STRATEGI KEPEMIMPINAN DEMOKRATIS SITUASIONAL: STUDI KASUS KEPALA SEKOLAH PEREMPUAN DI SMPN 5 LAMONGAN

Authors

  • Mas Rifqiyah Alfisyah UIN Maulana Malik Ibrahim Malang
  • Munirul Abidin Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v8i1.8628

Keywords:

Leadership Strategy, Female Principal, Religious Democratic and Situational

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menguraikan kajian tentang kepemimpinan kepala sekolah perempuan. Dalam penelitian ini, akan dijelaskan secara rinci mulai dari kajian teori, metode penelitian dan pembahasan tentang model serta analisis strategi kepemimpinan kepala SMPN 5 Lamongan. Penelitian ini adalah studi kasus yang menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Adapun pengambilan datanya melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini menemukan hasil tentang model dan gaya kepemimpinan kepala sekolah perempuan di SMPN 5 Lamongan yaitu visioner, demokratis religius dan situasional. Berdasarkan penelitian, salah satu keberhasilan kepemimpinan kepala SMPN 5 Lamongan adalah dengan meningkatnya kinerja guru yang cukup baik serta citra SMPN 5 Lamongan yang tidak kalah tertinggal jauh dengan sekolah lain yang ada di kota walaupun SMPN 5 Lamongan terletak di desa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdullah, Syamsul Aimmah Burhanuddin. (2023). Strategi Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Menciptakan Good Governance di Sekolah. Jurnal Educatio, 9(1), 5.

Ambarita, Alben. (2015). Kepemimpinan Kepala Sekolah. Graha Ilmu.

Ardiansyah (2012). Analisis Gaya Kepemimpinan Situasional (Situational Leadership) Sebagai Model Kepemimpinan Di Era Modern. Jurnal Ilmu-ilmu sosial sosioscientia, 2(2), 199-200.

Bush & Coleman. (2006). Leadership and Strategic Management in Education. SAGE Publications Company.

Bush, T. & Coleman, M. (2000). Leadership and strategic management in education. EMDU, 31

Engkoswara. (2010). Administrasi pendidikan. ALFABETA,180.

Fatimah, Siti. (2020). Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Perempuan dalam Mengembangkan Lembaga Pendidikan Islam, At-Tuhfah: Jurnal Studi Keislaman, 9(2), 84.

Faturahman, Burhanudin mukhamad. (2018). Kepemimpinan dalam Budaya Organisasi. Madani Jurnal Politik dan Sosial Kemasyarakatan, 1(1), 1.

Fitria, Idayatul. Dan Achadi Budi Sentosa. (2020). Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0 untuk Meningkatkan Mutu Sekolah. Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, dan Supervisi Sekolah, 5(1), 60.

Hersey dan Blanchand. (1994). Manajemen Perilaku Organisasi: Pemberdayaan Sumber Daya Manusia (Management of Organizational Behavior: Utilizing Human Resource) terjemehan Agus Dharma. Jakarta: Erlangga, 29.

Kartono, Kartini. (2011). Pemimpin dan Kepemimpinan (Apakah kepemimpinan abnormal itu?). PT Raja Grafindo Persada, 93.

Kristiyanti, Eutrovia Iin, Muhyadi. (2015). Kepemimpinan Kepala Sekolah Perempuan (Studi Kasus SMKN 7, SMKN 1 Bantul, SMKN 1 Tempel). Jurnal Akuntibiltas Manajemen Pendidikan, 3(1), 38.

Moleong, Lexy J. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. PT Remaja Rosdakarya, 17.

Mukhtar dan Iskandar. (2009). Orientasi Baru Supervisi Pendidikan. Gaung persada,

Nugroho, Riant. (2008). Gender dan administrasi publik (Studi tentang kualitas kesetaraan gender dalam administrasi publik Indonesia paska reformasi 1988- 2002). Pustaka Pelajar, 33.

Nurvita, Almi, Falita Alam, Iqbal Abdullah. (2020). Kepemimpinan Kepala sekolah Perempuan dalam meningkatkan budaya sekolah. Jurnal Administrasi Pendidikan, 27(1), 42-52.

Primbodo, Pebriana. (2023). Strategi Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Pengembangan Profesionalisme Guru. Tirai: Jurnal Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, 2(1), 36.

Rahman, Mohamad Rafsanjani Algantara dan Astuti Darmiyanti. (2022). Strategi Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 4(4), 5864.

Rivai, Veithzal & Deddy Mulyadi. (2012). Kepemimpinan Dan Perilaku Organisasi (edisi ketiga). PT Raja Graffindo Persada, 34.

Robbins & Judge. (2009). Organizational behavior (13th Edition). Pearson Education, Inc, 64.

Santoso, Wawan Hadi. (2018). Kepemimpinan Transformasional Kepala Madrasah dalam Membangun Karakter Siswa di MI Maarif Bego Depok Sleman. Nidhomul Haq: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(2), 58.

Solihati, Tati. (2020). Model Kepemimpinan Kepala Sekolah Perempuan dalam Meningkatkan Sekolah Efektif. Indonesian Journal of Education Management & Administration Review, 4(1), 237.

Subhan, Zaitunah. (2002). Rekonstruksi Pemahaman Jender Dalam Islam (Agenda Sosio Kultural Dan Polotik Peran Perempuan. El-Kahfi.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi (Mixed Methods). Alfabeta, 13.

Suriansah, Ahmad. Dan Aslamiah. (2015). Strategi Kepemimpinan Kepala Sekolah, Guru, Orang Tua, dan Masyarakat Dalam Membentuk Karakter Siswa. Cakrawala Pendidikan, Juni (2), 235.

Thoha, Miftah. (1996). Perilaku Organisasi. PT Gramedia Pustaka Utama.

Thoha, Miftah. (2020). Kepemimpinan dalam Manajemen. PT Raja Grafindo Persada, 9.

Usman, Husaini. (2013). Manajemen: Teori, praktik, dan riset pendidikan (Edisi 4). Bumi Aksara, 311.

Downloads

Published

2023-07-01