ANALISIS PROFIL PELAJAR PANCASILA DIMENSI BERKEBHINEKAAN GLOBAL PADA PEMBELAJARAN OPERASI HITUNG PECAHAN KELAS IV SDN 04 SURAJAYA
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v9i03.18191Keywords:
profil pelajar Pancasila, dimensi berkebhinekaan global, pembelajaran Matematika, operasi hitung pecahanAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi kondisi peserta didik yang kurang menaati peraturan dan kurang kesadaran siswa terhadap tugas dan tanggung jawab. Peserta didik kurang peduli dengan kondisi lingkungan baik secara fisik dan sosial. Peserta didik kurang mampu berbagai dan menerima pendapat dari teman lain. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan profil pelajar Pancasila dimensi berkebhinekaan global pada pembelajaran operasi hitung pecahan kelas IV SDN 04 Surajaya. Metode penelitian kualitatif merupakan suatu pendekatan untuk mengeksplorasi atau memahami suatu peristiwa yang terjadi. Hasil penelitian yang telah dilaksanakan menunjukkan, bahwa profil pelajar Pancasila dimensi berkebhinekaan global pada pembelajaran operasi hitung pecahan kelas IV Sekolah Dasar Negeri 04 Surajaya, dapat dicerminkan melalui kemampuan peserta didik dalam melakukan kegiatan bersama-sama pada pembelajaran matematika materi operasi hitung pecahan. Implementasi pendidikan karakter dalam pembelajaran hitung pecahan di kelas IV telah dilaksanakan oleh guru melalui perencanaan, pelaksaan, dan pengamatan yang dilakukan oleh guru. Guru dalam menyusun perencanaan pembelajaran memuat adanya nilai karakter dalam modul ajar yang akan digunakan. Pada tahap perencanaan guru memilih nilai karakter dengan disesuaikan materi, metode, strategi, media, dan situasi pembelajaran. Pada pelaksanaaan pembelajaran, guru mengimplementasikan nilai-nilai profil Pelajar Pancasila untuk membentuk karakter peserta didik. Adapun upaya yang dilakukan guru dalam mengimplementasikan pendidikan karakter dalam proses pembelajaran. (1) Memberi teladan untuk disiplin waktu, (2) Memberi teladan dengan menaati aturan, (3) Mengecek kehadiran peserta didik, (4) Memberi perhatian yang sama kepada semua peserta didik, (5) Memberi kesempatan peserta didik untuk mengungkapkan pendapatnya.Downloads
References
A. M., Subrata, H., & Muhimmah, H. A. (2023). Systematic Literature Review: Media Pembelajaran pada Materi Pecahan Sekolah Dasar. JURNAL MathEdu (Mathematic Education Journal), 6(3), 110-123.
Annisa, H., & Najicha, F. U. 2021. “Wawasan Nusantara Dalam Mememcahkan Konflik Kebudayaan Nasional”. Jurnal Global Citizen: Jurnal Ilmiah Kajian Pendidikan Kewarganegaraan, 10(2), 40-48.
Bachri, Bachtiar S. “Meyakinkan validitas data melalui triangulasi pada penelitian kualitatif." Jurnal teknolgi pendidikan 10.1 2010: 46-62.
Dewi, Ni Luh Fitriani. 2016. “Pengaruh Model Pembelajaran Realistik SettingKooperatif (RESIK) Dhitung pecahandukan Dengan Ice BreakingTerhadap Hasil Belajar Matematika” e-journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha. Volume 5, Nomor 2 (hlm. 2).
Ghozali, S. 2020. “Strategi dalam pengembangan karekter pelajar Pancasila”. Attaqwa: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 16(2), 200-212.
Ismail, S., Suhana, S., & Zakiah, Q. Y. 2020. “Analisis kebijakan penguatan pendidikan karakter dalam mewujudkan pelajar pancasila di sekolah”. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(1), 76-84.
Made, S. I. 2018. Analisis kesulitan siswa dalam menyelesaikan operasi hitung pecahan siswa sekolah dasar. International Journal of Elementary Education, 2(2), 144-155.
Murniasih, T. R., Sadijah, C., Muksar, M., Susiwo, & Suwanti, V. 2020. Kesalahan representasi pecahan pada garis bilangan. Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(2), 316–325.
Murniasih, T. R., Sadijah, C., Muksar, M., Susiwo, & Suwanti, V. 2020. Kesalahan representasi pecahan pada garis bilangan. Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(2), 316–325.
Nadiroh, S. M., Purbasari, I., & Ermawati, D. 2023. Analisis Penerapan Profil Pelajar Pancasila Berbasis Budaya Literasi di SDN 1 Brantaksekarjati. Journal on Education, 5 (3), 8602 - 8609.
Novitasari, Dian. 2016. “Pengeruh Penggunaan Multimedia Interaktif Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa.” Fibonacci: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika 02 (02): 8–18.
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.