PROBLEMATIKA PELAKSANAAN GERAKAN LITERASI SEKOLAH (GLS) DI SEKOLAH DASAR
Penelitian Deskriptif Kualitatif
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.24571Keywords:
Gerakan Literasi, Minat BacaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan masalah dalam penerapan Gerakan Literasi Sekolah (GLS) di sekolah dasar, khususnya di SDN Johar Baru 03 Pagi. Peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif, di mana peneliti turun langsung ke lapangan untuk melakukan kegiatan observasi dan wawancara terkait permasalahan dalam penerapan literasi di sekolah. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara menunjukkan bahwa masih terdapat masalah yang dihadapi dalam penerapan GLS diantaranya yaitu minat baca siswa yang rendah, kurangnya sarana dan prasarana, serta tidak adanya penggerak literasi di Sekolah, sehingga pelaksanaan GLS masih dikatakan belum optimal.Downloads
References
Efendi, A., & Subayani, N. W. (2025). Analisis Keterampilan Membaca Siswa Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas V SD Negeri 17 Bilah Barat. JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan), 8(1), 266–270. https://doi.org/10.57251/ie.v3i1.893
Harianto, E. (2020). “Keterampilan Membaca dalam Pembelajaran Bahasa.” Jurnal Didaktika, 9(1), 1–8. https://doi.org/https://doi.org/10.58230/27454312.2
Megantara, K., & BS, A. W. (2021). Pembiasaan Membaca dalam Pelajaran Bahasa Indonesia Melalui Gerakan Literasi Sekolah. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 7(2), 383–390. https://doi.org/10.30605/onoma.v7i2.1230
Qomaruddin, & Sa’diyah, H. (2024). Kajian Teoritis tentang Teknik Analisis Data dalam Penelitian Kualitatif. 1(2), 77–84.
Rahmah, Y., Maulana, F. R., & Wardana, D. (2024). Implementasi Gerakan Literasi Sekolah Terhadap Kondisi Minat Baca Siswa SD Negeri Purut. JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan), 7(8), 8480–8486. https://doi.org/10.62951/prosemnasipi.v1i2.38
Rohim, C. D., & Rahmawati, S. (2020). Di Sekolah Dasar Negeri. Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 6(3), 1–7.
Schleicher, A. (2022). Interpretations.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. In Sustainability (Switzerland) (Vol. 11, Issue 1). http://scioteca.caf.com/bitstream/handle/123456789/1091/RED2017-Eng-8ene.pdf?sequence=12&isAllowed=y%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.regsciurbeco.2008.06.005%0Ahttps://www.researchgate.net/publication/305320484_SISTEM_PEMBETUNGAN_TERPUSAT_STRATEGI_MELESTARI
Wekke, I. S. (2019). Metode Penelitian Sosial. In Bandung (Issue 1).
Wiedarti, P., Laksono, K., Retnaningdyah, P., Dewayani, S., Muldian, W., Sufyadi, S., Roosaria, D. R., Faizah, D. U., Sulastri, Rahmawan, N., Rahayu, E. S., SA, R. A. Y., & Antoro, B. (2019). Desain Induk Gerakan Literasi Sekolah (Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan). https://gln.kemdikbud.go.id/glnsite/wp-content/uploads/2019/07/Desain-Induk-Gerakan-Literasi-Sekolah-2019.pdf
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.