PERANCANGAN PROTOTYPE SISTEM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DASAR BERBASIS MIND MAPPING KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH GURU KELAS SEKOLAH DASAR

Authors

  • Muhamad Firdaus Universitas PGRI Pontianak
  • Elfandry Bayunanda Universitas PGRI Pontianak
  • Utin Desy Susiaty Universitas PGRI Pontianak

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.33600

Keywords:

prototype sistem, mind mapping, kemampuan pemecahan masalah

Abstract

Masalah penelitian ini terletak pada rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Sedangkan pemecahan masalah matematika merupakan bagian terpenting dalam pembelajaran matematika. Untuk memahami matematika dasar diperlukan suatu kemampuan memecahkan masalah dalam rangka mencapai tujuan pembelajaran matematika itu sendiri. Sehubungan dengan hal tersebut, maka diperlukan alur peta pikir guru dalam menstruktur kemampuan pemecahan masalahnya sehingga dapat tersampaikan dengan baik kepada siswanya sendiri. Berdasarkan sifat peta pikir yang menunjukkan grafik hubungan antara materi dan jika ada materi prasyarat, sistem pembelajaran berbasis komputer (prototipe) yang dirancang diharapkan mampu menjadi adaptif dan mengarahkan pembelajaran matematika dasar sesuai dengan kemampuan pemecahan masalah setiap siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) mengetahui pengembangan rancangan prototype sistem pembelajaran matematika dasar berbasis mind mapping kemampuan pemecahan masalah guru kelas sekolah dasar, 2) mengetahui karakteristik karakteristik mind mapping kemampuan pemecahan masalah guru kelas sekolah dasar dalam penerapannya di pembelajaran matematika dasar. Metode dari penelitian ini adalah penelitian pengembangan menggunakan rancangan model 4D Thiagarajan. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah: 1) setelah melihat hasil nilai kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan, Prototype Sistem Pembelajaran Matematika Dasar Berbasis Mind Mapping Kemampuan Pemecahan Masalah yang dikembangkan sudah layak digunakan sebagai media pembelajaran di kelas; 2) karakteristik mind mapping kemampuan pemecahan masalah guru kelas sekolah dasar dalam penerapannya di pembelajaran matematika dasar sudah sesuai dengan mind mapping kemampuan pemecahan masalah siswa sekolah dasar dimana ditunjukkan dengan hasil kemampuan pemecahan masalah siswa berada pada kategori 80,39% siswa tuntas secara klasikal dari keseluruhan 51 siswa yang mengerjakan soal posttest.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustami, Aprida, V., & Pramita, A. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Dalam Menyelesaika Soal Materi Lingkaran. Didactical Mathematics, 3(1), 94–103.

Aini, N. K. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Model Mind Mapping Berbasis Pop-Up Book pada Materi Bangun Ruang Kelas VIII. Alfarisi: Jurnal Pendidikan MIPA, 5(1), 1–11.

Antari, L., Rizta, A., Na’imah, U., & Inda Kusumawati, N. (2022). Pemahaman Konsep Matematika Dasar Mahasiswa Pendidikan Matematika. Nabla Dewantara : J.Pendidik.Matematika, 7(2), 56–63. https://doi.org/10.51517/nabla.v7i2.158

Asmaun, Talib, A., & Rifandi, M. (2024). Penerapan Metode Mind Mapping untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Aktifitas Siswa. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(3), 2243–2254. https://doi.org/10.23971/muallimun.v3i1.4125

Azhar, E., Saputra, Y., & Nuriadin, I. (2021). Eksplorasi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Pada Materi Perbandingan Berdasarkan Kemampuan Matematika. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(4), 2129–2144.

Cahyani, H., & Setyawati, R. W. (2016). Pentingnya peningkatan kemampuan pemecahan masalah melalui PBL untuk mempersiapkan generasi unggul menghadapi MEA [The importance of improving problem-solving ability through PBL to prepare a superior generation for AEC]. Proceedings of the National Mathematics Seminar (PRISMA) / Prosiding Seminar Nasional Matematika (PRISMA), 151–160.

