STRATEGI GURU DALAM MENGELOLAH KELAS INKLUSIF SEKOLAH DASAR

Authors

  • Susan Octavia Ramadani Uspan Universitas Muhammadiyah Mataram
  • Haifaturrahmah Universitas Muhammadiyah Mataram
  • Sukron Fujiaturrahman Universitas Muhammadiyah Mataram

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i04.34605

Keywords:

Pendidikan Inklusif, Metode Pembelajaran, Kelas Inklusif

Abstract

Pendidikan inklusif di tingkat sekolah dasar bertujuan untuk menyediakan peluang belajar yang setara bagi semua anak, termasuk mereka yang mempunyai kebutuhan khusus. Artikel ini mengeksplorasi berbagai metode yang diterapkan oleh guru dalam mengelola kelas inklusif, dengan penekanan pada pendekatan yang disesuaikan, pembelajaran kolaboratif, dan pemanfaatan teknologi bantu. Meskipun banyak sekolah dasar telah menerapkan pendidikan inklusif, beberapa tantangan utama yang muncul adalah kurangnya pelatihan bagi guru, fasilitas yang tidak memadai, serta kesulitan dalam mengatasi berbagai kebutuhan siswa. Melalui penelitian kualitatif, terungkap bahwa metode seperti pembelajaran terindividualisasi dan kolaborasi antar siswa sangat bermanfaat dalam meningkatkan partisipasi serta hasil akademik. Selain itu, pemanfaatan teknologi bantu memberikan dukungan yang signifikan bagi siswa penyandang disabilitas, yang memungkinkan mereka untuk lebih aktif dalam proses pembelajaran. Kolaborasi yang baik antara guru, siswa, dan orang tua juga merupakan faktor penting dalam menciptakan lingkungan belajar yang inklusif. Namun keberhasilan dari strategi-strategi tersebut sangat bergantung pada pelatihan yang berkelanjutan untuk guru serta tersedianya sumber daya yang memadai. Artikel ini merekomendasikan bahwa peningkatan pelatihan profesional dan pengembangan sarana sekolah harus menjadi prioritas untuk memperkuat pelaksanaan pendidikan inklusif di Indonesia.

Downloads

Download data is not yet available.

References

’Aini, T. N., & Ratnaningrum, I. (2025). Development of ULTAGRAM Media Based on Quizwhizzer in an Effort to Increase Interest and Learning Outcomes. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 11(4), 880–888. https://doi.org/10.29303/jppipa.v11i4.10996

Akhyar, M., & Khadijah. (2024). Penerapan Pendekatan Differensiasi Dalam Kurikulum Merdeka Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Pendidikan Islam, 20(4), 33–42. https://doaj.org/article/71f4274e4bdb4f8c8b98e653d7164833

Alfian, A., Santosa, I., & Surya Saputra, D. (2025). Pelatihan Penerapan Strategi Pembelajaran Inklusif Bagi Guru Sekolah Dasar dalam Upaya Identifikasi Siswa Berkebutuhan Khusus. KOMUNITA: Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 4(2), 302–314. https://doi.org/10.60004/komunita.v4i2.165

Ancaya-Martínez, M. D. C. E., Távara-Sabalú, C. D. J., & Yarin Achachagua, A. J. (2024). Strategies in teacher training to promote educational inclusion: a systematic review. European Public and Social Innovation Review, 9, 1–18. https://doi.org/10.31637/EPSIR-2024-886

Andriani, O., & others. (2025). Pentingnya Mengenal Karakteristik dan Klasifikasi Anak Berkebutuhan Khusus di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Vokasi Dan Seni, 3(2), 10–20.

Anita Puspa Meilina. (2025). Dinamika Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah di Lampung Timur: Analisis terhadap Peran Guru dalam Menghadapi Era Pendidikan Inklusif. IHSANIKA : Jurnal Pendidikan Agama Islam, 3(2), 53–69. https://doi.org/10.59841/ihsanika.v3i2.2558

Artikel, I. (2025). Pendidikan inklusi sebagai wujud keadilan pendidikan. 2(1), 267–276.

