HUBUNGAN KEPERCAYAAN DIRI DENGAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR DI KELURAHAN RAWAMANGUN

Authors

  • Auliana Laili Fajri Zakya PGSD FIP Universitas Negeri Jakarta
  • Yustia Suntari PGSD FIP Universitas Negeri Jakarta
  • Dudung Amir Soleh PGSD FIP Universitas Negeri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.27876

Keywords:

Kata kunci: Kepercayaan diri, hasil belajar, IPS

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan  kepercayaan diri dengan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) siswa kelas IV Sekolah Dasar di Kelurahan Rawamangun, Jakarta Timur. Latar belakang penelitian ini didasari oleh fenomena variasi hasil belajar IPS siswa di beberapa sekolah di Kelurahan Rawamangun, yang diduga berkaitan dengan tingkat kepercayaan diri siswa yang juga beragam. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Sampel penelitian terdiri dari 84 siswa kelas IV dari salah satu SD Negeri yang dipilih melalui teknik cluster random sampling. Instrumen penelitian mencakup angket skala Likert untuk mengukur kepercayaan diri dan tes pilihan ganda, angket sikap, serta rubrik penilaian untuk mengukur hasil belajar IPS berdasarkan ranah pengetahuan, sikap dan keterampilan. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kepercayaan diri dan hasil belajar IPS siswa hal ini dibuktikan dengan nilai signifikansi 0.000 < 0.05 dan nilai t-hitung > t-tabel yaitu 8.966 > 1.66365. Maka dari itu, ini membuktikan bahwa semakin tinggi tingkat kepercayaan diri siswa, maka semakin tinggi pula hasil belajar IPS yang dicapainya. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi acuan bagi guru dan pemangku kepentingan pendidikan dalam merancang strategi pembelajaran yang mampu meningkatkan kepercayaan diri siswa guna menunjang hasil belajar mereka.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amalia, F., Anggayudha, R. A., & Aldilla, K. (2021). Buku Panduan Guru Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial SD/MI Kelas IV. Pusat Kurikulum dan Perbukuan Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Badan Standar Kurikulum dan Asesmen Pendidikan. (2022). Capaian Pembelajaran Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) Fase A- Fase C. Kementrian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi Republik Indonesia.

Beta Sari Dewi Napitupulu, Yatha Yuni, & Rifa Atiyyah. (2020). Hubungan Kepercayaan Diri (Self Confidence) dengan Hasil Belajar Matematika. Prosiding Seminal Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara II, 2018.

Fitriani, K. (2019). Hubungan Kecerdasan Interpersonal dan Percaya Diri dengan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SDN Gugus Ki Hajar Dewantara Kecamatan Randublatung. Joyful Learning Journal, 6(4). https://doi.org/10.15294/jlj.v6i4.15320

Perdiansyah, Abd. Basith, & Dina Anika Marhayani. (2023). Hubungan Efikasi Diri Dan Kepercayaan Diri Dengan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPS. In Pedadidaktika: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar (Vol. 10, Nomor 3). http://ejournal.upi.edu/index.php/pedadidaktika/index

Schunk, D. H., & Pajares, F. (2009). Self-efficacy theory BT - Handbook of motivation at school. In Handbook of motivation at school (Nomor 3).

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Rineka Cipta.

Sudaryana, B., & Agusiady, H. R. R. (2022). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Deepublish Publisher.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Downloads

Published

2025-07-02