E-MODUL KURIKULUM MERDEKA BERBASIS PROJECT BASED LEARNING (PjBL) BERMUATAN KARAKTER PADA SISWA SMP SEDERAJAT

Authors

  • Putri Nabila Universitas PGRI Pontianak
  • Utin Desy Susiaty Universitas PGRI Pontianak
  • Muhamad Firdaus Universitas PGRI Pontianak

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i4.19240

Keywords:

e-module, independent curriculum, project based learning, character, mathematical comprehension, quadrilaterals

Abstract

This research aims to produce an independent curriculum e-module based on project-based learning with character in parallelogram materials that can achieve a level of validity, practicality, and effectiveness. This research is a type of Research and Development (R&D) research using the ADDIE development model. The instruments used to collect data are expert validation sheets, teacher response questionnaires, student response questionnaires, and post tests. Based on the results of the first study, material validation and media validation with an overall average score of 91.92% with very valid criteria. Second, the practicality value is seen from the teacher response questionnaire and the student response questionnaire with an overall average score of 89.58% which shows very practical criteria. As for the third, the effectiveness of the media developed was obtained from the results of the student's post test. For the results of class completeness (%)≥70, a score of 65.39% was obtained so that the level of effectiveness of the e-module was effective.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustina, R., Agustina, A., Juita, N., & Pratama, E. Y. (2024). Penguatan Pendidikan Karakter dalam Implementasi Kurikulum Merdeka: Kajian Literatur. Journal on Education, 6(2), 11431-11439.

Ainia, D. K. (2020). Merdeka Belajar Dalam Pandangan Ki Hadjar Dewantara Dan Relevansinya Bagi Pengembangan Pendidikan Karakter. Jurnal Filsafat Indonesia, 3(3), 95-1-1

Amri, S., Jauhari, A., & Elisah, T. (2011). Impelentasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran: Strategi Analisis dan Pengembangan Karakter Siswa dalam Proses Pembelajaran. Jakarta: Prestasi Pustakarata.

Bahril, S. (2017). Pelngelmbangan Kurilkulum Dasar Dan Tujuannya. Jurnal Illmilah Ilslam Futura, 11(1), 15. https://doil.org/10.22373/jililf.v11il1.61

Basir, F., & Karmila. (2011). Keefektifan strategi konflik terhadap pemehaman konsep matematika siswa. Prosiding Seminar Nasional ISSN 2443-11909, 02, 83-84

Dewantara, A., Prasetyo, Z. K., & Hidayatullah, M. R. (2020). Project-Based Learning (PjBL) Model: The Effect on Students' Critical Thinking and Problem Solving Skills. Journal of Physics: Conference Series, 1470, 012070.

Dimhad. (2014). Penggunaan E-Modul Interaktif Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Sistem Saraf, Kemampuan Generik Sains Dan Berpikir Kritis. Retrieved Januari 20, 2016, from http://dimhad13.110mb.com/buku6/a .pdf

Fajar, A., Kodirun, & Arapu, L. (2018). Analisis Kemampuan Konsep Matematis Siswa Kelas VIII SMP Negeri 17 Kendiri. 9, 229-239.

Ferdianto, F., & Ghanny. (2014). Meningkatkan Kemampuan pemahaman Matematis Siswa Melalui Problem Posing. Euclid, 1(1), 47-54.

Feriyanti, N., Hidayat, S., & Asmawati, L. (2019). Pengembangan e-modul matematika untuk siswa SD. JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran): Edutech and Intructional Research Journal, 6(1).

Heldawati, H., Yulianti, D., & Nurhanurawati, N. (2023). Pengembangan E-Modul Dengan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik (PMR) Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Jurnal Teknologi Pendidikan: Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pembelajaran, 8(2), 356-363.

Heruman. (2014). Model Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar (PT. Remaja).

Heryadi, E. S., Nurasiah, I., & Amalia, A. R. (2022). Model Pembelajaran Discovery (DISEL): Pengembangan Karakter Kedisiplinan Kurikulum Merdeka Belajar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11(3).

Hidayatullah, Furqan. 2010. Pendidikan Karakter: Membangun Peradaban Bangsa. Surakarta: Yuma Pustaka

Hudojo, H. 2003. Pengembangan Kurikulum dan Pemebelajaran Matematika. Malang: Jurusan Matematika FMIPA UNM.

Indrayanti, R. D., & Wijay, A. (2016). Pengembangan lembar kerja siswa berbasis pendidikan matematika realistik untuk topik matriks di smk kelas x. Jurnal Pedagogi Matematika, 5(6).

Islahiyah, I., Pujiastuti, H., & Mutaqin, A. (2021). Pengembangan e-modul dengan model pembelajaran berbasis masalah untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(4), 2107-2118.

Ismanto, E., & Anshari, K. (2022). Pengembangan media pembelajaran e-modul untuk pembelajaran berbasis Project Based Learning (PjBL). Jurnal Pengabdian UntukMu NegeRI, 6(2), 17-24.

Jayanti, A. D., & Yunianta, T. N. H. (2022). Pengembangan Emometri (E-Modul Trigonometri) dengan project based learning berbasis STEAM. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(2), 1116-1126.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2020). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2020 tentang Kurikulum. Jakarta.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2020). Permendikbud No. 59 Tahun 2020 tentang Pembelajaran pada Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka. Jakarta.

