TRADISI METHIK PARI SEBAGAI SUMBER PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS KEARIFAN LOKAL

Authors

  • Marlina Ardianti Universitas Negeri Semarang
  • Wasino Universitas Negeri Semarang
  • Edi Kurniawan Universitas Negeri Semarang
  • Argitha Aricindy Universitas Negeri Semarang

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i04.34498

Keywords:

Methik Pari, Kearifan Lokal, Pendidikan Karakter, Integrasi

Abstract

Tradisi Methik Pari merupakan salah satu kearifan lokal masyarakat agraris Indonesia yang dilaksanakan sebagai bentuk rasa syukur atas hasil panen padi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis nilai-nilai karakter pendidikan yang terkandung dalam tradisi Methik Pari dan potensi integrasinya ke dalam sistem pendidikan. Metode yang digunakan adalah studi kepustakaan (library Research) dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tradisi Methik Pari sarat dengan nilai-nilai karakter, seperti rasa syukur, gotong royong, tanggung jawab, disiplin, dan hormat terhadap alam serta leluhur. Nilai-nilai ini terinternalisasi melalui prosesi ritual yang melibatkan keteladanan dan pembiasaan antargenerasi. Lebih lanjut, tradisi ini juga mengandung unsur matematis, seperti konsep himpunan, geometri, dan perhitungan, yang menunjukkan integrasi antara budaya dan ilmu pengetahuan. Implementasi nilai-nilai Methik Pari dalam pendidikan karakter dapat dilakukan melalui pengembangan kurikulum berbasis budaya lokal, kegiatan ekstrakurikuler, dan keteladanan oleh guru dan keluarga. Simpulan dari penelitian ini adalah bahwa Methik Pari tidak hanya berfungsi sebagai ritual budaya, tetapi juga merupakan sumber pendidikan karakter yang efektif dan kontekstual untuk membentuk peserta didik yang berakhlak mulia, cinta budaya, dan bertanggung jawab

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amelia, M. (2022). Implementasi pendidikan karakter melalui budaya sekolah di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 5548-5555.

Artiani, N. A., Utami, R. A., & Efendy, T. D. (2023). Persepsi petani terhadap pelaksanaan tradisi Methik Pari dalam rangka menyambut panen padi di Desa Karanganyar Kecamatan Ambulu Kabupaten Jember. Jurnal Adat Dan Budaya Indonesia, 5(1), 14-22.

Kristanti, M., Rofiki, I. R., & Masamah, U. M. (2022). Eksplorasi Aktivitas Matematis Pada Tradisi Methik Pari. Primatika: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), 71-80.

Kulsum, U., & Muhid, A. (2022). Pendidikan karakter melalui pendidikan agama Islam di era revolusi digital. Intelektual: Jurnal Pendidikan Dan Studi Keislaman, 12(2), 157-170.

Putri, L. P., Mahfud, M., & Yudiana, I. K. Y. (2024). Dinamika Sosial Dan Budaya Dalam Tradisi Metik Pari. Jurnal Sangkala, 3(2), 78-89.

Saryono, S., Iriansyah, H. S., & Hardiyanto, L. (2024). Konsep Dasar Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa. Jurnal Citizenship Virtues, 4(1), 661-673.

Shomad, A., & Adinata, T. P. (2020). Tradisi Adat Methik Pari Di Desa Kalistail Kecamatan Genteng Kabupaten Banyuwangi (Studi Pendekatan Historis). Agastya: Jurnal Sejarah Dan Pembelajarannya, 10(1), 35-47.

Suwardani, N. P. (2020). Quo vadis: pendidikan karakter dalam merajut harapan bangsa yang bermartabat. In Unhi Press.

Downloads

Published

2025-10-30

Most read articles by the same author(s)