PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS ANDROID MELALUI SOFTWARE APPY PIE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUB TEMA KESEIMBANGAN EKOSISTEM KELAS V SD/MI

Authors

  • Agung Duta Manggala Pinkan Amita Tri Prasasti
  • Pinkan Amita Tri Prasasti Universitas PGRI Madiun
  • Retno Palupi SDN Dolopo 02

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v8i1.7551

Keywords:

Android, Appy Pie, Media, Mobile Learning, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian pengembangan ini mengembangkan media pembelajaran android, yang bertujuan untuk mengembangkan, mengukur kelayakan, kepraktisan, dan keefektifan dari mobile learning Appy Pie berbasis android pada pembelajaran tematik tema 5 sub tema 3 pembelajaran ke satu kelas V SD/MI. Jenis penelitian merupakan penelitian Research and Development (R&D) menggunakan desain ADDIE yang terdiri atas lima tahap, yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Sampel uji coba produk 6 siswa kelas V. Pengumpulan data menggunakan angket validasi praktisi materi dan media untuk menilai kelayakan produk, angket respon siswa dan guru untuk menilai kepraktisan produk, pengadaan pre test dan post test untuk menilai keberhasilan belajar siswa dari keefektifan produk yang dikembangkan. Penilaian memperoleh rata-rata nilai praktisi media sebesar 95, praktisi materi rata-rata nilai sebesar 84.67, respon siswa rata-rata nilai sebesar 90,25, dan respon guru sebesar 96. Hasil belajar siswa menunjukkan n gain sebesar 0,701. Berdasar analisis data, kesimpulan penelitian mengatakan media sangat layak dan efektif digunakan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Branch, R. M. (2009). Intructional Design: The ADDIE Approach. USA: University Of Georgia.

Chusni, M. M, dkk. (2018). Appy Pie untuk Edukasi Rancang Bangun Media Pembelajaran Berbasis Android. Yogyakarta: Media Akademi.

Ismayani, A. (2018). Aplikasi Pembelajaran Berbasis Android dengan Thunkable. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Munir. (2009). Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung: Alfabeta.

Padmo, D., dkk. (2004). Teknologi Pembelajaran Peningkatan Kualitas Belajar melalui Teknologi Pembelajaran. Ciputat: Pusat Teknologi Komunikasi dan Informasi Pendidikan.

Siregar, S. (2014). Statistik Parametrik untuk Penelitian Kuantitatif: dilengkapi dengan Perhitungan Manual dan Aplikasi SPSS Versi 17. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Sundayana, R. (2015). Statistika Peneliian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Widoyoko, E. P. (2011). Evaluasi Program Pembelajaran Panduan Praktis bagi Pendidik dan Calon Pendidik. Yogjakarta: Pustaka Pelajar.

Downloads

Published

2023-05-20