PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN CLIS SERI AKM UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI SAINS SISWA SD

Authors

  • Lassa Ana Pujana Pendidikan Dasar, Universitas PGRI Semarang
  • Ida Dwijayanti Pendidikan Dasar, Universitas PGRI Semarang
  • Joko Siswanto Pendidikan Dasar, Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v7i2.6565

Keywords:

Pengembangan Bahan Ajar, Model Pembelajaran CLIS, Literasi Sains, Siswa SD

Abstract

Permasalahan pada penelitian ini adalah kurang adanya pengembangan bahan ajar. Tujuannya untuk mengetahui kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan bahan ajar berbasis model pembelajaran CLIS seri AKM untuk meningkatkan kemampuan literasi sains. Penelitian ini adalah research and development dengan desain dari Borg and Gall 10. Uji kevalidan dilakukan oleh ahli dengan nilai 92% untuk aspek materi dan 90% untuk aspek bahan ajar yang keduanya masuk dalam kategori sangat valid. Uji kepraktisan didapatkan dari angket siswa dan guru yang dinyatakan praktis oleh siswa dengan memperoleh rata-rata nilai 88,96 masuk kategori sangat baik dan respon kepraktisan/keterbacaan praktisi oleh guru kelas memperoleh nilai 88,75 dengan kategori sangat baik. Berdasarkan penilaian teman sejawat diperoleh skor dengan interval 90 masuk kategori sangat baik. Hasil uji paired sampe t test adalah 0,000. Nilai n gain yang diperoleh 0,45 dengan kategori peningkatan sedang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar berbasis model pembelajaran CLIS seri AKM yang dikembangkan terbukti valid, praktis, dan efektif sehingga sangat layak untuk digunakan dalam pembelajaran IPA di sekolah dasar untuk meningkatkan kemampuan literasi sains siswa SD. Kata Kunci: Bahan Ajar, Literasi Sains, Model CLIS

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abidin, Y., Mulyati, T., & Yunansah, H. 2018. “Pembelajaran Literasi Strategi Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika, Sains, Membaca, dan Menulis”. Bandung: Bumi Aksara.

Adisendjaja, Y.H., dan Oom R. 2009. “Analisis Buku Ajar Biologi SMA Kelas X di Kota Bandung Berdasarkan Literasi Sains”. Jurusan Pendidikan Biologi FMIPA UPI. Bandung: Tidak diterbitkan.

Ali Ismail. 2015. “Model Pembelajaran (Children Learning In Science) Keterampilan Proses Sains, Penguasaan Konsep, Multimedia dan Pokok Bahasan Fluida”. Jurnal Universitas Pendidikan Indonesia.

Baridah, W. L. 2019. “Pengaruh Model Pembelajaran CLIS Children Learning In Science terhadap Peningkatan Literasi Sains Siswa SD Negeri 2 Banaran Kertosono Nganjuk”. (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim). Depdiknas. 2008. Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Depdiknas.

Dwijayanti, I. 2016. “Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Pendidikan Multikultural Menggunakan Socio Humanism”.JipMap.

Endah, W.R.N., Apit, F., & Sardianto M.S. 2016. “Analisis Buku Siswa Mata Pelajaran IPA Kelas VIII SMP/MTs Berdasarkan Kategori Literasi Sains”. Jurnal Inovasi Pendidikan: 2355-7109.

Hamdani. 2011. “Strategi Belajar Mengajar”. Bandung: CV Pustaka Setia.

Hamzah, A. 2020. “Metode Penelitian & Pengembangan”. Malang: Literasi Nusantara.

Hardianti, F., Setiadi, D., Syukur, A., & Merta, I. W. 2020. “Pengembangan Kompetensi Guru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.Bahan Ajar Berbasis Science, Technology, Environment, Society (SETS) Untuk Meningkatkan Literasi Sains Peserta Didik”. Jurnal Pijar Mipa, 15(5): 521-527.

Hartati, L., Wati, M., & Suyidno, S. 2021. “Pengembangan Bahan Ajar dengan Model Children Learning in Science (CLIS) untuk Meningkatkan Aktivitas dan Keterampilan Proses Sains Peserta Didik”. Journal of Banua Science Education, 1(2): 61-68.

