PENERAPAN MEDIA PAPAN HITUNG UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG SISWA DI SDN PANDEAN LAMPER 04 SEMARANG

Authors

  • Ratna Sari Hariyanti UPGRIS
  • Joko Siswanto Program Studi PPG Universitas PGRI Semarang
  • Fenny Roshayanti Program Studi PPG Universitas PGRI Semarang
  • Susi Handayaningsih SDN Pandeanlamper 04

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v8i1.7359

Keywords:

Media Papan Hitung, Kemampuan Berhitung

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berhitung siswa melalui penerapan media papan hitung pada siswa kelas 1 di SDN Pandeanlamper 04 Semarang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas yang terdiri dari kegiatan Siklus I dan siklus II. Masing-masing siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu, tahap perencanaan, tahap pelaksanaan tindakan, tahap observasi, dan tahap refleksi. Dalam penelitian ini, instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes hasil belajar, observasi dan dokumentasi. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan rumus ketuntasan klasikal. Berdasarkan  hasil data awal menunjukkan bahwa hasil kemampuan berhitung siswa tanpa penggunaan media papan hitung mencapai (46%) masih di bawah KKM. Namun pada Siklus I kemampuan berhitung siswa mencapai (64%), yang mana terdapat 10 siswa yang masih di bawah KKM. Akan tetapi, setelah diterapkan media papan hitung  kemampuan berhitung siswa mencapai (89%) ada 3 siswa yang di bawah KKM. Maka dapat disimpulkan bahwa penerapan media papan hitung dapat meningkatkan kemampuan berhitung siswa kelas I di SDN Pandeanlamper 04 Semarang

Downloads

Download data is not yet available.

References

Erlina, E. (2018). Meningkatkan kemampuan kognitif mengurutkan 292 | the problem solving skills in kindergarten student based bilangan 1-10 melalui media pohon hitung anak kelompok b di TK Baptis Setia Bakti Kota Kediri. PIJAR NUSANTARA, 3(2), 73. https://doi.org/10.29407/pn.v3i2.118.

Febriyanto, B., Haryanti, Y. D., & Komalasari, O. (2018). Peningkatan pemahaman konsep matematis melalui penggunaan media kantong bergambar pada materi perkalian bilangan di Kelas II Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 4(2), 266424.

Gita, N., & Bella, C. (2022). Filsafat matematika sebagai pembentukan karakteristik pada media pembelajaran. jurnal dunia ilmu, 2(3), 1-8.

Harahap, O. F. M., Mastiur Napitupulu, S. K. M., & Batubara, N. S. (2022). Media pembelajaran: teori dan perspektif penggunaan media pembelajaran dalam pembelajaran bahasa inggris. CV. AZKA PUSTAKA.

Lubis, N. F. (2017). Peningkatan kemampuan berhitung anak usia 5- 6 tahun melalui permainan congklak di Tk Aisyiyah 19 Medan. Elementary School Journal Pgsd Fip Unimed, 5(2), 107–117. https://doi.org/10.24114/esjpgsd.v5i2.4476.

Nahwah, F.M., Choiri, A.S., & Sunardi. (2017). Single Subject Research: Increasing mathematics learning outcomes of the additive fractions using fractional block media toward students with visual impairment. european journal of special education research, 2(2), 89-104. Https://Doi.Org/10.5281/Zenodo.24776

Ramadhani, A., Ananda, R., & Surya, Y. F. (2023). Penerapan metode snowball throwing berbantuan media papan pengurangan untuk meningkatkan kemampuan berhitung siswa Kelas II Madrasah Ibtidaiyah. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 7(1), 84. https://doi.org/10.35931/am.v7i1.1465

Safuro, A. S., Yandari, I. A. V., & Alamsyah, T. P. (2021). Pengembangan media pembelajaran papan bilangan bulat terhadap kemampuan berhitung matematika pada siswa kelas IV Sekolah Dasar. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 8(1).

Salim, S. (2020). Media medan perkalian dan pembagian bilangan bulat. idealmathedu: indonesian digital journal of mathematics and education, 7(2), 107-115.

Siregar, S. N., Solfitri, T., & Roza, Y. (2018). Pengenalan konsep operasi hitung bilangan melalui permainan congklak dalam pembelajaran matematika. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 2(1), 119–128. https://doi.org/10.24256/jpmipa.v2il.107.

Sumiadi, R., & Jamil, N. (2023). Penerapan media pohon ilmu untuk meningkatkan kemampuan berhitung siswa Kelas III SDN I Sesait. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 9(1), 672–677.

Susanti, I. I. (2019). Pengembangan kemampuan berhitung 1-10 melalui media ulat angka di kelompok a TK Candra Puspita Kecandran Kecamatan Sidomukti Kota Salatiga tahun pelajaran 2018/2019 (Doctoral dissertation, IAIN SALATIGA).

Tarigan, Devy E. (2011). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematika berdasarkan langkah-langkah polya pada materi sistem persamaan linear dua variabel bagi siswa kelas VIII Smp Negeri 9 Surakarta ditinjau dari kemampuan penalaran siswa. tesis. tidak diterbitkan. Surakarta: Program Pascasarjana Universitas Sebelas Maret.

Upu, H., Djadir, & Asyari Syahrullah. (2017). The fifth graders’ mathematization process in solving contextual problems. World Transactions on Engineering and Technology Education, 15(2),195-199.

Wote, A. Y. V., Sasingan, M., & Yunita, K. (2020). Meningkatkan kemampuan berhitung melalui media congklak pada siswa kelas II SD Inpres Wosia. International Journal of Elementary Education, 4(1), 107-111.

Yantik, Suttrisno & Wiryanto. (2022). Desain media pembelajaran flash card math dengan strategi teams achievement division (stad) terhadap hasil belajar matematika materi himpunan. Jurnal Basicedu, 6(3), 3420 – 3427.

Downloads

Published

2023-05-20

Most read articles by the same author(s)