PENGARUH MODEL CTL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) BERBENTUK KARTU KATA TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS 1 SD NEGERI 1 SUKARAMI OKI
Keywords:
Keywords: Model CTL, Kartu Kata, Membaca PermulaanAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model CTL (Contextual Teaching and Learning) berbentuk kartu kata terhadap kemampuan membaca pemulaan pembelajaran bahasa Indonesia kelas 1 SD Negeri 1 Sukarami OKI. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen dengan desain Quasi Experimental. Penelitian ini dilakukan di kelas I SD Negeri 1 Sukarami tahun ajaran 2024/2025. Siswa diberikan tes membaca untuk mengetahui bagaimana kekmpuan awal siswa dalam membaca permulaan. Selanjutnya diberikan perlakuan dengan menggunakan model CTL berbentuk kartu kata. Hal ini dilakukan agar siswa terlibat aktif dalam pembelajaran dan dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada siswa. Setelah itu siswa pada kelas control dan ekpserimen diberikan tes akhir yaitu tes membaca untuk bisa mengetahui adakah peningkatan kemampuan membaca permulaan siswa setelah diberikan perlakuan. Sehingga data yang didapatkan dianalisis untuk mengetahui pengaruh model CTL (Contextual Teaching and Learning), langkah ini dirancang untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa. Hasil tersebut, akan digunakan untuk menilai sejauh mana perlakuan Model CTL (Contextual Teaching and Learning) berbentuk kartu kata berpengaruh terhadap peningkatan kemampuan membaca permulaan siswa. Pada data kemampuan membaca permulaan siswa sebelum perlakuan pada kelas eksperimen 68,13 dan kelas control 66,43 dan setelah diberikan perlakuan mengalami peningkatan yaitu pada kelas eksperimen 81,56 dan kelas control 75,71. Adapun teknik analisis data yaitu uji-t berdasarkan analisis yang diperoleh nilai signifikan (2-tailed) sebesar 0,000. Karena nilai signifikannya 0,000 < 0,05 dan nilai thitung 5.157 dimana ttabel 1.70 maka berdasarkan pengujan tersebut Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan Terdapat pengaruh yang signifikan model CTL (contextual teaching and learning) berbentuk kartu kata terhadap kemampuan membaca permulaan padaDownloads
References
Alpian, V. S. (2022). Analisis Kemampuan Membaca Pemahaman Pada Siswa
Sekolah. jurnal ilmu pendidikan.
Asmonah, S. (2019). Meningkatkan kemampuan membaca
permulaan menggunakanmodel direct instruction
berbantuan media kartu kata
bergambar. Jurnal Pendidikan
Anak, 29-37.
Astuti, A. W., & Drupadi, R. (2021).
Hubungan Penggunaan Media
Kartu Huruf dengan
Kemampuan Membaca
Permulaan Anak Usia 5-6
Tahun. KINDERGARTEN:
Journal of Islamic Early
Childhood Education, 73-81.
Gading, K., Magta, M., & Pebrianti, F.
(2019).Pengaruh Metode Suku
Kata Dengan Media Kartu
Kata. Mimber Ilmu.
Hasmi. (2019). Metode Penelitian
Epidemiologi. Jakarta: CV.
Trans Info Media.
Hoiyati. (2022). Pengaruh Model CTL
berbantuan Kartu Kata
terhadapat kemampuan
membaca permulaan pada
siswa kelas II Sd. Jurnal
Pendidikan Tambusai.
Kartini, R. P., Wardiah, D., & Wahidy,
A. (2023). Analisis
pemerolehan bahasa pertama
pada anak usia 2 tahun.
Innovative: Journal Of Social
Science Research, 3(2),
12070-12084.
Muammar. (2020). Membaca
Permulaan di Sekolah Dasar.
Mataram: sanabil.
Nuraini. (2018). Peningkatan Hasil
Belajar Siswa Melalui
Pembelajran Saintifik Pada
Materi Kalor dan
Perpindahannya Pada Siswa
Kelas VII. Semarang: Jurnal
Ilmu Pengetahuan Alam.
Paling, S. (2023). Belajar dan
Pembelajaran.Pt Mifandi Madiri
Digital.
Rumidjan. (2019). Pengembangan
Media Kertu Kata untuk Melatih
Keterampilan Membaca
Permulaan Pda Siswa Kelas 1
SD.
Sugiyono. (2018). Metode
Penenelitian Kuantitatif,
Kualitatif, dan R & D. Bandung:
Alfabeta.
Suherman, A. (2023). Implementasi
Kurikulum Merdeka Teori dan
Praktif Kurikulum Merdeka
Belajar Penjas SD. Indonesia
Emas Group.
Sukma, H. H., & Puspita, L. a. (2023).
Keterampilan Membaca
Menulis (Teori Praktik).
Yogyakarta: K-Media.
Supanto, E., Wahidy, A., & Utami, S.
A. (2025). Pengembangan
Media Kartu Huruf Dan Kartu
Kata Bergambar Untuk
Meningkatkan Keterampilan
Membaca Permulaan Siswa
Pada Mata Pelajaran Bahasa
Indonesia Kelas I SD Negeri 19
Palembang. Jurnal Ilmiah
Pendidikan Dasar (JIPDAS),
5(1), 131-141.
Supriyadi. (2018). Pengaruh Metode
Pembelajaran dan Kecerdasan
Emosional Siswa terhadap
Hasil Belajar. NEM.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.