Azmi, Q., Tasali, F., Jeniarti, I., & Putri, D. A. (2025). Strategi Guru SLB dalam Menyesuaikan Pembelajaran Berdiferensasi sesuai Kebutuhan Individu Siswa Berkebutuhan Khusus. Jurnal Riset Sosial Humaniora Dan Pendidikan, 3(4), 70–80.

Benfarha, M., Lamarti, M. S., & Khaldi, M. (2024). E-Learning and Teaching Methods : Towards New. DIROSAT Journal of Education, Social Sciences & Humanities, 2(4), 353–364.

Daffa, K. A., Hidayat, W., Daffa, A., Akbar, M. A., Azib, M., Zakiyah, H. Q., Ramadhani, R. S., & Asitah, N. (2025). Artikel Nusantara Educational Review Kompetensi Guru dalam Pendidikan Inklusi di Sekolah Dasar: Kajian Literatur Sistematis. Ner, 3(1), 69–77. https://journal.unusida.ac.id/index.php/ner/

Fatmasari, S., Aziz, I., & Hasyim, U. A. F. A. (2024). Pendekatan Inklusif Pada Abk Di Sekolah Dasar Untuk Menghadapi Tantangan Abad 21. Berkala Ilmiah Pendidikan, 4(1), 28–34.

Gistia Lestari, F., & Aziz, T. (2024). Strategi Guru dalam Mengatasi Tingkah Laku Negatif Anak Usia Dini di Taman Kanak-Kanak. Kiddo : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 5(2), 866–882. http://doi.org/10.19105/15530

Iin Gusmana, S. (2025). Tantangan Dan Solusi Dalam Peningkatan Kualitas Guru Madrasah Ibtidaiyah Di Era Digital. Al-Mujahadah: Islamic Education Journal, 2(2), 1–12.

Ikmalstkippgrisumenepacid, E. (2024). Pendahuluan Penyandang disabilitas dalam kehidupan dipandang sebagai anggota masyarakat yang tidak mampu menunaikan tugas dan tanggung jawabnya sehingga tidak memperoleh hak-haknya . Indonesia merupakan negara dengan banyak permasalahan Undang- Undang Ind. 3(2), 313–324.

Ilmiah, condro ayu nur, Sujada, abdullah fathoni, Dzakiyyah, hanifah ula, Syafi’i, I., & Azhari, S. (2025). SOSIAL ANAK DALAM KELAS Analysis Of Learning Discipline Guidance And Children ’ s Social Behavior In The Classroom. Jurnal Pendidikan Islam, 12(01), 105–114.

Jayawardana, H. B. A. (2024). Strategi Inovatif Pemanfaatan Teknologi Digital dalam Pendidikan Biologi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Journal of Educational Science and E-Learning, 1(2), 159–165. https://doi.org/10.62354/jese.v1i2.27

Kartini, S., Putra, H. K., & Mukti, W. P. (2024). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Quizizz Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Edudikara: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 8(4), 146–151. https://doi.org/10.32585/edudikara.v8i4.350

Korpershoek, H. (2025). An Update of the Meta-Analysis of the Effects of Classroom Management Interventions on Students ’ Academic , Behavioral , Social- Emotional , and Motivational Outcomes. XX(X), 1–41. https://doi.org/10.3102/00346543251361903

Limin, S., & Fitrisiswanty. (2024). Strategi Pembelajaran Menggunakan Metode Pembelajaran Berbasis Permainan dengan Media Pembelajaran Quizizz. Harati: Jurnal Pendidikan Kristen, 4(1), 122–131. https://doi.org/10.54170/harati.v4i1.367

Luthfi, M., & Luthfi Apriadi, M. (2024). The Effect Of Using Quizizz Paper Mode Learning Media On Student Learning Out-comes. Eduvest-Journal of Universal Studies, 4(9), 741–749.

