TEKNIK JARIMATIKA DAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PERKALIAN
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v8i1.7791Keywords:
Keywords: Learning Outcomes, Problem Based Learning, Jarimatika, Kata Kunci: Hasil Belajar, Probelm Based Learning, JarimatikaAbstract
ABSTRACT This study aims to improve student learning outcomes, especially in Multiplication material, through learning with the Jarimatics technique with the Problem-Based Learning (PBL) model in class II SD Negeri 2 Karangmulyo, Pacitan. The type of research used is Classroom Action Research by applying two cycles of procedures. Each cycle has more than four steps: planning, implementation, observation/observation, and reflection. The subjects of this study were all 13 grade II elementary school students. This study's results indicate that the Jarimatics technique's application with the Problem-Based Learning model in the addition of learning materials has improved the learning outcomes of class II students at SD Negeri 2 Karangmulyo Pacitan. In the first learning cycle, student learning completeness reached 62%. Meanwhile, in cycle II there was an increase in student mastery of 85%. ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa khususnya pada materi Perkalian melalui pembelajaran dengan teknik Jarimatika dengan model Probelm Based Leraning (PBL) di kelas II SD Negeri 2 Karangmulyo, Pacitan. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan menerapkan prosedur 2 siklus. Pada setiap siklusnya terdapat atas 4 langkah, antara lain: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan/observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas II SD yang berjumlah 13 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan teknik Jarimatika dengan model Probelm Based Leraning pada pembelajaran materi perkalian, telah mampu meningkatkan hasil belajar siswa kelas II SD Negeri 2 Karangmulyo Pacitan. Pada siklus pembelajaran I ketuntasan belajar siswa mencapai 62%. Sementara itu, pada siklus II terjadi peningkatan ketuntasan belajar siswa sebesar 85%.Downloads
References
Afsari, Sisca, Islamiani Safitri, Siti Khadijah Harahap, dan Lisa Sahena Munthe. 2021. Systematic Literature Review: Efektivitas Matematika Realistik pada Pembelajaran Matematika. IJI Publication 1 (3): 189-97 https://journal.intelekmadani.org/index.php/ijipublication/article/view/117/96
Awaliyah, Annisa Kholifatul. 2017. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Materi Perkalian Dengan Teknik Jarimatika. Skripsi. Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/33830
Dewi, Saulina. 2021. Materi Perkalian Menggunakan Media Gambar Kelas Iii Sd Negeri 118272 Aek Kulim Tahun Ajaran 2018 / 2019 Metode-Metode 03 (01): 27–36.
Hardianti, Tika, Atiaturrahmaniah Atiaturrahmaniah, and Muh. Yazid. 2021. Pengaruh Teknik Jarimatika Terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Penjumlahan Dan Perkalian 1-10. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan 2 (1): 116–23. https://doi.org/10.37478/jpm.v2i1.879.
Hidayat, Rachmad Agus, Roesminingsih Roesminingsih, and Agus Suprijono. 2022. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Perkalian Menggunakan Garismatika Dengan Model Problem Based Learning.Jurnal Basicedu 6 (5): 7913–22. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3661.
Hidayati, Arini, Siti Fatimah, Masrurotul Khasanah, Sasmiati Sasmiati, Musyarrofah Musyarrofah, Qurrotud Diana, and Siti Naiesa. 2021. Pelatihan Teknik Jarimatika Bagi Siswa Mi Wilayah Fatimatuz Zahro Pondok Pesantren Nurul Jadid” Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat 2 (2): 266–73. https://doi.org/10.31004/cdj.v2i2.1702.
Kurnia, Ida. 2019. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Operasi Perkalian Melalui Problem Based Learning. Didactical Mathematics 1 (2): 14–20. https://doi.org/10.31949/dmj.v1i2.1293.
Purba, Frikson Jony. 2018. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Metode Demonstrasi” INPAFI (Inovasi Pembelajaran Fisika) 6 (3): 83–91. https://doi.org/10.24114/inpafi.v6i3.11115.
Parasamya, Cut Eka dan Agus Wahyuni. 2017. Upaya Peningkatan Hasil Belajar Fisika Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Leraning (PBL). Jurnal Ilmiah Mahasiswa (JIM) Pendidikan Fisika. Vol. 2 No.1 Januari 2017, 42-49 https://jim.usk.ac.id/pendidikan-fisika/article/view/2145/1106
Wardani, Indra Kusuma, Asmaul Khusnah, and Afif Nur Laili. 2022. Implementasi Media Corong Berhitung Untuk Pelajaran Matematika, 4 (2): 1–26.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.