PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PJBL DENGAN PROYEK KONKRET ARESATIK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SDN PUNTEN 01 BATU
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v9i3.18252Keywords:
Project Based Learning, Model Pembelajaran, Penelitian Tindakan KelasAbstract
Penelitian ini memiliki tujuan guna meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan subjek sebanyak 21 siswa kelas V SDN Punten 01. Data pada penelitian ini didapatkan dengan cara tes dan juga observasi, yang kemudian di olah menggunakan teknik analisis statistik deskriptif. Hasil yang didapatkan pada siklus I menunjukkan nilai keseluruhan siswa sebesar 1550 dengan rata-rata 70,4 dan kategori “cukup tinggi”. Berdasarkan hasil siklus I peneliti mendapati beberapa refleksi berupa (1) media kurang menarik perhatian siswa, dan (2) proyek akhir kurang membantu meningkatkan hasil belajar siswa. Kemudian hasil pada siklus II menunjukkan hasil yang meningkat, yakni nilai keseluruhan 1820 dengan rata-rata sebesar 82,7 dan termasuk ke dalam kategori “tinggi”. Hasil dari pelaksanaan penelitian menunjukkan bahwa dengan digunakannya model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dengan hasil akhir berupa proyek konkret dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN Punten 01.Downloads
References
Adnyana, G. B., Subaker, W., & Mawa, W.( 2018). Meningkatkan kemampuan menulis teks pidato persuasif siswa kelas IX C sekolah menangah pertama negeri 2 Tabanan. 1–6.
Asrul, Saragih, A. H., & Mukhtar. 2022. Evaluasi Pembelajaran. Medan: Perdana Publishing.
Ilmi, A. M., Sahabuddin, E. S., & Putri Atjo, S. E. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(2), 1163–1173. https://doi.org/10.31004/edukatif.v5i2.4962
Kaban, R. H., Anzelina, D., Sinaga, R., & Silaban, P. J. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran PAKEM Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Di Sekolah Dasar. Elementary Journal : Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(1), 29–38. https://doi.org/10.47178/elementary.v6i1.2056 h
Made, A. M., Ambiyar, A., Riyanda, A. R., Sagala, M. K., & Adi, N. H. (2018). Implementasi Model Project Based Learning (PjBL) dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa Teknik Mesin. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(4), 5162–5169. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i4.3128
Makkawaru, M. (2019). Pentingnya Pendidikan Bagi Kehidupan dan Pendidikan Karakter dalam Dunia Pendidikan. Jurnal Konsepsi, 8(3), 116–119. Retrieved from https://www.p3i.my.id/index.php/konsepsi/article/view/87
Maria, K. (2020). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas II Dengan Menggunakan Media Congklak Di SD Katolik Wetakara. Jurnal Ekonomi, Sosial & Humaniora, 01(12), 67–77. https://jurnalintelektiva.com/index.php/jurnal/article/view/378
Mawardi. (2018). Merancang Model dan Media Pembelajaran. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 8(1), 26–40. https://doi.org/10.24246/j.js.2018.v8.i1.p26-40
Nababan, D., Marpaung, A., & Koresy, A. (2023). Strategi Pembelajaran Project Based Learning (PJBL). Pediaqu: Jurnal Pendidikan Sosial Dan Humaniora, 2(2), 706–719. https://publisherqu.com/index.php/pediaqu
Nisah, N., Widiyono, A., Milkhaturrohman, & Lailiyah, N. N. (2021). Keefektifan Model Project Based Learning Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Ipa Di Sekolah Dasar. Pedagogi: Jurnal Penelitian Pendidikan, 8(2), 114–126. https://doi.org/10.25134/pedagogi.v8i2.4882
Nurul Fitri, S. F. . (2021). Problematika Kualitas Pendidikan di Indonesia. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 1617–1620. Retrieved from https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/1148
Rohmawati, A. (2015). Efektivitas Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 3(2), 203–218. https://doi.org/10.1177/003755007200300206
Saleh, M. S., et al 2023. Media Pembelajaran. Jawa Tengah: Eureka Media Aksara.
Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta
Sudana, P. A., & Wesnawa, G. A. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas Ii Sekolah Dasar. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1), 178. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v7i1.5359
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta
Wahid, A. (2018). Pentingnya Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Prestasi Belajar. Early Childhood Islamic Education Journal, 3(01), 73–85. https://doi.org/10.58176/eciejournal.v3i01.679
Wahyudi, L. E. ., Mulyana, A. ., Dhiaz, A., Ghandari, D., Putra Dinata, Z. ., Fitoriq, M., & Hasyim, M. N. (2022). Mengukur kualitas pendidikan di Indonesia. Ma’arif Journal of Education, Madrasah Innovation and Aswaja Studies, 1(1), 18–22. Retrieved from https://jurnal.maarifnumalang.id/index.php/mjemias/article/view/3
Zamili, U. (2020). Peranan Guru Dalam Pengembangan Kurikulum. Jurnal Pionir LPPM Universitas Asahan, 6, 311–318.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.