PERAN PEMBELAJARAN INTERAKSI GURU DAN SISWA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR LITERASI DI SEKOLAH DASAR
PERAN PEMBELAJARAN INTERAKSI GURU DAN SISWA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR LITERASI DI SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i04.35498Keywords:
teacher student interaction, literacy motivation, elementary school, interactive learning, Integrative ReviewAbstract
ABSTRACT
This study uses a Library Research Integrative Review to examine the role of teacher student interaction in enhancing literacy learning motivation in elementary schools. Literature from Google Scholar, ERIC, Scopus, and Garuda (2015–2025) was analyzed thematically to identify interaction patterns, supporting and inhibiting factors, and impacts on literacy motivation. Findings indicate that effective teacher student interaction, including two-way communication, constructive feedback, emotional support, and student-centered strategies, significantly boosts students’ participation, reading and writing skills, and intrinsic motivation. Factors such as teacher pedagogical competence, a supportive learning environment, and relevant literacy media strengthen these effects. The study emphasizes the importance of developing pedagogical communication skills, ongoing teacher professional development, and collaboration among teachers, students, and parents to foster interactive, inclusive, and meaningful literacy learning.
Keywords: teacher student interaction, literacy motivation, elementary school, interactive learning, Integrative Review
ABSTRAK
Penelitian ini menggunakan pendekatan Library Research Integrative Review untuk menganalisis peran interaksi guru–siswa dalam meningkatkan motivasi belajar literasi di sekolah dasar. Literatur dari Google Scholar, ERIC, Scopus, dan Garuda (2015–2025) dianalisis secara tematik untuk mengidentifikasi pola interaksi, faktor pendukung dan penghambat, serta dampak strategi pembelajaran terhadap motivasi literasi. Hasil kajian menunjukkan bahwa interaksi guru–siswa yang efektif, meliputi komunikasi dua arah, umpan balik konstruktif, dukungan emosional, dan strategi pembelajaran berpusat pada siswa, secara signifikan meningkatkan partisipasi, kemampuan membaca dan menulis, serta motivasi intrinsik siswa. Faktor pendukung seperti kompetensi pedagogik guru, lingkungan belajar yang kondusif, dan media literasi yang relevan semakin memperkuat efektivitas interaksi tersebut. Penelitian ini menekankan pentingnya pengembangan keterampilan komunikasi pedagogik, pelatihan berkelanjutan bagi guru, serta kolaborasi antara guru, siswa, dan orang tua untuk menciptakan pembelajaran literasi yang interaktif, inklusif, dan bermakna.
Kata Kunci: interaksi guru–siswa, motivasi belajar literasi, sekolah dasar, pembelajaran interaktif, Integrative Review
Downloads
References
Aunola, K., & al., et. (2024). The impact of teacher-student interaction on early literacy motivation. Early Childhood Education Research Journal, 12(1), 15–28.
Deci, E. L., & Ryan, R. M. (2000). Self-determination theory: Basic psychological needs in motivation, development, and wellness. Guilford Press.
Hasanah, U., & Ratmanida. (2023). Model interaksi guru–siswa dan dampaknya terhadap motivasi belajar literasi di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 14(2), 45–58.
Isnata. (2025). Pengaruh komunikasi guru dan pemanfaatan teknologi terhadap motivasi belajar siswa. Jurnal Pendidikan Dasar, 16(1), 12–24.
Munawwaroh. (2018). Literasi anak di sekolah dasar: Strategi dan implementasi. Prenadamedia Group.
Salamah, Rifayanti, T., & Trisnawaty. (2022). Penerapan model cooperative learning untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Jurnal Pendidikan Dasar, 15(2), 45–58.
Suryanto, Azmi, F., & Muhammad, R. (2021). Pengaruh budaya literasi sekolah terhadap keterlibatan literasi siswa SD. Jurnal Pendidikan Dasar, 12(3), 101–115.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
















