PENGARUH KETERLIBATAN KOMITE SEKOLAH TERHADAP KUALITAS KEPUTUSAN MANAJERIAL DI SEKOLAH MENENGAH SWASTA KECAMATAN BOJONGLOA KIDUL, KOTA BANDUNG
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.33016Keywords:
School Committee, Quality of Managerial Decisions, Agency TheoryAbstract
This study was motivated by the potential for agency problems in education management. The objective of this study was to analyze in depth the influence of school committee involvement on the quality of managerial decisions. This study used a quantitative approach with a correlational survey method. The research population includes school principals, teachers, and school committee members in private junior high schools (SMP) in Bojongloa Kidul District, Bandung City, with a purposive sampling technique used. The research results indicate a strong positive correlation between school committee involvement and the quality of managerial decisions, with a correlation coefficient of r=0.60. In more detail, school committee involvement was found to have a positive and significant influence on improving budget transparency and accountability (regression coefficient B=0.45), reducing information asymmetry (B=0.52), and aligning goal incongruence (B=0.38). In addition, this study also identified that support from the Education Office acted as a positive and significant moderating variable, which means that this support strengthened the relationship between school committee involvement and the quality of managerial decisions. In conclusion, active involvement of the school committee is effective in reducing agency problems and directly improves the quality of managerial decisions in schools. However, the effectiveness of the school committee's role is greatly influenced by the presence of systemic support from the Education Office.Downloads
References
merekomendasikan agar
kepala sekolah membangun
hubungan kemitraan yang
transparan dengan komite.
Bagi Dinas Pendidikan,
temuan ini mendesak perlunya
penguatan program
pembinaan, pelatihan, dan
sosialisasi peran komite
secara berkelanjutan untuk
memaksimalkan dampak
positif mereka terhadap
kualitas tata kelola sekolah.
Keterbatasan dan Arah Penelitian
Selanjutnya
Termasuk desain korelasional
yang tidak dapat menetapkan
kausalitas, serta generalisasi yang
terbatas karena penggunaan
purposive sampling di satu wilayah.
Penelitian di masa depan disarankan
untuk menggunakan desain
longitudinal untuk mengamati
kausalitas, melakukan studi
komparatif di berbagai wilayah, dan
mengevaluasi efektivitas intervensi
kebijakan seperti program pelatihan
komite secara eksperimental.
E. Kesimpulan
Berdasarkan analisis data dan
temuan yang telah diuraikan, dapat
ditarik beberapa kesimpulan utama
sebagai berikut:
Tingkat Keterlibatan Komite
Sekolah: Tingkat keterlibatan komite
sekolah di sekolah menengah swasta
Kecamatan Bojongloa Kidul, Kota
Bandung, secara umum
dipersepsikan pada kategori "Sering"
atau "Cukup Sering" (nilai rata-rata
3.85). Namun, di balik tingginya
kehadiran formal dalam rapat,
keterlibatan substantif dalam
perencanaan strategis seperti
penyusunan RKS dan RAPBS masih
belum optimal dan cenderung bersifat
konsultatif atau persetujuan, bukan
perumusan aktif.
1. Faktor-Faktor yang
Mempengaruhi Keterlibatan
Komite Sekolah: Keterlibatan
komite sekolah dipengaruhi oleh
serangkaian faktor internal dan
eksternal. Faktor internal (dalam
hubungan agensi) yang paling
dominan meliputi: (a) persepsi
dan tingkat kepercayaan antara
kepala sekolah dan komite; (b)
kapasitas dan pemahaman
anggota komite terkait
manajemen sekolah; (c)
transparansi informasi dari
pihak sekolah; dan (d) gaya
kepemimpinan kepala sekolah
yang inklusif. Faktor eksternal
(kontekstual Indonesia) yang
signifikan adalah: (a) dukungan
dari Dinas Pendidikan dalam
bentuk pelatihan dan sosialisasi;
(b) kejelasan regulasi yang
mengatur peran komite; serta
(c) dinamika sosial budaya lokal
seperti budaya "sungkan" yang
dapat menghambat fungsi
pengawasan kritis.
2. Pengaruh Keterlibatan Komite
Sekolah terhadap Kualitas
Keputusan Manajerial dalam
Meminimalkan Agency
Problems: Keterlibatan komite
sekolah terbukti berpengaruh
positif dan signifikan terhadap
kualitas keputusan manajerial,
yang ditunjukkan oleh korelasi
positif yang kuat (r=0.60).
Pengaruh ini bekerja melalui
mitigasi agency problems
secara efektif, di mana
keterlibatan komite secara
signifikan mampu: (a)
meningkatkan transparansi dan
akuntabilitas anggaran
(koefisien regresi B=0.45); (b)
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.