PENGARUH KEGIATAN FINGER PAINTING PADA PAPER CUP TERHADAP PERKEMBANGAN MOTORIK HALUS DI TAMAN KANAK-KANAK
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.24888Keywords:
Early Childhood, Fine Motoric, Finger PaintingAbstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh keterampilan motorik halus anak belum berkembang secara optimal terutama dalam kegiatan menggunakan gunting, memegang pensil dan menarik garis dengan benar, mewarnai gambar masih belum rapi. Penggunaan media guru dalam mengembangkan motorik halus di Taman Kanak-kanak kurang lentur. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kegiatan finger painting pada Paper Cup terhadap perkembangan motorik halus anak di Taman Kanak-kanak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh anak Taman Kanak-kanak Bhayangkari 3 Padang, dengan sampelnya yaitu kelas B3 sebagai kelas eksperimen dan kelas B1 sebagai kelas kontrol yang masing-masing kelas berjumlah 15 anak. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas,uji homogenitas, dan uji hipotesis. Berdasarkan tabel uji hipotesis pada kolom sig. (2-tailed) diperoleh nilai sig 0,000. Nilai tersebut menunjukkan bahwa 0,000< 0,05. Sesuai dengan kriteria pengukuran pada uji hipotesis, apabila diperoleh nilai sig < 0,05. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan kegiatan finger painting pada Paper Cup memiliki pengaruh yang tinggi terhadap keterampilan motorik halus anak di Taman Kanak-kanak.Downloads
References
Astria, N., Sulastri, M., & Magta, M. (2015). Penerapan metode bermain melalui kegiatan finger painting untuk meningkatkan kemampuan motorik halus. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 3(1), 2–3.
Dini, J. P. A. U. (2022). Analisis pembelajaran seni melalui finger painting pada anak usia dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 2795–2801.
Hanita. (2020). Fase Aspek Perkembangan Anak Usia Dini dalam Kajian Al-Quran dan Hadits. JEA (Jurnal Edukasi AUD), 6(1).
Hayati, & Hikmatul. (2019). Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Melalui Kegiatan Meronce Bentuk dan Warna pada Kelompok B TK PKK Denggen. EDISI: Jurnal Edukasi Dan Sains, 1(2), 220–233.
Hurlock, & Elizabeth B. (1978). Perkembangan Anak. Erlangga.
Khadijah, M. A., & Amelia, N. (2020). Perkembangan fisik motorik anak usia dini: Teori dan praktik. Kencana.
Mayar, F., Sakti, R., Yanti, L., Erlina, B., Osriyenti, O., & Holiza, W. (2022). Pengaruh video pembelajaran gerak dan lagu untuk meningkatkan fisik motorik pada anak usia dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 2619–2625.
Putri, T. U., Israwati, & Hijriati. (2019). Perkembangan Kecerdasan Interpersonal Anak melalui Metode Main Peran di PAUD Nurul Iman Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Anak Usia Dini Anak Usia Dini, 4(4), 11–15.
Romlah, R. (2017). Pengaruh Motorik Halus dan Motorik Kasar terhadap Perkembangan Kreativitas Anak Usia Dini. Jurnal Tadris: Jurnal Keguruan Dan Ilmu Tarbiyah, 2(2), 123–130.
Santrock John, W. (2007). Perkembangan anak. Erlangga.
Sari, M. M., Sariah, S., & Heldanita, H. (2020). Kegiatan finger painting dalam mengembangkan motorik halus anak usia dini. KINDERGARTEN: Journal of Islamic Early Childhood Education, 3(2), 136–145.
Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R & D. Alfabeta.
Widiyanto, M. A. (2013). Statistika Terapan. Gramedia.
Windayani, N. L. I., Dewi, N. W. R., Yuliantini, S., Widyasanti, N. P., Ariyana, I. K. S., Keban, Y. B., & Ayu, P. E. S. (2021). Teori dan aplikasi pendidikan anak usia dini. Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.
Yusuf, & Muri. (2017). Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif, dan Penelitian Gabungan. Kencana.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.