PENINGKATAN KOSAKATA ANAK USIA DINI MELALUI FILM ANIMASI DI KELOMPOK BERMAIN DAHLIA KAPUJAN BAYANG PESISIR SELATAN
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.32131Keywords:
kosakata, anak usia dini, film animasiAbstract
Upaya penelitian ini berusaha untuk meningkatkan pemahaman dan kemahiran anak usia dini melalui media film animasi di Kelompok Bermain Dahlia Kapujan Bayang, Pesisir Selatan. Latar belakang penelitian berangkat dari rendahnya kemampuan anak dalam mengenal kosakata akibat penggunaan media pembelajaran yang kurang inovatif. Metode penelitian yang digunakan adalah PTK menggunakan metodologi kualitatif deskriptif dijalankan di dua siklus, dengan setiap siklus terdiri dari tiga pertemuan. Para peserta dalam penelitian ini termasuk kelompok 18 anak, yang terdiri dari 10 perempuan dan 8 laki-laki. Instrumen yang digunakan untuk pengumpulan data meliputi lembar observasi dan materi dokumenter. Temuan penelitian menunjukkan peningkatan substanstansial dalam kemampuan pemahaman anak-anak selama setiap pertemuan. Pada siklus pertama, proporsi anak-anak yang diklasifikasikan dalam kategori “Sangat Berkembang” tercatat sebesar 13%, sedangkan pada siklus kedua, angka ini meningkat menjadi 75%, dengan pencapaian kumulatif kategori 3 dan 4 mencapai 100%. Peningkatan penting ini menyiratkan bahwa penerapan media film animasi dapat meningkatkan kosakata anak usia dini. Media ini mampu menarik perhatian anak, memotivasi belajar, dan memfasilitasi proses pemahaman baru bagi anak.Downloads
References
Clark, E. V. (2007). Young children’s
uptake of new words in
conversation. Language in
Society, 36(2), 157–182.
Ernita, Y., & Mayar, F. (2023). The
Influence of Audio Visual Media
With Animated Films on
Children’s Speaking Skills in
Kindergarten. AL-ISHLAH: Jurnal
Pendidikan, 15(4), 5944–5950.
Levi, M. A. N., Hamidah, M., &
Ningrum, L. D. C. N. (2023).
Peningkatan Kemampuan
Mengenal Huruf Vokal dan
Konsonan Melalui Flashcard
pada Anak Kelompok B. Journal
of Education Research, 4(4),
1773–1784.
Olvah, M., Alfan, M., Nusantara, T.,
Suyitno, I., & Anggraini, A. E.
(2024). Pemanfaatan Berbagai
Media dalam Pembelajaran untuk
Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar,
ISSN Cetak : 2477-2143 ISSN Online : 2548-6950
Volume 10 Nomor 03, September 2025
Meningkatkan Literasi Siswa
dalam Perspektif Multimodal
Literacy. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu
Pendidikan, 7(7), 6391–6398.
Sarimanah, T. V. (2009).
Pembelajaran Membaca
Berbasis Metakoknisi. Jurnal
Bahasa Dan Sastra FPBS UPI, 2,
143–164.
Suriyani, S., & Royani, I. (2025).
PERKEMBANGAN BAHASA
DAN LITERASI ANAK USIA DINI.
Ula, U. S. (2019). PENGARUH MEDIA
FILM ANIMASI TERHADAP
PERKEMBANGAN KOSA KATA
ANAK USIA 5-6 TAHUN DI
TAMAN KANAK-KANAK
DHARMA WANITA PERSATUAN
BANDAR LAMPUNG. UIN Raden
Intan Lampung.
Vlachou, T. I., Kambanaros, M.,
Plotas, P., & Georgopoulos, V. C.
(2024). Evidence of Language
Development Using Brief
Animated Stimuli: A Systematic
Review. Brain Sciences, 14(2),
150.
Windayani, N. L. I., Dewi, N. W. R.,
Yuliantini, S., Widyasanti, N. P.,
Ariyana, I. K. S., Keban, Y. B.,
Mahartini, K. T., & Suparman.
(2021). Teori dan Aplikasi
Pendidikan Anak Usia Dini.
Yayasan Penerbit Muhammad
Zaini.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.