PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MODEL INKUIRI TERBIMBING BERBASIS KEARIFAN LOKAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATERI LUAS BANGUN DATAR PADA SISWA KELAS VI SD NEGERI WONOKERSO 01
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v7i2.6578Abstract
The problem in this study is that teachers are less skilled at developing syllabuses, lesson plans and media. The purpose of this study was to determine the validity, practicality, and effectiveness of learning tools with the Local Wisdom-Based Guided Inquiry Model which were developed to Improve Problem Solving Ability on Flat Area Material in Grade VI Students. This research is a development research according to Borg & Gall. The instruments developed were syllabus, lesson plans, student books and worksheets. The results of this study are that the developed learning tools have gone through a validation process and have been declared valid by experts in their field with slight revisions and are categorized as good. The use of local wisdom-based Guided Inquiry learning model learning tools is declared practical. The learning of the material on the Flat Shape Area by using learning tools of the Local Wisdom-Based Guided Inquiry Learning Model was declared effective. Keywords: Inquiry training, local wisdom, problem solving abilityDownloads
References
Arends, R I.(2008). Learning to Teach (Belajar untuk Mengajar). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Arends, R I.(2008). Learning to Teach (Belajar untuk Mengajar). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Arifin, Zainal. 2016. Penerapan Pendekatan Matematika Realistik untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Matematika dengan Pokok Bahasan Sifat-sifat Bangun Datar Skripsi). PGSD FIP UPI, Bandung.
Arikunto, S.(2007). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Arikunto, S.(2007). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Arikunto, S.(2010). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Arikunto, S.(2010). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Balitbang, Puskur Kemendiknas. (2011). Indikator-indikator Keberhasilan Sekolah dan Kelas dalam Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa. Jakarta: Depdiknas.
Balitbang, Puskur Kemendiknas. (2011). Indikator-indikator Keberhasilan Sekolah dan Kelas dalam Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa. Jakarta: Depdiknas.
Borg, W.& Gall, M.(2003). Educational Research (fourth edition). Longman New York & London.
Borg, W.& Gall, M.(2003). Educational Research (fourth edition). Longman New York & London.
Dahar, R.W.(2006). Teori-teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Erlangga.
Darma, Y.Firdaus, R. (2016). Hubungan Kemandirian Belajar terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Mahasiswa Calon Guru Matematika. Jurnal Edukasi, Vol.14. No 1. Juni 2016 P. 169_178.
Delisle, R. (1997). How to use problem-based learning in the classroom. Alexandria, VA: ASCD
Depdiknas. (2013). Kurikulum 2013. Jakarta Depdiknas.
Dyah Shinta Damayanti.et al. (2013).Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Dengan Pendekatan Inkuiri TerbimbingUntuk Mengoptimalkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Materi
Elfindri, at al.(2012). Pendidikan Karakter Kerangka, Metode dan Aplikasi untuk Pendidikan dan Profesional. Jakarta: Baduose Media Jakarta. Diambil 2 Juni 2015, dari situs World Wide Web: http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/upej/article/viewFile/2665/2454.
Elfindri, at al.(2012). Pendidikan Karakter Kerangka, Metode dan Aplikasi untuk Pendidikan dan Profesional. Jakarta: Baduose Media Jakarta. Diambil 2 Juni 2015, dari situs World Wide Web: http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/upej/article/viewFile/2665/2454.
Granados, R.(2000). Constructing Intersubjectivity in Reresentational Design Activities Journal of Mathematical Behavior. Diambil 2 Juni 2015, dari situs World Wide Web: http://lilt.ict.hawaii.edu/papers/2013/Medina-Suthers-JLS-2013.pdf
Hake, R. R.(1999). Analizing Change/ Gain Scor Woodland Hills Dept of Physics. Indiana University. Diambil 12 Juli 2015, dari situs World Wide Web: http://wsww.physics.indiana.edu/sdi/AnalyzingChange-Gain.pdf
Hake, R. R.(1999). Analizing Change/ Gain Scor Woodland Hills Dept of Physics. Indiana University. Diambil 12 Juli 2015, dari situs World Wide Web: http://www.physics.indiana.edu/sdi/AnalyzingChange-Gain.pdf
Hayat, B., dan Yusuf, S.(2010). Mutu Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Hilhan, W. (2003). Learning How to Learn: Project Based Learning. Australian Journal of Teacher Education. 28 (2), 1-10. Diambil 10 Agustus 2015 dari situs World Wide Web: http://acquire.cqu.edu.au:8080/vital/acces/manager/Repository/cqu:9790
Hudoyo, H.(1988). Mengajar Belajar IPA. Jakarta : Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.Dirjen Dikti. Proyek Pengembangan LPTK.
Husnidar, Ikhsan, Rizal (2012). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis dan Disposisi Matematis Siswa
Ibrahim dan Nur, M. (2010). Pembelajaran Berdasarkan Masalah. Surabaya: Unesa-University Press.
