346–51. https://jurnal.uns.ac.id/prosbi/article/view/5744.
Kusuma, Y Y, S Sumianto, and ... 2023. “Pengembangan Model Pembelajaran Berdiferensiasi Berbasis Nilai Karakter Dalam Kearifan Lokal Pada Perspektif Pendidikan Global Di Sekolah Dasar.” Jurnal Pendidikan dan Konseling 5(1): 2936–41. http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpdk/article/view/11446.
Muliani, Rahmi. 2022. “Mengatasi Hambatan Pembelajaran Berdiferensiasi: Tips Dan Trik Untuk Guru.” Jurnal An-Nur: Kajian Ilmu-Ilmu Pendidikan 2(1): 1–14.
Nirmala, W., and S. Darmawati. 2021. “The Effectiveness of Discovery-Based Virtual Laboratory Learning to Improve Student Science Process Skills.” Journal of Education Technology 5(1): 103.
Rohimat, Sonny, Dyah Ratna Wulandari, and Indah Tri Wardani. 2023. “Efektivitas Pembelajaran Kimia Dengan Pendekatan Diferensiasi Konten Dan Produk.” 1(3): 57–64.
Rovita, Roin. 2023. “Pembelajaran Berdiferensiasi Melalui Cooperative Learning Teknik Demonstrasi Untuk Peningkatan Keaktifan Siswa Kelas 1 SDN Songgokerto 02 Batu.” Jurnal Pendidikan Taman Widya Humaniora 2(2): 854–76.
Safarati, Nanda. 2023. “Literature Review: Pembelajaran Berdiferensiasi Di Sekolah Menengah.” Literature review 6(November): 33–37.
Setyawati, Rini. 2023. “Pembelajaran Diferensiasi Untuk Meningkatkan Pemahaman Tentang Pancaindera Manusia Pada Siswa Kelass 4C SD Negeri Ngaglik 01 Batu Tahun Ajaran 2022/2023.” Jurnal Pendidikan Taman Widya Humaniora 2(1): 232–59.
Sulthon, Sulthon. 2017. “Pembelajaran IPA Yang Efektif Dan Menyenangkan Bagi Siswa MI.” ELEMENTARY: Islamic Teacher Journal 4(1).
Syarifuddin, Syarifuddin, and Nurmi Nurmi. 2022. “Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IX Semester Genap SMP Negeri 1 Wera Tahun Pelajaran 2021/2022.” JagoMIPA: Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA 2(2): 35–44.
Trias, Henry et al. 2017. “Refleksi Diri Guru Bahasa Indonesia Dalam Pembelajaran Berdiferensiasi Di Sekolah Penggerak.” Lingua Franca: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya 1(2): 224–32.
Umbara, Uba. 2017. “Implikasi Teori Belajar Konstruktivisme Dalam Pembelajaran Matematika.” Jurnal Matematika Ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan 3(1): 1–14. http://jurnal.upmk.ac.id/index.php/jumlahku/article/view/348.
Wahyuningsari, Desy et al. 2022. “Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Rangka Mewujudkan Merdeka Belajar.” Jurnal Jendela Pendidikan 2(04): 529–35.
Westri, Andini Dinar. 2016. “‘Differentiated Instruction’: Solusi Pembelajaran Dalam Keberagaman Siswa Di Kelas Inklusif.” Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an 2(3): 340–49.
Yuliati, Yuyu. 2017. “Miskonsepsi Siswa Pada Pembelajaran IPA Serta Remediasinya.” Jurnal Bio Educatio 2(2): 50–58.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.