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. (2021). Panduan Kurikulum Merdeka. Jakarta: Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Khoirurrijal, Fadriati, Sofia, & dkk. (2022). Pengembangan Kurikulum Merdeka. Malang: CV. Literasi Nusantara Abadi.

Koesoeman. D. 2015. Strategi Pendidikan Karakter Revolusi Mental dalam Lembaga Pendidikan. Yoygakarta: kanisius.

Kusnoto, Y. (2017). Internalisasi nilai-nilai pendidikan karakter pada satuan pendidikan. Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial, 4(2), 247-256.

Kusuma, A. W., Kurniawan, A., & Anwar, Z. (2019). The Development of Project-Based Learning (PjBL) Model Based on Character Values in Junior High School. Journal of Physics: Conference Series, 1157, 042080.

Lestari, T. (2015). Peningkatan Hasil Belajar Kompetensi Dasar menyajikan Contoh-Contoh Ilustrasi Dengan Model Pembelajaran Project Based Learning dan Metode Pembelajaran Demonstrasi Bagi Siswa Kelas XI Multimedia SMK Muhammadiyah Wonosari. Skripsi. Program Studi Pendidikan Teknik Informatika Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta

Meilani, M., Risalah, D., & Susiaty, U. D. (2022). Pengembangan E-comic Berkarakter terhadap Pemahaman Matematis Siswa pada Materi Segi Empat. JUPENJI: Jurnal Pendidikan Jompa Indonesia, 1(1), 47-57.

Moh Fausih, D. T. (2015). Pengembangan Media E-Modul Mata Pelajaran Produktif Pokok Bahasan “Instalasi Jaringan Lan (Local Area Network)” Untuk Siswa Kelas XI Jurusan Teknik Komputer Jaringan Di Smk Nengeri 1 Labang Bangkalan Madura. 1.

Mulyasa. (2013). Manajemen pendidikan Karakter. Bandung: Bumi Aksara.

National Council of Teacher of Mathematics. 1989. Curriculum and Evaluation Standard for Scool Mathmeatics. Reston. Virginia:NCTM.INC

Nazir, M. (2011). Metode penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia.

Oktaviani, V., Widoyani, W. L., & Ferdianto, F. (2019). Analisis Kemampuan pemahaman matematis siswa SMP pada materi sistem persamaan linear dua variabel. Edumatical, 9(1), 39-45

Prayudha, D. R. (2016). Pengembangan e-modul dengan model problem based learning pada materi bilangan bulat kelas vii. Aksioma: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 7(1), 48-56.

Prihatin, I., Firdaus, M., Oktaviana, D., & Susiaty, U. D. (2022). Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Dengan E-Modul Logika Matematika Berbasis Phet Simulation. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 7(2), 252-259.

Purba, A. (2019). Pengaruh Pendekatan Matematika Relistik terhadap Pemahaman Matematis Siswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 191-202. https://doi.org/10.13980/mosharafa.v8i2.454

Samani, M., & Hariyanto. (2013). Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Santoso, Slamet Imam. 1981. Pembinaan Watak Utama Pendidikan. Jakarta: Penerbit UI Press.

Santyasa, I. W. (2009). Metode Penelitian Pengembangan dan Teori Pengembangan Modul. Makalah disajikan dalam pelatihan bagi guru TK, SMP, SMA dan SMK tanggal 12- 14 Januari 2014, di Kecamatan Nusa Penida Kabupaten Klungkung. Singaraja: Undiksha.

Sari, D. P., Nurochmah, N., Haryadi, H., & Syaiturjim, S. (2016). Meningkatkan kemampuan pemahaman matematis melalui pendekatan pembelajaran student team achivement division. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 3(1), 16-22.

Sari. D. (2021). Analisis Kemampuan Pemahaman Matematis Ditinjau dari Self Confidence Siswa Smp/Mts Pada Materi Kubus Dan Balok. Skripsi Pada Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau: Tidak diterbitkan

Sarwoedi, S., Marinka, D. O., Febriani, P., & Wirne, I. N. (2018). Efektifitas etnomatematika dalam meningkatkan kemampuan pemahaman matematika siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 3(2), 171-176.

Satriawati, H. (2015). Pengembangan e-modul interaktif sebagai sumber belajar elektronika dasar kelas X SMKN 3 yogyakarta. Universitas Negeri Yogyakarta, 13(3).

Sugihartini, N., & Jayanta, N. L. (2017). Pengembangan e-modul mata kuliah strategi pembelajaran. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 14(2).

Sugiman, S. (2015). Konstruktivisme dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Pengajaran MIPA, 20(2), 167-175.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kualitatif, dan R&D. Bandung: ALFABETA.

Taufik, M. (2016). Penggunaan Aplikasi Matematika dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 20(1), 1-10.

Winaya, I. K. A., Darmawiguna, I. G. M., & Sindu, I. G. P. (2016). Pengembangan E-Modul Berbasis Project Based Learning pada Mata Pelajaran Pemrograman Web Kelas X di SMK Negeri 3 Singaraja. Jurnal Pendidikan teknologi dan kejuruan, 13(2), 198-211.

Downloads

Published

2024-12-05