STUDI LITERATUR: PENGARUH KOMIK DIGITAL BERBASIS PJBL TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA SD
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v9i3.15489Keywords:
digital comics; interest; mathematicsAbstract
Mathematics is an abstract science and is quite closely related to everyday life and its existence can fulfill students' skills outside of school. However, the reality in the field shows that students' lack of interest in learning mathematics is due to inadequate learning media in delivering mathematics. This research is aimed at finding the influence of the existence of digital comics on students' interest in learning in mathematics lessons. The method used in this research is the literature study method to examine various library sources that are relevant to the research topic. Based on the results of the literature study, it shows that there is an influence between before and after the implementation of digital comics in the classroom.Downloads
References
Aam Amaliyah, A. N. (2022). ANALISIS PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP MINAT BELAJAR MATEMATIKA SISWA. Renjana Pendidikan Dasar Volume 2 Nomor 3 , 191-192.
Adinda Rahmi Putri, M. F. (2021). Pengaruh Penggunaan Model Blended Learning Berbasis Microsoft Teams terhadap Minat Belajar Siswa pada Pembelajaran Sejarah di SMA Negeri 3 Bukittinggi. Jurnal Pendidikan Tambusai, 3121.
Ayu Mustika Sari, D. S. (2023). Efektifitas Model Project Based Learning (PjBL) dalam Implementasi Kurikulum Merdeka di Taman Kanak Kanak. JURNAL BASIC EDU Volume 7 Nomor 1, 433 - 434.
Bagoes Pradana Sapoetra, A. T. (2020). Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning Ditinjau dari Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu Volume 4 Nomor 4, 1045.
Damayanti Nababan, A. K. (2023). STRATEGI PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PJBL). Jurnal Pendidikan Sosial dan Humaniora Vol. 2, No. 2, 716-717.
David Wicaksono, Y. D. (2022). PENGEMBANGAN PRODUK MEDIA KOMIK DIGITAL UNTUK PENCEGAHAN PENYALAHGUNAAN NARKOBA BAGI SISWA SMA DI KOTA SALATIGA. Open Journal Systems.
Dini Savitri, A. K. (2020). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS ANDROID DI KELAS 4 SEKOLAH DASAR. Jurnal
Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika dan Statistika Volume 1 Nomor 2, 65.
Elsa Pasambo, E. H. (2022). Meta Analisis Pengaruh Multimedia Sebagai Media Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar. JURNAL BASICEDU Volume 6 Nomor 3, 3258.
Farhan Saefudin Wahid, A. M. (2021). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KOMIK DIGITAL UNTUK SISWA SEKOLAH DASAR. e-Journal binawaya Vol.16 No.5, 6873.
Fitri Hayati, N. I. (2021). Karakteristik Perkembangan Siswa Sekolah Dasar : Sebuah Kajian Literatur. Jurnal Pendidikan Tambusai Volume 5 Nomor 1, 1812-1813.
Ginting, D. R. (2022). PENGEMBANGAN MEDIA KOMIK DIGITAL UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA SUBTEMA
2 MANUSIA DAN LINGKUNGANNYA KELAS V
SEKOLAH DASAR. Tesis.
Heru Agni Setiaji, L. A. (2021). Pengembangan Komik Digital pada Materi Bangun Ruang untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Siswa. Jurnal Pendidikan Tambusai Volume 6 Nomor 1, 49-50.
lghaniy Nurhadiyati, R. Y. (2021). Pengaruh Model Project Based Learning (PjBL) terhadap Hasil Belajar Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu Volume 5 Nomor 1, 328.
KUSUMADEWI, R. F. (2022). PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATEMATIKA BERBASIS MEDIA KOMIK DIGITAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA PADA SISWA SEKOLAH DASAR. Disertasi, 1.
Lenda, M. (2022). PENGARUH MINAT BELAJAR DAN DISIPLIN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR (SURVEY PADA SISWA SMP MULIA WACANA BANDUNG). Skripsi
Melinda Rachel Sutikno, J. P. (2022). PERANCANGAN VISUAL ARTWORK DENGAN TEKNIK DESAIN POP-UP PADA BOARD GAME UNTUK MEDIA PEMBELAJARAN PENCEGAHAN MALNUTRISI UNTUK USIA 10–11 TAHUN. Jurnal Desain Komunikasi Visual dan Intermedia Volume 05 Nomor 01, 48.
Mochamad Guntur, S. S. (2023). PENGEMBANGAN KOMIK SEBAGAI MEDIA BELAJAR MATEMATIKA DI SEKOLAH DASAR. Jurnal Kajian Pendidikan Dasar Volume 8 Nomor 1 .
Nisa, I. K. (2022). PENGEMBANGAN MEDIA E-COMIC BASED PROBLEM PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV SD NEGERI TURIREJO. SKRIPSI, 105-107.
Nurul Ula, S. H. (2020). Meta-analisis Pengaruh Media VisualTerhadap Minat Belajar Siswa SD Pada Pembelajaran Matematika. Jurnal
Matematika dan Pendidikan MatematikaVol.11, No.1, 83-84.
Novita Ahmad, R. I. (2020). PENGARUH PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA. JAMBURA ECONOMIC EDUCATION JOURNAL Volume 2 Nomor 2, 71.
Primanita Sholihah Rosmana, S. I. (2022). PengaruhPembelajaran Project Based Learning pada Sekolah Dasar di Masa Pandemi. Jurnal Pendidikan Tambusai Volume 6 Nomor 1, 3880.
Riska Paramita, D. F. (2021). ANALISIS MISKONSEPSI TERHADAP MATERI BANGUN DATAR DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV SD NEGERI 15 LUBUK LINGGAU. PRIMARY EDUCATION JOURNAL SILAMPARI Vol 3 (No 2),65.
Silvia Margareth, E. J. (2021). Upaya
Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa dengan Menggunakan Pendekatan Matematika Realistik di Sekolah Dasar. JURNAL BASICEDU Volume 5 Nomor 5, 3951
Resmayani, D. (2021). PENGEMBANGAN PERMAINAN PUZZLE BERBASIS CONSTRUCT 2 PADA PEMAHAMAN KONSEP BANGUN DATAR SD/MI. Skripsi, 39-40.
Riana, L. (2022). DESAIN PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS ARTICULATE STORYLINE 3 UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR IPA PESERTA DIDIK KELAS IV SD/MI. Skripsi.
Risky Mandala Putri, S. W. (2022). ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KURANGNYA MINAT BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV MI TARBIYATUL ISLAMIYAH DIDESA WINONG. SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN MATEMATIKA (SNAPMAT) , 32-35.
Siti Maryam Munjiat, A. S. (2020). Menumbuhkan Minat Siswa SD Terhadap Mata Pelajaran Matematika Di SDN 01 Ciduwet Kabupaten Brebes. JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT Vol.2 No.1, 148.
Ulandari, N. K. (2023). PENGEMBANGAN KOMIK DIGITAL BERBASIS PROYEK PADA MUATAN IPS MATERI JENIS-JENIS USAHA DAN KEGIATAN EKONOMI SISWA KELAS V DI SD NEGERI 22 DAUH PURI DENPASAR. Skripsi.
Wakarmamu, T. (2022). Metode Penelitian Kualitatif. Jawa Tengah: Eureka Media Aksara.
Wilma Muzria, T. I. (2020). Pengaruh Model Project Based Learning terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Tematik Terpadu Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai Volume 4 Nomor 3, 2237.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.