PENGARUH METODE DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEPERCAYAAN DIRI SISWA KELAS TINGGI SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU YASIR TANGERANG
Keywords:
Discovery Learning, Self-Confidence, elementary schoolAbstract
Penelitian ini ditujukan untuk menelaah pengaruh metode Discovery Learning terhadap kepercayaan diri siswa kelas tinggi di SDIT Yasir Tangerang. Dengan masih terbatasnya penelitian yang sama di tingkat sekolah dasar menjadi alasan pentingnya penelitian ini dilakukan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan survei untuk memperoleh data secara objektif dari responden. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 110 siswa dengan sampel sebanyak 86 siswa. Data didapatkan melalui penyebaran angket tertutup kepada 86 siswa yang dipilih menggunakan rumus Slovin dan teknik stratified sampling untuk memastikan keterwakilan dari setiap jenjang kelas, kemudian data yang terkumpul dianalisis menggunakan uji validitas, reliabilitas, normalitas, linearitas, regresi linear sederhana, uji t, dan koefisien determinasi. Hasil uji regresi linear sederhana menunjukkan nilai signifikansi 0,001 yang artinya lebih kecil dari taraf signifikansi 0,05 dan nilai R2 sebesar 0,126. Ini mengindikasi bahwa metode Discovery Learning memiliki pengaruh yang signifikan, meskipun kontribusi yang diberikan terhadap kepercayaan diri siswa tergolong pada kategori rendah. Metode Discovery Learning memberikan pengaruh positif terhadap kepecayaan diri siswa kelas tinggi sekolah dasar, meski pengaruhnya hanya sebesar 12,6%. Berdasarkan keterbatasan temuan tersebut, penelitian ini membutuhkan studi lebih mendalam dengan desain eksperimen atau penambahan variabel moderator guna mengoptimalkan efektivitas metode.Downloads
References
Adriani, E., & Supri, J. (2022). Penerapan Model Discovery Learning Untuk Meningkatkankepercayaan Diri Dan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 12(2), 353–363.
Anzar, W., & Lestari, D. (2020a). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Kepercayaan Diri Siswa Kelas VII SMP Negeri 22 Buton. Jurnal Akademik …. https://ejournal.lppmunidayan.ac.id/index.php/matematika/article/view/261
Anzar, W., & Lestari, D. (2020b). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Kepercayaan Diri Siswa Kelas VII SMP Negeri 22 Buton. Jurnal Akademik …. https://ejournal.lppmunidayan.ac.id/index.php/matematika/article/view/261
Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25 (9th ed.). Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Ghufron, M. N., & Risnawati, R. (2020). Teori-Teori Psikologi. Ar-Ruzz Media.
Herdiana, Y., Marwan, & Zubainur, C. M. (2019). Kemampuan Representasi Matematis Dan Self Confidence Siswa Smp Melalui Penerapan Model Problem Based Learning (Pbl) . Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika AL-QALASADI, 3(2), 23–35.
Heri, Evayenny, & Venny. (2021). Pengaruh Metode Discovery Learning Terhadap Karakter Peduli Sosial Peserta Didik. 769–774.
Hosnan, M. (2017). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam pembelajaran abad 21 (2017th ed.). Ghalia Indonesia.
Juliharti, L., Fitria, Y., & Amini, R. (2023). Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa. In Sastra Indonesia dan Daerah (Vol. 13, Issue 2).
Kusumastuti, A., Khoiron, A. M., & Achmadi, T. A. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif. deepublish.
Lestari, D. A., Lastari, Rahmawati, I. A., & Fauzi, M. R. (2023). Penerapan Teori Belajar Bruner Dalam Pembelajaran Matematika Siswa Kelas Vi Sd It Salsabila 8 Pandowoharjo. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 3(1), 1–10.
Manullang, R. A., Sianipar, E., Herman, & Sinurat, B. (2022). The Application of Phonics Instruction in Reading Text at Grade X SMK N 1 Pematangsiantar. Journal of Modern Philosophy, Social Sciences and Humanities, 4, 25–31.
Marwati, Miftachudin, & Muttaqin, M. F. (2024). Peningkatan Hasil Belajar Ipa Kelas V Materi Ekosistem Menggunakan Model Pembelajaran Project Based Learning. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(03), 376–385. https://doi.org/https://doi.org/10.23969/jp.v9i3.16449
Muhamad, N. (2015). Pengaruh metode discovery learning untuk meningkatkan representasi matematis dan percaya diri siswa. Jurnal Pendidikan UNIGA. http://journal.uniga.ac.id/index.php/JP/article/view/83
Muniro, S., Rosyana, T., & Hendriana, H. (2018). Hubungan Self Confidence Dengan Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, 1(4), 479–486.
Sari, L. K., Noer, S. H., & Bharata, H. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery terhadap Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Self Confidence. Jurnal Pendidikan Matematika Universitas …. https://core.ac.uk/download/pdf/295479684.pdf
Sugiyono. (2021). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D (3rd ed.). Alfabeta.
Sutja, A., Herlambang, S., Nelyahardi, N., & Emosda, E. (2017). Penulisan Skripsi untuk prodi bimbingan konseling. Yogyakarta: Wahana Resolusi.
Tunru, A. A., Ilahi, R., & Hikmah, N. (2023). Analisis Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani di SDN 027 Samarinda Ulu Kota Samarinda. Jurnal Pendidikan, 4(1), 1. https://jurnal.fkip-uwgm.ac.id/index.php/sjp
Vigil-Colet, A., Navarro-González, D., & Morales-Vives, F. (2020). To reverse or to not reverse likert-type items: That is the question. Psicothema, 32(1), 108–114. https://doi.org/10.7334/psicothema2019.286
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.