UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI BANGUN DATAR MELALUI MEDIA PABOKA DENGAN MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DI KELAS IV SDN PURWANTORO 1 MALANG
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v8i1.7470Keywords:
Matematika, Problem Based Learning, PABOKAAbstract
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar materi bentuk datar melalui media PABOKA dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning di kelas IV SDN Purwantoro 1 Malang. Sampel dalam penelitian ini adalah 28 siswa. Pengumpulan data dilakukan melalui tes prestasi belajar, observasi, dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan media PABOKA dengan model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar materi bentuk datar di kelas IV SDN Purwantoro 1 Malang. Peningkatan hasil belajar siswa dapat dilihat dari hasil pra-siklus yang diperoleh dari 7 siswa (25%) menjadi 13 siswa (46%) pada siklus I. Sementara itu, pada siklus II terjadi peningkatan signifikan dari 13 siswa menjadi 25 siswa (89%) yang bisa dikatakan lengkap dalam pembelajaran matematika. Pada siklus II inilah siswa memberikan respon positif terhadap penggunaan media PABOKA dan model pembelajaran Problem Based Learning. Berdasarkan hasil penelitian, disarankan bagi guru untuk menggunakan media PABOKA dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning sebagai alternatif dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi bentuk datar di kelas IV SDN Purwantoro 1 Malang. Penelitian lebih lanjut dapat dilakukan dengan menggunakan sampel yang lebih besar dan melibatkan berbagai media pembelajaran untuk mengetahui pengaruhnya terhadap hasil belajar siswa.Downloads
References
Bayu, S. (2019). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Model Pbl Pada Siswa Kelas V. Jurnal Pendidikan Tambusai, 03 (2) 621-631.
Hopkins, D. 2008. A Teacher’s Guide to Classroom Research Fourth edition. Philadephia: Open University Press.
Lidinillah, A. M. (2013). Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning). Jurnal Pendidikan Inovatif.
Munadi, Yudhi. (Ed). 2013. Media Pembelajaran. Jakarta : Referensi (Gaung Persada Group).
Sadiman, S. Arif, R.Rahardjo, & Anung Haryono. 2014. Media Pendidikan Pengertian, pengembangan, dan pemanfaatan. Jakarta: Pustekkom Dikbud dan PT Raja Grafindo Persada.
Seituni, S. 2019. Analisis Model Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Upaya Peningkatan Aktivitas Mahasiswa Terhadap Sikap Demokratis Pada Mata Kuliah Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Bimbingan dan Konseling Terapan, 03 (01), 95-104
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.