Fadhilaturrahmi, F. (2017). Penerapan Metode Mind Mapping Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa Semester Iia Pgsd. Jurnal Cendikia: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 112–121. Retrieved from https://j-cup.org/index.php/cendekia/article/view/13

Fauziah, N., Roza, Y., & Maimunah, M. (2022). Kemampuan Matematis Pemecahan Masalah Siswa dalam Penyelesaian Soal Tipe Numerasi AKM. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3), 3241–3250. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i3.1471

Fitriadi, A., & Tawakal, H. A. (2021). Analisis dan Pengembangan Sistem Pembelajaran Matematika Berbasis Permainan Pada Mode Operasi Dasar. Jurnal Informatika Terpadu, 7(2), 62–69. https://doi.org/10.54914/jit.v7i2.358

Fitrianingrum, M. A., & Sari, C. K. (2022). LKPD Berbasis Mind Mapping: Upaya Mendukung Peningkatan Penalaran Matematis Pada Materi Eksponen Dan Logaritma. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(3), 1952–1965.

Harini, L. P. I., & Astawa, I. G. S. (2019). Perancangan Prototype Sistem Pembelajaran Matematika Dasar Berbasis Konsep Guru dengan Peta Pikir. Jurnal Ilmu Komputer, 13(2), 116–121.

Ilhami, A. S., & Astriani, D. (2023). Pensa E-Jurnal : Pendidikan Sains Mind Mapping : Perlukah Diterapkan Untuk Mencapai Pemahaman Konsep ?, 11(2).

Ina Marthiani. (2024). Uji Validitas dan Reliabilitas Instrumen Penelitian Pemahaman Konsep Biologi. Jurnal Yudistira : Publikasi Riset Ilmu Pendidikan Dan Bahasa, 2(2), 351–356. https://doi.org/10.61132/yudistira.v2i2.727

Kustian, N. G. (2021). Penggunaan Metode Mind Mapping Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. ACADEMIA : Jurnal Inovasi Riset Akademik, 1(1), 30–37.

Meika, I., Ramadina, I., Sujana, A., & Mauladaniyati, R. (2021). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran SSCS. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 383–390. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.388

Pandini, I., & Halim, A. (2024). Analisis Penggunaan Metode Mind Mapping Dalam Pembelajaran IPAS Materi Cahaya Dan Sifatnya Di SDN Duri Kepa 17 Pagi. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 09(04), 130–144.

Pradiarti, R. A., & Subanji. (2022). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP ditinjau dari Gaya Kognitif. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(3), 379–390. https://doi.org/10.33772/jpbm.v5i1.12878

Purwadi, & Hendrawan, A. (2020). Pengembangan Sistem Posyandu untuk Pengelompokan Gizi pada Anak Menggunakan Metode Prototype di Posyandu Delima. Ensains, 3, 129–138.

Rachmawati, A., & Adirakasiwi, A. G. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMA. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4(4), 835–842. https://doi.org/10.26877/jipmat.v6i1.8080

Siswanto, E., & Meiliasari, M. (2024). Kemampuan Pemecahan Masalah pada Pembelajaran Matematika: Systematic Literature Review. Jurnal Riset Pembelajaran Matematika Sekolah, 8(1), 45–59. https://doi.org/10.21009/jrpms.081.06

Tambunan, P. K., Pertiwi, C., Wicaksono, R. S., Wahyudi, D., & Simamora, V. (2023). Penerapan Metode Mind Mapping Dalam Meningkatkan Kreativitas Belajar Siswa Penabur. Jurnal Pendidikan Indonesia, 4(02), 205–214. https://doi.org/10.59141/japendi.v4i02.1613

Downloads

Published

2025-09-30