PENINGKATAN HASIL BELAJAR ANALISIS DATA MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) KELAS I PADA KURIKULUM MERDEKA DI SEKOLAH DASAR

Authors

  • Azahro Aurellia Eka Khotob Universitas Muhammadiyah Malang
  • Arina Restian Universitas Muhammadiyah Malang

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v8i1.7875

Keywords:

Hasil belajar, Problem Based Learning, Kurikulum Merdeka

Abstract

Penelitian ini berawal dari refleksi guru tentang kurikulum merdeka di sekolah dasar. Dalam proses pembelajaran terlihat bahwa aktivitas siswa dalam belajar kurikulum merdeka di kelas I SDN Sentul 3 masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengumpulkan data dan informasi mengenai aktivitas dan hasil belajar siswa kelas I SDN Sentul 3 dengan menerapkan model Problem Based Learning. Penelitian ini menggunakan pendekatan konstruktif. Jenis penelitian yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas I SDN Sentul 3 sebanyak 28 siswa. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak dua siklus. Rancangan penelitian ini meliputi, (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) tindakan dan pengamatan, dan (4) refleksi. Data dikumpulkan dengan observasi dan melakukan tes hasil belajar siswa. Analisis data dilakukan dengan teknik persentase. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan aktivitas belajar siswa sebesar 65% dan begitu pula peningkatan hasil belajar sebesar 85%. Dengan demikian, model Problem Based Learning terbukti dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas I SDN Sentul 3.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agus, J., Agusalim, A., & Irwan, I. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pelajaran IPS Sekolah Dasar. EDUKATIF: JURNAL ILMU PENDIDIKAN.

Marta, H., Fitria, Y., Hadiyanto, H., & Zikri, A. (2020). Penerapan Pendekatan Contextual Teaching and Learning Pada Pembelajaran IPA Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(1), 149–157.

Novelita, Nevi And Darmansyah. (2022) “Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar Kurikulum Merdeka Menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) Di Kelas IV Sekolah Dasar.” Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang 8, No. 2 (December 15, 2022): 1538–50. https://doi.org/10.36989/didaktik.v8i2.446.

Novianti, Wiwi (2022) Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Dalam meningkatkan hasil belajar IPA di SD. Jurnal Kependidikan. Vol. 7 No. 2. 2022: 19-27.

Setiyaningsih, Suci, and Heru Subrata. (2023) “Penerapan Problem Based Learning Terpadu Paradigma Konstruktivisme Vygotsky Pada Kurikulum Merdeka Belajar,”. Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME) Vol 9 No. 2 April 2023.doi:10.58258/jime.v9i1.5051/http://ejournal.mandalanursa.org/index.php/JIME.

Vivi, L., Fitria, Y., Miaz, Y., & Ahmad, Z. (2020). Pembelajaran IPA Dengan Strategi Pembelajaran Inkuiri Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Dan Motivasi Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu.

Downloads

Published

2023-06-18