PENINGKATAN KOSAKATA ANAK USIA DINI MELALUI FILM ANIMASI DI KELOMPOK BERMAIN DAHLIA KAPUJAN BAYANG PESISIR SELATAN

Authors

  • Nopen Arianti Universitas Negeri Padang
  • Indra Yeni Universitas Negeri Padang
  • Asdi Wirman, Elise Muryanti Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.32131

Keywords:

kosakata, anak usia dini, film animasi

Abstract

Upaya penelitian ini berusaha untuk meningkatkan pemahaman dan kemahiran anak usia dini melalui media film animasi di Kelompok Bermain Dahlia Kapujan Bayang, Pesisir Selatan. Latar belakang penelitian berangkat dari rendahnya kemampuan anak dalam mengenal kosakata akibat penggunaan media pembelajaran yang kurang inovatif. Metode penelitian yang digunakan adalah PTK menggunakan metodologi kualitatif deskriptif dijalankan di dua siklus, dengan setiap siklus terdiri dari tiga pertemuan. Para peserta dalam penelitian ini termasuk kelompok 18 anak, yang terdiri dari 10 perempuan dan 8 laki-laki. Instrumen yang digunakan untuk pengumpulan data meliputi lembar observasi dan materi dokumenter. Temuan penelitian menunjukkan peningkatan substanstansial dalam kemampuan pemahaman anak-anak selama setiap pertemuan. Pada siklus pertama, proporsi anak-anak yang diklasifikasikan dalam kategori “Sangat Berkembang” tercatat sebesar 13%, sedangkan pada siklus kedua, angka ini meningkat menjadi 75%, dengan pencapaian kumulatif kategori 3 dan 4 mencapai 100%. Peningkatan penting ini menyiratkan bahwa penerapan media film animasi dapat meningkatkan kosakata anak usia dini. Media ini mampu menarik perhatian anak, memotivasi belajar, dan memfasilitasi proses pemahaman baru bagi anak.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Clark, E. V. (2007). Young children’s

uptake of new words in

conversation. Language in

Society, 36(2), 157–182.

Ernita, Y., & Mayar, F. (2023). The

Influence of Audio Visual Media

With Animated Films on

Children’s Speaking Skills in

Kindergarten. AL-ISHLAH: Jurnal

Pendidikan, 15(4), 5944–5950.

Levi, M. A. N., Hamidah, M., &

Ningrum, L. D. C. N. (2023).

Peningkatan Kemampuan

Mengenal Huruf Vokal dan

Konsonan Melalui Flashcard

pada Anak Kelompok B. Journal

of Education Research, 4(4),

1773–1784.

Olvah, M., Alfan, M., Nusantara, T.,

Suyitno, I., & Anggraini, A. E.

(2024). Pemanfaatan Berbagai

Media dalam Pembelajaran untuk

Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar,

ISSN Cetak : 2477-2143 ISSN Online : 2548-6950

Volume 10 Nomor 03, September 2025

Meningkatkan Literasi Siswa

dalam Perspektif Multimodal

Literacy. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu

Pendidikan, 7(7), 6391–6398.

Sarimanah, T. V. (2009).

Pembelajaran Membaca

Berbasis Metakoknisi. Jurnal

Bahasa Dan Sastra FPBS UPI, 2,

143–164.

Suriyani, S., & Royani, I. (2025).

PERKEMBANGAN BAHASA

DAN LITERASI ANAK USIA DINI.

Ula, U. S. (2019). PENGARUH MEDIA

FILM ANIMASI TERHADAP

PERKEMBANGAN KOSA KATA

ANAK USIA 5-6 TAHUN DI

TAMAN KANAK-KANAK

DHARMA WANITA PERSATUAN

BANDAR LAMPUNG. UIN Raden

Intan Lampung.

Vlachou, T. I., Kambanaros, M.,

Plotas, P., & Georgopoulos, V. C.

(2024). Evidence of Language

Development Using Brief

Animated Stimuli: A Systematic

Review. Brain Sciences, 14(2),

150.

Windayani, N. L. I., Dewi, N. W. R.,

Yuliantini, S., Widyasanti, N. P.,

Ariyana, I. K. S., Keban, Y. B.,

Mahartini, K. T., & Suparman.

(2021). Teori dan Aplikasi

Pendidikan Anak Usia Dini.

Yayasan Penerbit Muhammad

Zaini.

Downloads

Published

2025-08-12