TRANSFORMASI KURIKULUM TERHADAP PEMBELAJARAN ABAD 21 DALAM PERSPEKTIF GURU"
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i04.35558Keywords:
Transformasi Kurikulum, Pembelajaran abad 21, Perspektif GuruAbstract
Transformasi kurikulum dalam konteks pembelajaran abad ke-21 menjadi isu penting dalam upaya peningkatan mutu pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perspektif guru terhadap pelaksanaan transformasi kurikulum dalam mendukung pengembangan keterampilan pembelajaran abad ke-21, yang meliputi berpikir kritis, kreativitas, kolaborasi, dan komunikasi. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan melibatkan 15 guru sekolah dasar dan menengah dari berbagai latar belakang pendidikan. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan analisis dokumen, kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis tematik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar guru memandang transformasi kurikulum khususnya melalui penerapan Kurikulum Merdeka sebagai upaya untuk menciptakan pembelajaran yang lebih fleksibel, berpusat pada peserta didik, dan kontekstual. Namun, guru masih menghadapi berbagai tantangan dalam menyesuaikan desain pembelajaran, mengintegrasikan literasi digital, serta menilai keterampilan berpikir tingkat tinggi (HOTS). Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa transformasi kurikulum berpengaruh positif terhadap penguatan pembelajaran abad ke-21, tetapi keberhasilannya sangat bergantung pada kesiapan guru, pengembangan profesional berkelanjutan, dan dukungan sistem sekolah. Peningkatan kompetensi guru dalam pedagogi digital, inovasi, dan refleksi menjadi faktor kunci dalam mewujudkan transformasi kurikulum yang efektif dan relevan dengan tuntutan abad ke-21. Kata Kunci: Transformasi Kurikulum, Pembelajaran abad 21, Perspektif Guru
Downloads
References
Asyafah, A. (2019). MENIMBANG MODEL PEMBELAJARAN (Kajian Teoretis-Kritis atas Model Pembelajaran dalam Pendidikan Islam). TARBAWY : Indonesian Journal of Islamic Education, 6(1), 19–32. https://doi.org/10.17509/t.v6i1.20569
Faiza, N. N., Wardhani, I. S., Madura, U. T., & Indah, P. T. (2024). MEDIA PEMBELAJARAN ABAD 21 : MEMBANGUN GENERASI. 2(12).
Madong, J., No, L., Kera, S., & Ii, H. (2025). Tantangan dalam Implementasi Kurikulum Merdeka di SD N 060851. 3.
Mahendra, Y., Nuha, U., Suryani, R., & Agyus, V. (2019). Pengembangan pendidikan karakter menuju transformasi abad 21. Seminar Nasional Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Jakarta, 187–191. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/SEMNASFIP/article/view/5126
Prasetyo. (2020). Prinsip-prinsip dalam Pengembangan Kurikulum. Palapa, 8(1), 42–55. https://doi.org/10.36088/palapa.v8i1.692
Rizki Aulia Andany, S. (2020). Upaya Guru Dalam Mengatasi Diferensiasi Gaya Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Negeri 1 Ponorogo. Skripsi IAIN Ponorogo, ii.
Salim Salabi, A. (2022). Efektivitas Dalam Implementasi Kurikulum Sekolah. Education Achievement: Journal of Science and Research, 1(1), 1–13. https://doi.org/10.51178/jsr.v1i1.177
Sugiyarti, L., Arif, A., & Mursalin. (2018). Pembelajaran Abad 21 di SD. Prosiding Seminar Dan Diskusi Nasional Pendidikan Dasar, 439–444.
Tuerah, M. S. R., & Tuerah, J. M. (2023). Kurikulum Merdeka dalam Perspektif Kajian Teori: Analisis Kebijakan. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, Oktober, 9(19), 982. https://doi.org/10.5281/zenodo.10047903
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
