Melati, H. P., Setiasih, O., & Zaman, B. (2024). Kompetensi pedagogik guru PAUD inklusi : Sebuah analisis literatur dan implikasinya. Aulad : Journal on Early Childhood, 7(3), 1007–1018. https://doi.org/10.31004/aulad.v7i3.826

Mellymayanti, H., Nurfadhillah, S., & Nuraeni, Y. (2024). Strategi Pembelajaran Inovatif dalam Pendidikan Inklusif di Sekolah Dasar. KOLEKTIF: Jurnal Pendidikan, Pengajaran, Dan Pembelajaran, 1(1), 40–49. https://doi.org/10.70078/kolektif.v1i1.29

Mustafa, S., Baharullah, B., Maming, K., & Asrinan, A. (2024). Innovative Media: A Successful Approach to Improve Learning Quality. International Journal of Innovative Research in Multidisciplinary Education, 03(07), 1258–1265. https://doi.org/10.58806/ijirme.2024.v3i7n11

Mykytiuk, S., Moroz, T., Mykytiuk, S., Moroz, M., & Dolgusheva, O. (2022). Seamless Learning Model with Enhanced Web-Quizzing in the Higher Education Setting. International Journal of Interactive Mobile Technologies. https://doi.org/10.3991/IJIM.V16I03.27257

Nagaratnam, A. (2025). Classroom Management in International Schools in 2024: A Collaborative Approach for Enhanced Student Performance. International Journal For Multidisciplinary Research, 7(2), 1–7. https://doi.org/10.36948/ijfmr.2025.v07i02.39837

Nurfaisah, A., & Said, A. A. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Quizizz Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas V. JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan. https://doi.org/10.26858/jkp.v6i2.33079

Nurfiza, S. R. (2025). Manajemen Prasarana Sekolah Inklusif Untuk Siswa Berkebutuhan Khusus. 1, 79–94.

Pramanda, F. Y., & Priyatmono, B. (2025). Jurnal dinamika sosial dan sains. Jurnal Dinamika Sosial Dan Sains, 2(4), 670–676.

Prima, A. (2024). Integrasi Manajemen Strategis dan Kebijakan Penyelenggaraan Sekolah Dasar Inklusi dalam Mengatasi Burnout pada Implementasi Kurikulum Merdeka. Alifbata: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(2), 49–66.

Putri, H. W. F., Nurhida, P., & Laeli, S. (2024). Peran Guru Dalam Menerapkan Strategi Pembelajaran Inklusif di Jenjang Sekolah Dasar Teluk Pinang 02. Karimah Tauhid, 3(7), 8074–8080. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i7.14332

Putri, W. N., Padang, U. N., & Digital, T. (2024). Inspirasi Edukatif : Jurnal Pembelajaran Aktif Inspirasi Edukatif : Jurnal Pembelajaran Aktif. 5(4), 204–217.

Qurat-ul-Ain, Shahid, F., Aleem, M., Islam, M. A., Iqbal, M. A., & Yousaf, M. M. (2019). A review of technological tools in teaching and learning computer science. In Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education. https://doi.org/10.29333/ejmste/109611

Rahman, R., Kondoy, E., & Hasrin, A. (2020). Penggunaan Aplikasi Quizziz Sebagai Media Pemberian Kuis Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Mahasiswa. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 4(3), 60–66. https://doi.org/10.58258/jisip.v4i3.1161

Rais, M., Sukmawati, S., & Hijriyah, U. (2024). Pengaruh Penggunaan Media Digital Terhadap Motivasi Belajar Siswa Di Lingkungan Sekolah. JUPENJI : Jurnal Pendidikan Jompa Indonesia, 3(4), 46–52. https://doi.org/10.57218/jupenji.vol3.iss4.1332

Ramadhani Oktavia Rahma, & Ahmad Sudi Pratikno. (2024). Strategi Guru Dalam Menghadapi Perbedaan Gaya Belajar Siswa Kelas Vi a Uptd Sdn Kamal 2. Guru Tua : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 7(2), 107–113. https://doi.org/10.31970/gurutua.v7i2.205

Ramazanova, A. (2024). Preparing Faculty for Inclusive Education: Strategies and Teaching Methods for Working With Diverse Student Groups. Bulletin of Shokan Ualikhanov Kokshetau University Philological Series, 7979(4), 287–299. https://doi.org/10.59102/kufil/2024/iss4pp287-299

Ridhwan, M. (2023). Transformation of Assessment in Teaching English at Higher Education: Leveraging Quizizz to Enhance Student Participation and Motivation. Edukasi, 11(1), 44–51. https://doi.org/10.61672/judek.v11i1.2603

Rozi, M. A. F., & Fuadiy, M. R. (2025). Pendekatan Strategis dalam Pengorganisasian Peserta Didik Inklusif di Sekolah Dasar. Management of Education: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 11(1), 64–79. https://doi.org/10.18592/moe.v11i1.15579