Hidayani, F., Rusilowati, A., & Masturi, M. 2016. “Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Literasi Sains Materi Fluida Statis”. UPEJ Unnes Physics Education Journal, 5(3): 25-31.

Ismail. 2018. “Model-Model Pembelajaran dalam Mata Pelajaran IPA”.

Kelana, J. B., & Pratama, D. F. 2019. “Bahan Ajar IPA Berbasis Literasi Sains”. Lembaga Kajian Komunikasi dan Sosial.

Kemendikbud. 2017. “Panduan Gerakan Literasi Nasional”. Jakarta.

Komalasari, B. S., Jufri, A. W., & Santoso, D. 2019. “Pengembangan Bahan Ajar IPA Berbasis Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Literasi Sains”. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 5(2): 219-227.

Lestari & Yudhanegara, 2015. “Penelitian Pendidikan Matematika”. Bandung: PT. Refika Aditama.

Majid, Abdul. 2013. “Perencanaan Pembelajaran Mengembangkan Standar Kompetensi Guru”. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mulyasa. 2006. “Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan”. Bandung: Penerbit PT Remaja Rosdakarya.

Prastowo, A. 2011. “Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif: Menciptakan Metode Pembelajaran yang Menarik dan Menyenangkan”. Yogyakarta: Diva Press.

Pratiwi, S.R. 2021. “Analisis Kesiapan Guru dan Peserta Didik dalam Menghadapi Assesmen Nasional”. Obor Guru Jurnal Penelitian PGRI Kabupaten Batang: 35.

Pursitasari, I. D., Suhardi, E., Ardianto, D., & Arif, A. 2019. “Pengembangan bahan ajar bermuatan konteks kelautan untuk meningkatkan literasi sains siswa”. Jurnal IPA & Pembelajaran IPA, 3(2): 88-105.

Putri, D. P., Setiyani, S., & Anggraeni, R. 2021. “Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Literasi Sains pada Organ Pernapasan Hewan dan Manusia”. Pedagogi: Jurnal Penelitian Pendidikan, 8(1).

Rahayu, W.E. & Sudarmin. 2015. “Pengembangan modul IPA terpadu berbasis etnosains tema energi dalam kehidupan untuk menanamkan jiwa konservasi siswa”. Unnes Science Education Journal, 4(2): 919-926.

Rahmani, R., Mustadi, A., Maulidar, M., & Senen, A. 2021. “The development of teaching materials based on context and creativity to increase students scientific literacy”. Jurnal Ilmiah Peuradeun, 9(2): 345-364.

Rustaman, N. (2007). “Assesmen dalam Pembelajaran Sains”. Bandung: Program doktor pendidikan IPA sekolah pasca sarjana UPI.

Siregar, S. 2012. “Statistika Deskriptif untuk Penelitian”. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Susanto, A. 2016. “Teori & Pembelajaran di Sekolah Dasar”. Jakarta: Prenada Media Grup.

Tegeh, M., Jampel, I, Y., & Pudjawan, K. 2014. “Model Penelitian Pengembangan”. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Toharudin, U., Hendrawati, S., Rustaman, A. 2011. “Membangun Literasi Sains Peserta Didik”. Bandung: Humaniora.

Undang-Undang Republik Indonesia . Nomor 18 Tahun 2002

Winarni, E. W., Hambali, D., & Purwandari, E. P. 2020. “Analysis of Language and Scientific Literacy Skills for 4th Grade Elementary School Students through Discovery Learning and ICT Media”. International Journal of Instruction, 13(2): 213-222.

Widodo, A. 2008. “Taksonomi dan Pengembangan Butir Soal”. Jurusan Pendidikan Biologi FMIPA_UPI. Bandung: Tidak diterbitkan.

Yuberti. 2014. “Teori Pembelajaran dan Pengembangan Bahan Ajar dalam Pendidikan”. Bandar Lampung: Anugrah Utama Raharja.

Yuliati, Y. (2017). “Literasi sains dalam pembelajaran IPA”. Jurnal Cakrawala Pendas, 3(2): 266-426.

Downloads

Published

2022-12-23