PENGEMBANGAN MEDIA ULAR TANGGA UNTUK MENINGKATKAN NUMERASI MATERI BILANGAN CACAH KELAS II SEKOLAH DASAR

Authors

  • ira Nur Puspita Sari Universitas PGRI Semarang
  • Intan Rahmawati Universitas PGRI Semarang
  • Bagus Ardi Saputro Universitas PGRI Semarang

Keywords:

snakes and ladders, numeracy, whole numbers

Abstract

Latar belakang penelitian ini rendahnya kemampuan numerasi siswa pada materi bilangan cacah, serta minimnya media pembelajaran yang menarik dan interaktif bagi siswa kelas II Sekolah Dasar. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Menilai validitas media ular tangga dalam pembelajaran numerasi; 2) Mengukur kepraktisan media ular tangga sebagai alat bantu pembelajaran; dan 3) Menganalisis efektivitas media ular tangga dalam meningkatkan kemampuan numerasi siswa pada materi bilangan cacah. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE, yang mencakup lima tahapan: Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi, dan Evaluasi. Subjek penelitian terdiri dari 29 siswa dari kelas II Sekolah Dasar. Produk yang dikembangkan adalah media permainan ular tangga bertema petualangan harta karun, yang dilengkapi dengan kartu soal, lembar aturan, dan lembar jawaban. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media tersebut dinyatakan “sangat layak” berdasarkan evaluasi dari ahli materi dan ahli media. Uji kepraktisan menunjukkan bahwa media ini mudah digunakan dan menyenangkan. Uji efektivitas memperlihatkan adanya peningkatan kemampuan numerasi siswa pada indikator kemampuan siswa dalam menerapkan angka atau simbol matematis dalam menyelesaikan masalah sehari-hari. Saran dari penelitian ini adalah media ular tangga ini dapat dikembangkan lebih lanjut untuk materi matematika lainnya dan digunakan pada jenjang kelas berbeda sebagai pendekatan pembelajaran yang menyenangkan dan interaktif.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andriani, F., & Wahyudi, W. (2023).

Media permainan ular tangga

berbasis misi untuk meningkatkan

kemampuan pemecahan masalah

matematika siswa SD. Jurnal

Educatio FKIP UNMA, 9(4), 1869-

1875.

Ariyanto, D., Chamidah, D., &

Suryandari, N. (2020).

Pengembangan Media Permainan

Ular Tangga dalam Pembelajaran

Matematika. Jurnal Pendidikan

Matematika, 14(1), 25–34.

Cox, L. S. (1975). Systematic errors in

the four basic operations. Journal

for Research in Mathematics

Education, 6(3), 162–172.

Dewanti, R., Suparman, A., & Lestari,

I. (2021). Hasil kajian internasional

PISA dan TIMSS menunjukkan

rendahnya kemampuan numerasi

siswa di Indonesia.

Geiger, V. (2015). Numeracy across

the curriculum: Research-based

strategies. Mathematics Education

Research Group of Australasia

(MERGA).GLN. (2017). Gerakan Literasi

Nasional: Buku Saku Literasi

Numerasi. Jakarta: Kementerian

Pendidikan dan Kebudayaan.

Hwang, Y. S. (2020). Early numeracy

and academic achievement: A

home-based game intervention.

Learning and Instruction, 65,

101–116.

Ida Yanti, et al. (2021). Penerapan

Media Ular Tangga dalam

Pembelajaran Matematika di

Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah

Pendidikan Guru Sekolah Dasar,

5(3), 233–240.

McLeod, J., & Armstrong, R. (1982).

Affective responses to mathematics:

A review. Educational Studies in

Mathematics, 13(4), 421–433.

Mullis, I. V. S., Martin, M. O., Foy, P.,

& Hooper, M. (2020). TIMSS 2019

International Results in Mathematics

and Science. Boston College:

TIMSS & PIRLS International Study

Center.

Pusmendik. (2022). Indikator

Numerasi dalam Asesmen

Nasional. Jakarta:

Kemendikbudristek.

Putri, R. A., & Wibowo, A. (2021).

Efektivitas Media Interaktif terhadap

Pemahaman Konsep Matematika

Dasar. Jurnal Matematika Edukasi,

8(1), 55–64.

Sanaky, H. A. H. (2013). Media

Pembelajaran Interaktif-Inovatif.

Yogyakarta: Kaukaba Dipantara.

Downloads

Published

2025-07-09