PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG MATERI PENJUMLAHAN KELAS 1

Authors

  • Yunika Indarwati Pendidikan
  • Rosita Ambarwati
  • Kasminah

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan berhitung siswa yang masih rendah. Hal tersebut dikarenakan siswa merasa kesulitan apabila harus berhitung menggunakan jari tangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berhitung siswa kelas 1 di SD Negeri Golan 01 Kabupaten Madiun Tahun Pelajaran 2022/2023 pada mata pelajaran Matematika materi penjumlahan. Pada penelitian awal, diperoleh data 71% dari 7 siswa tidak mencapai ketuntasan dengan KKM = 70. Hal ini menunjukkan bahwa kemampuan berhitung kelas 1 di SD Negeri Golan 01 Kabupaten Madiun dikategorikan rendah. Oleh karena itu, penelitian ini berupaya untuk meningkatkan kemampuan berhitung siswa kelas 1 SD Negeri Golan 01 Kabupaten Madiun dengan menggunakan model pembelajaran Project Based Learning pada materi penjumlahan. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang menggunakan alur siklus Kurt Lewin yang meliputi perencanaan (planning), tindakan (acting), pengamatan (observing) dan refleksi (reflecting). Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik observasi dan teknik tes. Berdasarkan hasil penelitian, pada siklus I siswa yang mengalami peningkatan ketuntasan menjadi 57% dan pada siklus II mengalami peningkatan ketuntasan menjadi 100%. Sehingga berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Project Based Learning dapat meningkatkan kemampuan berhitung siswa kelas 1 di SD Negeri Golan 01 Kabupaten Madiun pada mata pelajaran Matematika materi penjumlahan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andini, R., Ruqoyyah, S., & ... (2022). Kajian Literatur Tentang Hasil Belajar Matematika Dengan Model Project Based Learning Pada Siswa Sekolah Dasar. … Elementary Education), 4(5), 3360–3368. https://www.journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/collase/article/view/6682

Anggara, M., & Samsudin.Asep. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Untuk Mengetahui Gambaran Pemahaman Konsep Penjumlahan Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar. 2(1), 62–71.

Anggraini, P. D., & Wulandari, S. S. (2020). Analisis Penggunaan Model Pembelajaran Project Based Learning Dalam Peningkatan Keaktifan Siswa. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 9(2), 292–299. https://doi.org/10.26740/jpap.v9n2.p292-299

Maryam, S. (2014). Progresive Interview Learning Model as Innovation in Improving Student Literacy. Applied Microbiology and Biotechnology, 85(1), 2071–2079.

Mudlofir, A. (2017). Desain Pembelajaran Inovatif. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 13(April), 15–38.

Mulyawati, M., Tantowie, T. A., & Fuadi, D. N. (2020). Upaya Meningkatkan Kemampuan Menghitung melalui Media Konkret Koin Warna (Kancing) pada Mata Pelajaran Matematika Madrasah Ibtidaiyah. Bestari | Jurnal Studi Pendidikan Islam, 16(2), 221. https://doi.org/10.36667/bestari.v16i2.407

Muqorobin, M. S., & Kartin, E. (2022). SENTRI : Jurnal Riset Ilmiah. SENTRI: Jurnal Riset Ilmiah, 1(3), 17–34.

Ningrum, G. A. O. (2020). Optimalisasi Keaktifan dan Kemampuan Berhitung dengan Media Benda Konkret pada Siswa Kelas I SDN Kaliwareng Tahun 2020/2021. Educatif Journal of Education Research, 3(1), 80–89. https://doi.org/10.36654/educatif.v3i1.39

Priandoko, H. W. (2017). Penerapan Model Discovery Learning Untuk Menumbuhkan Sikap Cermat dan Mandiri Serta Meningkatkan Nilai Hasil Belajar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 1, 87–119.

Sapring, S. (2018). Penelitian Tindakan Kelas.

Surya, A. P., Relmasira, S. C., & Hardini, A. T. A. (2018). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN KREATIFITAS SISWA KELAS III SD NEGERI SIDOREJO LOR 01 SALATIGA. Jurnal Pesona Dasar, 6(1), 41–54. https://doi.org/10.24815/pear.v6i1.10703

Wahyuddin, W., Satriani, S., Rusdin, N. Q., & Nurwidiani, N. (2022). Implementasi Model Pembelajaran Project Based Learning (Pjbl) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia), 7(2), 85. https://doi.org/10.26737/jpmi.v7i2.3738

Downloads

Published

2023-05-31