PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS II

Authors

  • Tsalsa Unafisah Universitas Esa Unggul
  • Nurul Febrianti Universitas Esa Unggul

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.32106

Keywords:

Hasil belajar, Matematika, Model Team Games Tournament

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar matematika siswa kelas II A di SDN Meruya Utara 13 Pagi. Tujuan Penelitian ini ialah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT) terhadap hasil belajar matematika siswa kelas II. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis pre eksperimental dalam bentuk one group pretest posttes design. Populasi dalam penelitian ini adalah 62 siswa yang terdiri dari siswa kelas II A yang berjumlah 32 siswa dan kelas II B yang berjumlah 30 siswa. Dalam pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 32 siswa di kelas II A. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tes, angket, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan hasil uji paired sample t test memperoleh nilai thitung 18,812 dan ttabel 2,040. dapat diketahui bahwa  thitung 18,812 > 2,040 ttabel. Maka, Ho ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil uji-t tersebut menunjukkan terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT) terhadap hasil belajar matematika siswa kelas II.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adiputra, D. K., & Heryadi, Y. (2021). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Tgt (Teams Games Tournament) Pada Mata Pelajaran Ipa Di Sekolah Dasar. Jurnal Holistika, 5(2), 104. https://doi.org/10.24853/holistika.5.2.104-111

Fauzi, A., & Masrupah, S. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT) Terhadap Hasil Belajar Siswa. Ngaos: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(1), 10–20. https://doi.org/10.59373/ngaos.v2i1.7

Febrianti, N., Nur, S. M., & Juwita, S. R. (2023). Penguatan Civic Skills melalui Pendidikan Kewarganegaraan dalam Menumbuhkan Partisipasi Mahasiswa sebagai Warga Negara. CIVICUS : Pendidikan-Penelitian-Pengabdian Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 11(1), 14. https://doi.org/10.31764/civicus.v11i1.13857

Hapudin, M. S. (2021). Teori Belajar dan Pembelajaran Menciptakan Pembelajaran yang Kreatif dan Efektif. In Teori Belajar dan Pembelajaran. Kencana: Jakarta.

Hardiyanti, R. P., & Mujazi. (2024). Pengaruh Penggunaan Media Kokami Terhadap Aktivitas Belajar Siswa Kelas V Pada Madrasah Ibtidaiyah Miftah Assa’adah. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri, 10(2), 812–821.

Hasanah, U., Wijayanti, R., & Liesdiani3, M. (2020). Penerapan Model Pembelajaran TGT (Teams Games Tournament) dengan Permainan Ludo terhadap Hasil Belajar Siswa. ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 3(2), 104–111. https://doi.org/10.24176/anargya.v3i2.5334

Jannah, M., Husniati, A., & Sirajuddin. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) Berbasis Ice Breaking Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar. JUDIKDAS: Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar Indonesia, 1(2), 89–98. https://doi.org/10.51574/judikdas.v1i2.172

Karina, M., Judijanto, L., Rukmini, A., Fauzi, M. S., & Arsyad, M. (2024). Pengaruh Interaksi Sosial Terhadap Prestasi Akademik : Tinjauan Literatur Pada Pembelajaran Kolaboratif. Journal Of Social Science Research, 4(5), 6334–6344.

Manurung, A. S., & Halim, A. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran PAKEM Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas V SDN Pondok Kelapa 05 Pagi Jakarta. Jurnal Ilmiah Kependidikan, 8(1), 93–103. https://doi.org/10.30998/fjik.v8i1.8638

Maryam, S., Ilmi, N., & Abu, L. A. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V Upt Sd Negeri 116 Pinrang. Global Science Education JournalJournal, 4(2), 14–19.

Mulyono, C. A., & Hanik, U. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Teams Games Tournament (TGT) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pecahan Kelas II UPTD SDN Socah IV Kabupaten Bangkalan. Jurnal Media Akademik (JMA), 2(7), 36–53. https://doi.org/10.47467/edui.v1i1.241

Natalia, R. C., & Mujazi. (2024). Upaya Metode Realistik Untuk Meningkatkan Minat Belajar Matematika Pada Siswa Kelas 2 Sekolah Dasar Negeri (Sdn) 07 Duri Kosambi Jakarta Barat. Jurnal Inovasi Pendidikan, 6(1), 634–649.

Paramita, D., & Febrianti, N. (2023). Persepsi Guru tentang Program Sertifikasi dalam Peningkatan Kompetensi Pedagogik di SDN Meruya Selatan 01 Pagi. Journal on Education, 5(4), 14102–14110. https://doi.org/10.31004/joe.v5i4.2431

Pitriani, N. N., Noviati, P. R., & Juanda, R. Y. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (Tgt) Berbasis Media Corong Berhitung Terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Perkalian Di Sekolah Dasar. Pi-Math - Jurnal Pendidikan Matematika Sebelas April, 1(1), 1–10.

Putri, A. A., & Manurung, A. S. (2020). Penerapan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Pecahan Senilai pada Siswa Kelas IV SDN Jelambar Baru 01. Jurnal Perseda, 3(3), 158–166.

Riinawati, R. (2021). Hubungan Konsentrasi Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik pada Masa Pandemi Covid-19 di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 2305–2312. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i4.886

Sahir, S. H. (2022). Metodelogi Penelitian. Penerbit KBM Indonesia: Medan.

Siregar, D., Tarigan, S. H., & Sofiyah, K. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Terhadap Materi Penjumlahan Dan Pengurangan Kelas III SD. SCIENCE : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika Dan IPA, 4(1), 7–15. https://doi.org/10.51878/science.v4i1.2908

Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. In Alfabeta. Alfabeta: Bandung.

Sukmana, O. (2024). Analisis Permasalahan Belajar Matematika Siswa SD Negeri Cikampek Kota. Jurnal Bintang Pendidikan Indonesia (JUBPI), 2(2), 81–87. https://doi.org/10.55606/jubpi.v2i2.2918

Sumarni, & Manurung, A. S. (2023). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Penerapan Model Project Based Learning pada Materi Bangun Ruang. Jurnal Basicedu, 7(5), 2862–2871. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i5.5923

Sutiana, Dessy Wardiah, & Amiruddin. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Team Games Tournament (TGT) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas III SD Negeri 223 Palembang. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 7(4), 14804–14807.

Yusri, A. Z. dan D. (2020). Teori,Metode dan Praktik Penelitian Kualitatif. Widina Media Utama: Bandung.

Downloads

Published

2025-08-20