METODE MAKE A MATCH PADA MATERI SUKU KATA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN SISWA KELAS I-B DI SDN TANJUNG DUREN UTARA 02 PAGI JAKARTA
Penelitian Skripsi
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.28151Keywords:
Make A Match, Suku Kata, Membaca Permulaan.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah metode Make A Match pada materi suku kata dapat meningkatkan keterampilan membaca permulaan siswa kelas I-B SDN Tanjung Duren Utara 02 Pagi Jakarta. Penelitian menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus, masing-masing terdiri dari dua pertemuan. Setiap siklus meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah 31 siswa kelas I-B. Peneliti berperan sebagai fasilitator, dibantu guru (wali kelas) dan teman sejawat sebagai observer. Teknik pengumpuan data mencakup observasi, tes, dan dokumentasi, dengan analisis data secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan. Pada siklus I, nilai rata-rata meningkat dari 69,65 (47% tuntas) menjadi 74,75 (58% tuntas). Pada siklus II, rata-rata meningkat dari 79,69 (83% tuntas) menjadi 83,37 (94% tuntas). Hasil ini memenuhi indikator keberhasilan, yaitu > 75 dengan ketuntasan kelas minimal 80%. Dengan demikian, metode Make A Match terbukti efektif dalam meningkatkan keterampilan membaca permulaan siswa pada materi suku kata.Downloads
References
Fatonah, Hapudin, & Saputra. (2024). Pemetaan Genre Sastra Dalam Buku Teks Bahasa Indonesia Kurikulum Merdeka Di Sekolah Dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 09(01), 4972–4986. https://journal.unpas.ac.id/index.php/pendas/article/view/12422/5728
Fauzi & Fatonah. (2020). Ketidaksantunan Berbahasa Indonesia Anak Sekolah Dasar di Kampung Candulan Cipondoh Tangerang. Eduscience : Jurnal Ilmu Pendidikan, 6(1), 25–32. https://ejurnal.esaunggul.ac.id/index.php/EDU/article/view/3661
FirmanSyah. (2022). Nilai-Nilai Religius dalam Film Animasi Nussa dan Rara sebagai Alternatif Media Pembelajaran Sastra di SD. Jurnal Perseda : Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(3), 177–186. https://doi.org/10.37150/perseda.v4i3.1477
Ningrum, W. W., & Santana, F. D. T. (2020). Mengembangkan Kemampuan Membaca Permulaan Anak Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match. Jurnal Ceria, 3 No. 5(5), 468–473.
Nurfauziah. (2023). Prinsip-Prinsip Penelitian Tindakan Kelas (PTK): Suatu Kajian Lteratur. Jurnal Kreativitas Mahasiswa, 1(1), 1–10.
Prihantini, & Syah, F. (2022). Upaya Peningkatan Keterampilan Membaca Permulaan Melalui Media Flashcard Alphabet pada Siswa Kelas 1. Seminar Nasional Ilmu Pendidikan dan Multidisiplin V (SNIPMD V, 5(5), 220–226. https://prosiding.esaunggul.ac.id/index.php/snip/article/view/260/254.
Rahmania & Fatonah. (2022). Kebutuhan Anak Sekolah Dasar dalam Membaca Permulaan pada Masa Pandemi COVID-19 di Perkampungan Kayu Besar Jakarta. Jurnal Perseda, 5(2), 108–116.
Suprapti. (2021). Peningkatan Hasil Belajar IPA Materi Energi dan Perubahannya dengan Menggunakan Metode Proyek. Jurnal Terapan Pendidikan Dasar dan Menengah, 1(2), 265–274. https://doi.org/10.37859/jeits.v3i2.2799
Susanto. (2020). Kontribusi Faktor Mendasar Kepuasan Kerja: Fondasi Pengembangan Profesionalitas Tenaga Pendidik. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran, 4(1), 233–248.
Susanto. (2021). Pemetaan kompetensi pedagogik dalam keterkaitan dimensi pengetahuan pedagogik dan profil karakteristik awal. JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia), 7(1), 164–171. https://doi.org/10.29210/020211167
Susanto. (2022). Analisis dukungan emosional dan penerapan model kompetensi pedagogik terhadap keterampilan dasar mengajar. Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia, 8(1), 26. https://doi.org/10.29210/1202221604.
Susanto, R. (2018). Pengaruh Kepemimpinan Guru Dan Keterampilan Manajemen Kelas Terhadap Perilaku Belajar Siswa Kelas Iv. JURNAL PENDIDIKAN DASAR PERKHASA: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 4(2), 220–229. https://doi.org/10.31932/jpdp.v4i2.178.
Syah, F. (2022). Analisis Metode Belajar Game Berbasis Cerita Untuk Siswa Adhd. Seminar Nasional Ilmu Pendidikan dan Multi Disiplin, 5(01), 164–168. https://prosiding.esaunggul.ac.id/index.php/snip/article/view/249
Syah, & Nahda. (2024). Optimalisasi Pojok Baca Literasi Untuk Menumbuhkan Budaya Membaca DI SDN 05 Keagungan TamanSari Jakarta Barat. Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri, 10, 1048–1057.
Vebryanti, & Syah. (2021). Tindak Tutur Pada Penggunaan Aplikasi Zoom Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas V Sd Hikari Tangerang Selatan. JURNAL SYNTAX IMPERATIF : Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan, 2(4), 306. https://doi.org/10.36418/syntax-imperatif.v2i4.101.
Wahyuni. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Membaca Permulaan Siswa Kelas 1 SDN Temas 02 Batu Melalui Penerapan Metode Make a Match Berbantuan Media Kartu Gambar. Jurnal Pendidikan Taman Widya Humaniora (JPTWH), 2(1), 329–353.
Widayati, M., & Sudiyana, B. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Make a Match Pada Kompetensi Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2), 2465–2474.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.