PENGEMBANGAN PENGEMBANGAN KURIKULUM PAI INTEGRATIF DALAM MENUMBUHKAN KECERDASAAN EMOSIONAL DAN SPIRITUAL

Abstract, Abstrak,Pendahuluan,Metodologi,Hasil dan Pembahasan,Simpulan dan Saran, Daftar Pustaka

Authors

  • Vina Nanda Sugesti Magister Pendidikan Agama Islam
  • Agus Pahrudin Magister Pendidikan Agama Islam
  • Agus Jatmiko Magister Pendidikan Agama Islam
  • Koderi Magister Pendidikan Agama Islam
  • Imam Syafei Magister Pendidikan Agama Islam

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i04.35093

Keywords:

Kurikulum PAI, Integratif, Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Spiritual

Abstract

Penelitian ini membahas pengembangan kurikulum Pendidikan Agama Islam (PAI) yang bersifat integratif sebagai strategi untuk menumbuhkan kecerdasan emosional dan spiritual peserta didik. Pendekatan integratif dipandang mampu memadukan nilai-nilai keislaman dengan tuntutan perkembangan zaman, sehingga pembelajaran PAI tidak hanya berorientasi pada aspek kognitif, tetapi juga memperkuat karakter, kesadaran moral, dan keseimbangan spiritual. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi konsep kurikulum PAI integratif, menganalisis relevansinya terhadap pembentukan kecerdasan emosional dan spiritual, serta menelaah implementasinya dalam konteks pendidikan modern. Metode penelitian yang digunakan ialah deskriptif kualitatif dengan jenis studi pustaka (library research), yaitu dengan menelaah berbagai literatur seperti buku, jurnal ilmiah, dan hasil penelitian terdahulu yang relevan dengan tema. Analisis data dilakukan secara analisis isi (content analysis) untuk menggali gagasan dan prinsip-prinsip integrasi nilai Islam dalam pengembangan kurikulum. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kurikulum PAI integratif berperan penting dalam menginternalisasi nilai-nilai keislaman melalui pendekatan afektif dan spiritual. Dengan menggabungkan nilai-nilai keagamaan, sosial, dan emosional, kurikulum PAI dapat menjadi sarana yang efektif untuk menumbuhkan keseimbangan antara kecerdasan intelektual, emosional, dan spiritual peserta didik. Selain itu, hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi konseptual bagi pengembangan kurikulum PAI yang relevan dengan kebutuhan pendidikan di era modern.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Buku :

Agus Pahrudin. 2017. Pendidikan Agama Islam Berbasis Multikultural: Perjumpaan Berbagai Etnis dan Budaya.

Baharuddin Dan Wahyuni. 2015. Teori Belajar Dan Pembelajaran. Media Arru. Yogyakarta.

Dr. Chairul Anwar, M. Pd. 2017. Buku Terlengkap Teori-Teori Pendidikan Klasik Hingga Kontemporer.

Dr. Hendro Widodo, M.Pd. 2023. Pengembangan Kurikulum PAI.

Jurnal :

A’yun, Qurroti, M Bayu Akbar Pamungkas, Intan Sintia Dewi Agustin, Imamah Zahroh, Rakhmad Galih Afandi, dan Zulkarnaen Zulkarnaen. 2023. “Penerapan nilai iman, takwa dan akhlak mulia profil pelajar Pancasila dalam membentuk karakter islami siswa.” Tawazun: Jurnal Pendidikan Islam 16 (1): 9–20. https://doi.org/10.32832/tawazun.v16i1.8650.

Ais Isti’ana. 2024. “Pendekatan Tasawuf Dalam Islam.” At-Tarbiyah: Jurnal Penelitian dan Pendidikan Agama Islam 2 (01): 3–8.

Alfan Mahmudinata, A. 2024. “Pendidikan Agama Islam dan Kecerdasan Emosional:Pendekatan Integratif untuk Peningkatan Karakter Siswa.” Sasana: Jurnal Pendidikan Agama Islam Vol.1 (No.1): Hal.143-148.

Cahaya Kesuma, Guntur, Amirudin, Subandi, Dedi Lazwardi, dan Istihana. 2019. “Deradikalisasi Paham Agama Melalui Organisasi Ekstra Kampus Di Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.” Fikri: Jurnal Kajian Agama, Sosial dan Budaya 4 (Deradikalisasi): 1–12.

Dedi S, Suriadi. 2023. “Penguatan Profil Pelajar Pancasila Melalui Integrasi Nilai Spiritual Dalam Pendidikan Karakter Guna Menumbuhkan Jiwa Entrepreneur (Ditinjau Dalam Qs. Ali Imron : 200).” Journal For Islamic Studies Vol.6 (N0.1): Hal.477-487.

Diana Safitri, Zakaria, Ashabul Kahfi. 2023. “PENDIDIKAN KECERDASAN SPIRITUAL PERSPEKTIF AL-GHAZALI DAN RELEVANSINYA DENGAN EMOTIONAL SPIRITUAL QUOTIENT (ESQ).” Tarbawi: Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Islam Vol.6 (No.1): Hal.91-98.

Hartati, Yulia Linda. 2023. “Analisis Dampak Pendidikan Karakter Terhadap Perkembangan Sosial Dan Emosional Siswa.” Jurnal Multidisiplin Indonesia 2 (7): 1502–12. https://doi.org/10.58344/jmi.v2i7.310.

Saputra, Rian, Chairul Anwar, dan Imam Syafe’i. 2023. “Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Menanamkan Nilai-Nilai Religius di SMP Insan Mandiri Bandar Lampung.” Attractive : Innovative Education Journal 5 (2): 247–67. https://www.attractivejournal.com/index.php/aj/.

Wirda Ningsih, Zalisman Zalisman. 2024. Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam Konteks Global. Diedit oleh Sepriano Sepriano; Efitra Efitra; Nurzatul Dihniah.

Downloads

Published

2025-11-12

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>