Ida Laraswati (2015). Peningkatan Kemampuan Berfikir Kritis dan Keaktifan Siswa melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning dalam Pembelajaran Matematika
Jensen, Eric. 2011. Brain-Based Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. 2011. Pemelajaran Berbasis Otak: Paradigma Pengajaran Baru. Jakarta: Indeks Mudjiman, H. (2008). Belajar Mandiri. Surakarta. LPP UNS
Karyono dan Subhananto. 2014. Keefektifan Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Kritis Matematik Siswa sekolah Dasar
Lambertus. 2009. Pentingnya Melatih Keterampilan Berpikir Kritis Dalam Pembelajaran Matematika di Sd. Forum Kependidikan Vol 28 Nomor 2.
Listrik Dinamis SMA Negeri 3 Purworejo Kelas X Tahun Pelajaran 2012/2013. Purworejo Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Purworejo.
Mursid dan Saekhan. 2008. CTL dalam PAI. (http://samrit-amq.blogspot.com. Diakses 18 Desember 2017
Nanang Hanafiah, & Cucu Suhana. 2009. Konsep Strategi Pembelajaran, Bandung:Refika Aditama
Ngalim Purwanto. 2007. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta : Pustaka Pelajar
Nieveen, N. (1999). Prototyping to Reach Product Quality. Dalam Jan Van den Akker. R.M. Branh, K. Gustafson, N. Nieveen & Tj. Plomp (Eds) Design Approaches and Tools in Education and Training, 125-135. Dordrecht, Nederland: Kluwer Academic Publisher.
Nieveen, N. (1999). Prototyping to Reach Product Quality. Dalam Jan Van den Akker. R.M. Branh, K. Gustafson, N. Nieveen & Tj. Plomp (Eds) Design Approaches and Tools in Education and Training, 125-135. Dordrecht, Nederland: Kluwer Academic Publisher.
Nurhadi.(2014). . (Contextual Teaching and Learning CTL). Departemen Pendidikan nasional.
OECD, (2009a). Learning Mathematics fo Live: A View Persfective from PISA. Diambil 16 Maret 2015, dari situs World Wide Web: http://www.oecd.org/dataoecd/11/40/44455830.pdf
OECD, (2009b). PISA Assesment Framework. Diambil 6 Maret 2015, dari situs World Wide Web: http://www.oecd.org/pisa/pisaproducts/44455820.pdf
OECD, 2015a. Learning Mathematics fo Live: A View Persfective from PISA. Diambil 16 Maret 2015, dari situs World Wide Web: http://www.oecd.org/dataoecd/11/40/44455830.pdf
OECD, 2015b. PISA Assesment Framework. Diambil 6 Nov 2017, dari situs World Wide Web: http://www.oecd.org/pisa/pisaproducts/44455820.pdf
Panji, (2009). Pembelajaran Berbasis Masalah (Project Based Learning). Diambil 5 januari 2015, dari situs World Wide Web: http://zonainfosemua.blogspot.com/2011/01/pengertian-dan-manfaat-metode
Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun. 2005, tentang Standar Nasional Pendidikan, Jakarta: Depdiknas
Sagala, Syaiful. 2005. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung:Alfabeta
Santrock, John W. 2011. Psikologi Pendidikan, Edisi Kedua. Jakarta: Kencana
Sapriya. 2011. Pendidikan IPS: Konsep dan Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Sardiman, A.M. (2012). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Sardiman, A.M. (2012). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Sardiman. 1996. Interaksi dan Motivasi Belajar-Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Siswoyo, D.(2011). Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press
Siswoyo, D.(2011). Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press
Somakim. 2011. Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama dengan Penggunaan Pendidikan Matematika Realistik. Forum MIPA, 14(1): 42-48.
Stacey, K. (2010a). The View of Mathematical Literacy in Indonesia. Journal On Mathematics Education (IndoMS-JME), vol 2, 1-24
Sudjana, N.(2005). Metode Statistika. Bandung: Tarsito
Sudjana, N.(2005). Metode Statistika. Bandung: Tarsito
Sudjana, N.(2011). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Sudjana, N.(2011). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Sugihartono.(2007). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press
Sugiyono, (2010). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta
Sugiyono, (2010). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta
Sukarno, Anton. 1989. Perbedaan Keefektifan System Buku Pegangan Kuliah Ditinjau dari Bakat, Sikap Mandiri, Persepsi Kualitas Pengajaran pada Mahasiswa Jurusan Ilmu Pendidikan FKIP UNS”. tesis. Jakarta : IKIP Jakarta
Sukmadinata, N.S.(2012). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sukmadinata, N.S.(2012). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Suparno, P.(1997). Filsafat Konstruktivisme dalam Pendidikan. Yogyakarta: Kanisius
Tedjasaputra, M.(2001). Bermain, Mainan dan Permainan. Jakarta: PT. Gramedia Widisarana Indonesia
Trianto, (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif, Konsep, Landasan dan Implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana Prenada Media Group
Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif, Konsep, Landasan dan Implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana Prenada Media Group
Wijaya, Cece. 2010. Pendidikan Remidial: Sarana Pengembangan Mutu Sumber Daya Manusia. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Yudha, M., Rudyanto, (2005). Pembelajaran Kooperatif untuk Meningkatkan Keterampilan Anak TK. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Yudha, M., Rudyanto, (2005). Pembelajaran Kooperatif untuk Meningkatkan Keterampilan Anak TK. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.