PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO ANIMASI BERBASIS POWTOON TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA PADA MATERI SPLDV KELAS VIII SMP NEGERI 5 KAYAN HULU
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.25381Keywords:
video animasi, powtoon, kemampuan pemecahan masalah matematisAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran video animasi berbasis powtoon terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada materi SPLDV kelas VIII SMP Negeri 5 Kayan Hulu. Penelitian ini merupakan Research and Development (R&D) model 4-D yang terdiri dari tahapan define, design, development, dan dissemination. Namun, penelitian ini hanya menerapkan tahapan define, design, dan development tanpa melanjutkan ke tahap dissemination. Subjek pengembangan produk pada penelitian ini adalah validator ahli media yaitu satu orang dosen pendidikan teknologi dan informasi, satu orang dosen pendidikan matematika dan satu orang guru mata pelajaran matematika, ahli materi yaitu dua orang dosen pendidikan matematikan dan satu orang guru mata pelajaran matematika, serta subjek uji coba produk adalah siswa kelas VIII A SMP Negeri 5 Kayan Hulu dengan 25 orang siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik komunikasi tidak langsung dengan instrumen penelitian berupa lembar validasi dan angket respon, serta teknik pengukuran berupa tes uraian. Berdasarkan hasil yang diperoleh maka kesimpulan dalam penelitian ini adalah video pembelajaaran yang dikembangkan layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran dengan hasil validasi ahli media dan ahli materi diperoleh kevalidan dengan persentase sebesar 87,89% dengan kriteria sangat valid; kepraktisan diperoleh dari angket repson guru dan respon siswa dengan persentase sebesar 92,89% dengan kriteria sangat praktis; dan keefektifan diukur dari hasil tes siswa memperoleh persentase 68% efektifDownloads
References
Arikunto, S. 2018. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta
Darma, Y., Dede, S., & Yani, A. (2019). Analisis Data Statistik: Sebuah Pendekatan Praktis Pengolahan Statistik Bermuatan Karakter. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Dewi, F. F., & Handayani, S. L. (2021). Development of en-alter sources animated video learning media based on the powtoon application of alternative energy sources for elementary schools. Basicedu Journal, 5(4), 1987-2540.
Eka, H. F., Oktaviana, D., & Haryadi, R. (2022). Pengembangan media pembelajaran video animasi menggunakan software powtoon terhadap kemampuan berpikir kritis pada materi sistem persamaan linier dua variabel. JagoMIPA: Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA, 2(1), 1-13.
Fajar, dkk. (2017). Pengaruh Media Powtoon Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Terpadu Terhadap Siswa Kelas VII SMPN 25 Kota Bandung. Journal Eddutcehnologia, Vol 3 No.2. Pp 1-14.
Hamzah, A. (2020). Metode penelitian & pengembangan (research & development) uji produk kuantitatif dan kualitatif proses dan hasil dilengkapi contoh proposal pengembangan desain uji kualitatif dan kuantitatif. CV Literasi Nusantara Abadi
Kurniasari, D., & Sritresna, T. (2022). Kesulitan pemecahan masalah matematis siswa berdasarkan self-esteem pada materi statistika. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu, 1(1), 47-56.
Nurbayan, A. A. (2022). Kemampuan representasi matematis siswa ditinjau dari self-efficacy pada materi aritmatika sosial. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu, 1(1), 93-102.
Rahmawati, A., & Warmi, A. (2022). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP Pada Materi Teorema Pythagoras. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 365-374
Sagita, D. K., Ermawati, D., & Riswari, L. A. (2023). Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa sekolah dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(2), 431-439.
Swaratifani, Y., & Budiharti, B. (2022). Analisis Faktor Kesulitan Belajar Matematika Materi Operasi Hitung Pecahan Kelas V SD Mutiara Persada. Lucerna: Jurnal Riset Pendidikan Dan Pembelajaran, 1 (1), 14–19.
Yuanta, F. (2020). Pengembangan media video pembelajaran ilmu pengetahuan sosial pada siswa sekolah dasar. Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(02), 91-100.
Yudhaskara, H., & Tjahyaningtias, R. R. H. P. A. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Flashpada Standar Kompetensi Melakukan Instalasi Software di SMK Gama Kedungadem bojonegoro. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 5(3), 891-896.
Yulistiyah, E. (2022). Representasi matematis siswa dalam menyelesaikan masalah sistem persamaan linear ditinjau dari gaya kognitif reflektif-implusif. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 201-210.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.