PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF DIGITAL AUGMENTED REALITY 3D UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK DALAM PEMBELAJARAN DIFERENSIASI MATERI TATA SURYA

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF DIGITAL AUGMENTED REALITY 3D UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK DALAM PEMBELAJARAN DIFERENSIASI MATERI TATA SURYA

Authors

  • Dwi Setiani Universitas Negeri Semarang
  • Yeri Sutopo Universitas Negeri Semarang
  • Agus Yuwono Universitas Negeri Semarang

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.32723

Keywords:

Augmented Reality, media pembelajaran interaktif, pembelajaran berdiferensiasi, kemampuan kognitif, ADDIE, sekolah dasar

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kesulitan siswa dalam memahami materi Tata Surya yang bersifat abstrak dan kompleks di tingkat sekolah dasar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran digital interaktif berbasis Augmented Reality (AR) 3D guna meningkatkan kemampuan kognitif siswa melalui pembelajaran berdiferensiasi. Model pengembangan yang digunakan adalah ADDIE, yang terdiri atas lima tahap: analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Pengumpulan data dilakukan melalui validasi ahli, angket guru dan siswa, serta tes pretest dan posttest untuk mengukur hasil belajar. Validasi dilakukan oleh dua ahli media dan tiga ahli materi, kemudian diuji cobakan pada siswa kelas VI di SD Negeri 1 Bandung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media AR 3D yang dikembangkan berada dalam kategori sangat layak berdasarkan penilaian para ahli, praktis berdasarkan respon pengguna, dan efektif dalam meningkatkan hasil belajar kognitif siswa. Temuan ini menunjukkan bahwa integrasi teknologi AR dalam pembelajaran berdiferensiasi mampu meningkatkan keterlibatan siswa, memfasilitasi pemahaman konsep secara visual, dan mendukung pembelajaran yang lebih bermakna di tingkat sekolah dasar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

A Lee, W. W. & Owens, D. L. 2004. Multimedia-based Instructional Design. California: Pfeiffer.

BSNP. (2017). Panduan Penyusunan Perangkat Pembelajaran dan Bahan Ajar. Jakarta: Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Direktorat Pembelajaran.

Fitriana, A. A., Dewi, N. R., & Waluya, S. B. (2023). Systematic Literature Review: Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Aplikasi Canva Berorientasi pada Model Preprospec Berbantuan TIK untuk Meningkatkan Kemampuan Koneksi Matematis. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 4, 198–206. https://proceeding.unnes.ac.id/prisma

Sukardjo, JS. Dkk. (2014). Penerapan Metode Pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) Dilengkapi Media Macromedia Flash Untuk Meningkatkan Kreativitas Dan Prestasi Belajar Siswa Pada Materi Hidrolisis Garam Kelas XI IPA 4 SMA Negeri 2 Karanganyar Tahun Pelajaran 2012/2013. Jurnal Pendidikan Kimia. Vol 3(1). Hal 58-64

Yafa, R. A., Mursidah, F., & Hidayatulloh, B. (2023). Systematic Literature Review : Penggunaan Media Pembelajaran Digital dalam Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar.

Downloads

Published

2025-10-16

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3 4 > >>