POLA CERITA DALAM CERPEN-CERPEN ANAK INDONESIA DAN RELEVANSINYA PADA PEMBELAJARAN SASTRA DI SEKOLAH DASAR

Authors

  • Khusnul Fatonah Universitas Esa Unggul
  • Ezik Firman Syah Universitas Esa Unggul
  • Nurul Febrianti

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v7i2.6445

Keywords:

Pola cerita, cerpen anak, naratologi, pembelajaran sastra di SD

Abstract

Cerpen-cerpen anak memiliki pola khusus yang berbeda dari cerpen-cerpen orang dewasa pada umumnya.  Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan pola cerita dalam cerpen-cerpen anak Indonesia dan relevansinya pada pembelajaran sastra di sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan teknik analisis isi yang ditopang oleh teori naratologi. Objek penelitian berupa dua antologi cerpen berjudul Misteri Kucing dalam Lukisan dan Pasukan Jumat Berbagi dengan total 20 judul cerita. Hasil penelitian menjelaskan bahwa pola cerita dalam cerpen-cerpen anak Indonesia memiliki sekuen lengkap, cenderung berpola kronologis, pencirian tokoh utama didominasi oleh penyebutan nama tokoh dan pendeskripsian secara tidak langsung, serta narator dihadirkan secara ekstradiagesis dan intradiagesis dengan menunjukkan sikap kedekatan terhadap tokoh-tokoh utamanya.  Relevansi penelitian ini dalam pembelajaran sastra di SD adalah sebagai sumber belajar siswa untuk meningkatkan minat baca. Selain itu, pemahaman terhadap pola cerita dalam cerpen-cerpen anak akan membantu guru untuk memahami karakteristik peserta didiknya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ali, L. (2007). Kamus Istilah Sastra. Balai Pustaka.

Didipu, H. (2018). Struktur Naratif Novel Osakat Anak Asmat Karya Ani Sekarningsih (Perspektif Naratologi Gérard Genette) *. AKSARA Jurnal Bahasa Dan Sastra, 19(1), 15–27. http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/aksara

Etikasari, D., & Nurjanah, E. (2021). Cerpen Anak Penyapu Jalan sebagai Media Alternatif untuk Implementasi Pengembangan Karakter Siswa. Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia, 01(1), 179–196. http://ejournal.iain-tulungagung.ac.id/index.php/jtbi/article/view/3545

Fatonah, K. (2022). Pencirian Tokoh Utama Cerita Anak dan Relevansinya terhadap Pembelajaran Sastra di SD. Jurnal Ilmiah KONTEKSTUAL, 4(01), 9–20. http://jurnal.umus.ac.id/index.php/kontekstual/article/view/779

Habsari, Z. (2017). Dongeng sebagai Pembentuk Karakter Anak. Jurnal Kajian Perpustakaan Dan Informasi, 1(1), 21–29. http://journal2.um.ac.id/index.php/bibliotika/article/view/703

Hayati, Y. (2016). Representasi Gender dalam Sastra Anak di Indonesia. Penerbit FBS UNP. http://repository.unp.ac.id/21941/

Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi V (Luring). (2016). Pusat Bahasa, Kementrian Pendidikan Nasional.

Nurgiyantoro, B. (2016). Sastra Anak: Pengantar Pemahaman Dunia Anak. Gadjah Mada University Press.

Nurhasanudin, Muhamad Rifki & Syah, E. F. (2022). Pengaruh Media Monopoli Pada Karangan Deskripsi Di Kelas VSDN Cikupa 4 Tangerang. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(3), 79.

Ridho, I. (2018a). Kajian Cerita: Dari Roman ke Horor. Penerbit JBS.

Ridho, I. (2018b). Kajian Cerita: Dari Roman ke Horor (I. Koto, Ed.). Jual Buku Sastra.

Rimmon, S.-K. (2002). Narrative Fiction (Second). Routledge.

Saepudin, E., Damayani, Saepudin, E., Damayani, N. A., & Komariah, N. (2020). Pembentukan Karakter Anak Gemar Membaca melalui Pembacaan Buku Cerita. BACA: Jurnal Dokumentasi Dan Informasi, 41(2), 271–279. https://doi.org/10.14203/j.baca.v41i2.467

Sari, I. P. (2022). Pengembangan Buku Dongeng Bilingual Berbasis Literasi Budaya untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(1), 177–185. https://journal.unpas.ac.id/index.php/pendas/article/view/5434

Suhita, S., & Purwahida, R. (2018). Apresiasi Sastra Indonesia dan Pembelajarannya. PT Remaja Rosdakarya.

Wulan, N. S. (2016). Pendidikan Karakter dalam Cerita Anak Indonesia sebagai Sumber Belajar Sastra di Sekolah Dasar. Seminar Nasional Sastra Anak: Membangun Karakter Anak Melalui Sastra Anak, 197–209. https://pbsi.uad.ac.id/wp-content/uploads/Neneng-Sri-Wulan.pdf

Wulandari, S., & Siregar, E. D. (2020). Kajian Semiotika Charles Sanders Pierce: Relasi Trikotomi (Ikon, Indeks dan Simbol) dalam Cerpen Anak Mercusuar Karya Mashdar Zainal. Titian: Jurnal Ilmu Humaniora, 04(1), 29–41. https://online-journal.unja.ac.id/index.php/titian

Downloads

Published

2022-12-28