UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERNALAR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS V MELALUI MODEL INQUIRY LEARNING BERBASIS MEDIA EDUCAPLAY PADA MATA PELAJARAN IPAS
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.27259Keywords:
keterampilan bernalar kritis, Inquiry Learning, Educaplay, IPAS, pembelajaran abad ke-21.Abstract
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan bernalar kritis peserta didik kelas V SDN 2 Pliken melalui penerapan model pembelajaran Inquiry Learning berbasis media Educaplay pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS). Latar belakang penelitian ini berangkat dari temuan rendahnya keterampilan peserta didik dalam menyaring informasi, menganalisis data, dan menarik kesimpulan secara logis berdasarkan hasil observasi dan asesmen diagnostik. Melalui dua siklus tindakan kelas, pembelajaran dilakukan dengan sintaks inquiry yang dikombinasikan dengan media interaktif Educaplay untuk menciptakan pembelajaran yang aktif dan bermakna. Teknik pengambilan data dilakukan menggunakan non test yaitu observasi. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan Microsoft Excel 2019. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan signifikan pada keterampilan bernalar kritis maupun hasil belajar peserta didik dari siklus I ke siklus II. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar yang cukup signifikan, dari rata-rata 56% pada pertemuan pertama siklus I menjadi 81,2% pada akhir siklus II. Meskipun sempat mengalami penurunan pada awal siklus II (72,4%), hasil belajar tetap berada di atas Kriteria Ketuntasan Minimal dan menunjukkan tren peningkatan. Keterampilan bernalar kritis peserta didik juga mengalami perkembangan dari 8% kategori tinggi pada awal siklus I menjadi 76% pada akhir siklus II. Temuan ini menunjukkan bahwa model Inquiry Learning yang dipadukan dengan media digital interaktif efektif dalam membangun keterampilan berpikir kritis dan mendukung penguatan dimensi Profil Pelajar Pancasila. Penelitian ini merekomendasikan penerapan model serupa dalam pembelajaran IPAS dan mata pelajaran lainnya sebagai strategi inovatif pembelajaran abad ke-21. Kata kunci: keterampilan bernalar kritis, Inquiry Learning, Educaplay, IPAS, pembelajaran abad ke-21.Downloads
References
Arikunto, S. (2016). Penelitian tindakan kelas (PTK). Bumi Aksara.
Depin, Nurwahid, H., Yohanes Sulla, F., & Barella, Y. (2024). Inquiry Learning: Pengertian, Sintaks Dan Contoh Implementasi Di Kelas. Indonesian Journal on Education and Learning, 1(2), 39–43.
Diarsy, E., & Pahlevi, T. (2024). Pengaruh model pembelajaran Inquiry Learning terhadap keterampilan berpikir kritis peserta didik pada mata pelajaran pkk kelas xi mplb smkn 10 surabaya. 5(3), 597–607.
Fadillah, F. N. (2024). Pengaruh Penggunaan Media Gamifikasi Berbasis Educaplay Terhadap Motivasi Belajar Akuntansi Dasar Peserta didik Sekolah Menengah Kejuruan. 8(4), 832–839.
Hartono, R. (2022). Penelitian Tindakan Kelas: Pengaruh Metode Pembelajaran Inkuiri Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Peserta didik. Progressive of Cognitive and Ability, 1(2), 188–197. https://doi.org/10.56855/jpr.v1i2.71
Hasmi, I. N., Faturrahman, M., Jupri, & Syahriana, I. (2023). Analisis Profil Pelajar Pancasila Elemen Bernalar Kritis dalam Mata Pelajaran IPAS pada Kelas IV-A SD Negeri 007 Sungai Pinang. Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 207–211. https://doi.org/10.30872/semnasppg.v4.3096
Kartini Ester, Tampombebu, O. I., Mauru, L. A., Batseran, H., & Tambayong, J. R. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri (Inquiry Learning) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta didik di SD Gmim VI Tomohon. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(1), 20.
Kemendikbudristek. (2022). Profil Pelajar Pancasila: Panduan dan kebijakan pendidikan. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia.
Khoirunnisak, D., Rohmah, N. L., & Zunita, F. E. (2025). Pemanfaatan Educaplay sebagai Media Literasi Budaya di Sekolah Dasar.
Nurhalisa, S., Ma’rufi, M., & Baharuddin, M. R. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Asesmen Kompetensi Minimum dan Pemecahan Masalah. Jurnal Literasi Digital, 1(3), 192–202. https://pusdig.my.id/literasi/article/view/63
Pertiwi (2024). ISSN 1648-3898 ISSN 2538-7138 Enhancing Critical Thinking Skills Through Stem Problem-Based Contextual Learning : An Integrated E-Module Education Website With. 739–766.
Sudirman, Hermansyah, & Mansyur. (2020). Jurnal Ilmu Pendidikan. Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 318–333.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.