Ruf’aniyah, R., Firdaus, I. H. C., N, M. K. M., Nursit, I., & Abidin, Z. (2024). Pelatihan Kuis Digital: Upaya Optimalisasi Kompetensi Mahasiswa Calon Guru. Jurnal Pengabdian Sosial, 2(2), 2717–2723. https://doi.org/10.59837/c52trg26

Ruhiyat, M. D., Rasmitadila, Adri, H. T., & Laeli, S. (2024). Implementasi Co Teaching pada Pembelajaran di dalam Kelas Inklusif. Karimah Tauhid, 3(4), 5077–5091. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i4.13070

Salamah, U. (2025). Manajemen Budaya Sekolah Untuk Membangun Pendidikan Karakter DiSekolah Dasar: Wawasan Dan Tantangan. Evaluasi, 1–17.

Salma, Q. A., Najibah, F., & Zulfadewina. (2025). Pendidikan Inklusi di SDN Ciracas Jakarta Timur: Tantangan dan Implementasi di Sekolah. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(2), 20. https://doi.org/10.47134/pgsd.v2i2.1373

Salvaña, L., & Protacio, A. (2025). Navigating Inclusive Classrooms: English Language Teachers’ Narratives of Teaching Students with Special Needs. Psychology and Education: A Multidisciplinary Journal, 40(10), 1266–1282. https://doi.org/10.70838/pemj.401002

Sam, R., & Sulastri, C. (2024). Profesionalisme Guru dan Dampaknya terhadap Hasil Belajar Siswa. Arini: Jurnal Ilmiah Dan Karya Inovasi Guru, 1(1), 1–16. https://doi.org/10.71153/arini.v1i1.74

Sari, I., Ahyani, N., & Eddy, S. (2025). Teachers’ Strategies in Managing Inclusive Classrooms: A Qualitative Study at SD Negeri 244 Palembang, Indonesia. Journal of Social Work and Science Education, 6(2), 847–866. https://doi.org/10.52690/jswse.v6i2.1256

Selvi, S. M. Y., Syachruroji, A., & ... (2025). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Quizwhizzer Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Di Sekolah Dasar. … Guru Sekolah Dasar, XIII(1), 25–44.

Sholihah, B. M. (2024). Pendidikan Inklusi dan Strategi Mutu dalam Mencapai Kesetaraan Pendidikan di Indonesia. Journal of Education and Religious Studies, 4(01), 08–15. https://doi.org/10.57060/jers.v4i01.125

Silitonga, H., & Irvan, I. (2021). Pembelajaran Menyenangkan Dengan Aplikasi Quizizz Di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Penelitian, Pendidikan Dan Pengajaran: JPPP, 2(2), 144. https://doi.org/10.30596/jppp.v2i2.7082

Strategies, C. M., Influence, T., Behavior, S. S., Kumari, M., Biswas, S., Learning, S. S.-E., Strategies, C. M., Behavior, S. S., Reinforcement, P., & Learning, S. E. (2024). *Email: 1. 05(June).

Tero, D. C., & Revalde, H. O. (2024). Assessing the Approaches and Challenges Encountered by Primary School Teachers in Managing Inclusive Classrooms. American Journal of Interdisciplinary Research and Innovation, 3(2), 36–44. https://doi.org/10.54536/ajiri.v3i2.2745

Torrens, I. C., Auer, R., Souza, D. F. P., Matos, S. N., & Borges, H. B. (2023). Digital Tools for Interactive Learning: A Systematic Mapping. Renote, 21(2), 403–412. https://doi.org/10.22456/1679-1916.137776

Zainuddin, Z., Shujahat, M., Haruna, H., & Chu, S. K. W. (2020). The role of gamified e-quizzes on student learning and engagement: An interactive gamification solution for a formative assessment system. Computers and Education. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2019.103729

Ziaulhaq, M., Nurnaningsih, N., Silaturrahmih, S., Komalasari, N., & Oktavia, V. (2024). Pengaruh Manajemen Kelas Inklusif terhadap Prestasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Bima Journal of Elementary Education, 2(1), 24–28. https://doi.org/10.37630/bijee.v2i1.1523

Downloads

Published

2025-11-12