UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA MATERI MENGENAL SUKU KATA DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING KELAS 1 SDN PURWANTORO 1 MALANG
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v8i1.7483Keywords:
Bahasa Indonesia, Problem Based Learning, suku kataAbstract
Rendahnya hasil belajar siswa pelajaran Bahasa Indonesia siswa dikarenakan pembelajaran yang dilaksanakan masih konvensional. Pembelajaran secara konvensional menyebabkan keterlibatan siswa dalam pembelajaran masih minim. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis model problem based learning terhadap hasil belajar pada pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas I sekolah dasar. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang diaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus penelitian tindakan kelas terdiri dari empat tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengematan, dan refleksi. Tujuan utama pada penelitian ini adalah siswa kelas I A yang berjumlah 28 siswa, yang terdiri mana terdapat 12 siswa perempuan dan 16 siswa laki-laki. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan metode tes, dengan jenis tes adalah tes pilihan ganda biasa. Data yang terkumpul dianalisis dengan analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia pada siklus I adalah 63,93 dengan kategori rendah, sehingga penelitian dilanjutkan ke siklus II. Pada siklus II rata-rata hasil belajar siswa pelajaran Bahasa Indonesia yaitu 79,82, dengan kategori tinggi. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa model problem based learning efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran Bahasa Indonesia siswa.Downloads
References
Arianti, A. (2019). Urgensi Lingkungan Belajar Yang Kondusif Dalam Mendorong Siswa Belajar Aktif.
Arikunto, S. (2013). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Bumi Aksara.
Akmalia, N. N., Pujiastuti, H., & Setiani, Y. (2016). Identifikasi Tahap Berpikir Kreatif Matematis Melalui Penerapan Model Problem Based Learning. Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 9(2), 183–193.
Assegaff, A., & Sontani, U. T. (2016). Upaya meningkatkan kemampuan berfikir analitis melalui model problem based learning ( PLB ). 1(1), 38–48.
Hosnan. (2014). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21 Kunci Sukses Implementasi Kurikulum 2013. In Bogor: Ghalia Indonesia (Issue 2014). Ghalia Indonesia.
Kurniaman, O., Noviana, E., & Dasar, S. (2013). Sikap dan Pengetahuan Otang Kurniaman, Eddy Noviana Jurnal Primary Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Riau |, 6, 389–396.
Narsa, I. K. (2021). Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Pada Materi Menulis Teks Cerita Fantasi Melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning. Journal of Education Action Research, 5(2), 165–170. https://doi.org/10.23887/jear.v5i2.33269.
Suari, N. putu. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Motivasi Belajar IPA. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 2(3), 241. https://doi.org/10.23887/jisd.v2i3.16138.
Ulva, N., & Ahmad, S. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model PBL Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Kelas IV SD. novasi, Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.