PENGGUNAAN PENDEKATAN TEACHING AT THE RIGHT LEVEL (TaRL) UNTUK MENINGKATKAN EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATERI PELUANG BAGI SISWA SMA
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i01.23441Keywords:
TaRL, aktivitas belajar, prestasi belajarAbstract
Hasil observasi awal dan wawancara dengan guru matematika SMA Negeri 4 Pontianak, ditemukan bahwa banyak siswa kelas XII masih mengalami kesulitan dalam memahami materi peluang. Selain tingkat keaktifan siswa yang masih rendah, ditemukan juga permasalahan lain yaitu prestasi belajar yang masih rendah dalam mata pelajaran matematika pada materi peluang. Prestasi belajar yang diperoleh menunjukan dari 31 jumlah siswa terdapat 17 orang yang memiliki nilai di atas KKM dengan ketuntasan secara klasikal sebesar 54,84 %. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: (1) peningkatan prestasi belajar melalui pendekatan Teaching at The Right Level (TaRL) pada materi peluang bagi siswa kelas XII SMA Negeri 4 Pontianak; (2) peningkatan aktivitas belajar melalui pendekatan Teaching at The Right Level (TaRL) pada materi peluang bagi siswa kelas XII SMA Negeri 4 Pontianak. Dalam penelitian ini, digunakan model Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dimulai dari tahap rencana atau perencanaan, tindakan atau kegiatan, pengamatan dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) prestasi belajar siswa kelas XII SMA Negeri 4 Pontianak mengalami peningkatan secara signifikan melalui penerapan pembelajaran dengan pendekatan Teaching at The Right Level (TaRL) pada materi peluang; (2) aktivitas belajar siswa kelas XII SMA Negeri 4 Pontianak mengalami peningkatan secara signifikan melalui penerapan pembelajaran dengan pendekatan Teaching at The Right Level (TaRL) pada materi peluang.Downloads
References
’Adawiyyah, R., Agustini, F., & Sari, R. N. (2024). Implementasi Pendekatan Teaching at the Right Level (TaRL) melalui Pembelajaran Berdiferensiasi untuk Siswa SD Kelas II. As-Sabiqun, 6(2), 312–324. https://doi.org/10.36088/assabiqun.v6i2.4558
Asrini, N. M. N. A., Juwana, I. D. P., & Wirasti, N. K. (2024). PENERAPAN PENDEKATAN TEACHING AT THE RIGHT LEVEL (TARL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA. Widyadari, 25(2), 240–249. https://doi.org/10.59672/widyadari.v25i2.4125
Astuti, E. T., Lusiana, R., & Musta’in. (2024). Penerapan Pendekatan Teaching at the Right Level (TaRL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Sejarah Peserta Didik. ALACRITY : Journal of Education, 5(1), 107–118. https://doi.org/10.52121/alacrity.v4i1.248
Damayanti, D., & Nuzuli, A. K. (2023). Evaluasi Efektivitas Penggunaan Teknologi Komunikasi Dalam Pengajaran Metode Pendidikan Tradisional Di Sekolah Dasar. J. Sci. Res. Dev, 5(1), 208–219.
Darna, Pariabti Palloan, & Nasmur MT Kohar. (2024). Penerapan Pendekatan Teaching at The Right Level (TaRL) Terhadap Hasil Belajar IPA Peserta Didik SMP Negeri 7 Makassar. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Pembelajaran, 6(2), 1124–1125.
Fitri Magfirah, Abdul Haris, & Ernie. (2024). Implementasi Pendekatan Teaching at The Right Level(TaRL)untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Pembelajaran, 6(2), 860–861.
Hadiawati, N. M., Prafitasari, A. N., & Priantari, I. (2024). Pembelajaran Teaching at the Right Level sebagai Implementasi Kurikulum Merdeka. Jurnal Teknologi Pendidikan, 1(4), 8. https://doi.org/10.47134/jtp.v1i4.95
Harjanti, P., & Prastiyo, A. (2024). Mengoptimalkan Pembelajaran Dengan Pendekatan TaRL Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar di SD Negeri Condongcatur Sleman. Aksi Nyata : Jurnal Pengabdian Sosial Dan Kemanusiaan, 1(4), 172–191. Retrieved from www.ine.es
Hayani, R. A., Yanto, S., Rahmat, A., Purnawirawan, A. C., & Aslan. (2024). Efektivitas dan Kualitas Kepemimpinan dalam Manajemen Pendidikan Islam. Jurnal Ilmiah Edukatif, 2(1), 120–147. https://doi.org/10.62086/al-murabbi.v2i1.668
Kamarullah, K. (2017). Pendidikan Matematika Di Sekolah Kita. Al Khawarizmi: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika, 1(1), 21. https://doi.org/10.22373/jppm.v1i1.1729
Komariah, I., & Rahmah, M. (2024). PENERAPAN PENDEKATAN TEACHING AT THE RIGHT LEVEL (TaRL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri, 10(3), 332–342.
Kurnia Amalia, D., & Adi, P. (2024). Implementasi Pendekatan Teaching At the Right Level Untuk Mewujudkan Kurikulum Merdeka Di Smp Negeri 2 Pakis. JurnalMIPAdanPembelajarannya, 4(4), 2024. https://doi.org/10.17977/um067.v4.i4.2024.3
Ramadani, A. S., Supardi, Z. A. I., Tukiran, & Hariyono, E. (2021). Profile of Analytical Thinking Skills Through Inquiry-Based Learning in Science Subjects. Studies in Learning and Teaching, 2(3), 45–60. https://doi.org/10.46627/silet.v2i3.83
Sari, Y., Asnawati, R., & Perdana, R. (2022). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas V SD. Economic Education and Entrepreneursip Journal, 5(2), 238–250.
Suharyani, S., Suarti, N. K. A., & Astuti, F. H. (2023). Implementasi Pendekatan Teaching At The Right Level (Tarl) Dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Numerasi Anak Di SD IT Ash-Shiddiqin. Jurnal Teknologi Pendidikan : Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pembelajaran, 8(2), 470. https://doi.org/10.33394/jtp.v8i2.7590
Susanti, Y. (2020). Pembelajaran Matematika dengan Menggunakan Media Berhitung di Sekolah Dasar dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa. EDISI : Jurnal Edukasi Dan Sains, 2(3), 435–448. Retrieved from https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/edisi
Trianto. (2011). Model Pembelajaran Terpadu Konsep, Strategi dan Implementasinya Dalam Kurikulum Satuan Tingkat Pendidikan (KTSP). Jakarta: Bumi Aksara.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.