ANALISIS EFISIENSI INTERNAL PENDIDIKAN TERKAIT ANGKA MENGULANG KELAS DROUP OUT DI SATUAN PENDIDIKAN DASAR KABUPATEN KENDAL

Authors

  • Iwan Candra Bachtiar Universitas PGRI Semarang
  • Farid Umar Universitas PGRI Semarang
  • Nurkolis Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.24664

Keywords:

internal efficiency, grade repetition, drop out, basic education, Merdeka Curriculum

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efisiensi internal pendidikan dasar di Kabupaten Kendal, khususnya terkait dengan angka mengulang kelas dan drop out. Meskipun secara administratif angka tersebut sangat rendah berkat kebijakan "semua siswa naik kelas" dan implementasi Kurikulum Merdeka, kenyataan di lapangan menunjukkan masih terdapat kasus-kasus siswa yang tidak naik kelas atau keluar dari sekolah akibat faktor non-akademik, seperti perilaku menyimpang, pelanggaran tata tertib, serta masalah sosial dan emosional. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam dengan guru dan kepala sekolah di beberapa SD di Kabupaten Kendal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa efisiensi internal tidak cukup diukur dari jumlah siswa yang naik kelas, tetapi juga harus memperhatikan kualitas pembelajaran dan dukungan terhadap kebutuhan individual siswa. Diperlukan upaya manajerial yang lebih responsif serta evaluasi kebijakan yang komprehensif agar efisiensi internal benar-benar mencerminkan kualitas pendidikan yang sesungguhnya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ardila, Y. P., & Rigianti, H. A. (2023). PERAN PENTING DAN TANTANGAN YANG DIHADAPI OLEH GURU PROFESIONAL DALAM KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR DI KELAS. In Juni.

astuti,+727.+jurnal+asrul++14471-14478. (n.d.).

Bachtiar, B. (2021). Professional Teaching and Learning Effectiveness: A Case of English Language Teaching in Indonesia. International Journal of Education, 14(1), 11–18. https://doi.org/10.17509/ije.v14i1.25533

Hardani MSi, A., Ustiawaty, J., & Juliana Sukmana, D. (2020). Buku Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif. https://www.researchgate.net/publication/340021548

Ilhami, M. W., Vera Nurfajriani, W., Mahendra, A., Sirodj, R. A., & Afgani, W. (2024). Penerapan Metode Studi Kasus Dalam Penelitian Kualitatif. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 10(9), 462–469. https://doi.org/10.5281/zenodo.11180129

Khalisatun Husna, Farras Fadhilah, Ulfa Hayana Sari Harahap, Muhammad Arby Fahrezi, Khalid Samahangga Manik, M. Yasir Ardiansyah, & Inom Nasution. (2023). Transformasi Peran Guru Di Era Digital: Tantangan Dan Peluang. Perspektif : Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Bahasa, 1(4), 154–167. https://doi.org/10.59059/perspektif.v1i4.694

Magister, M. W., Pendidikan, A., Kristen, U., & Wacana, S. (n.d.). Pendekatan Penelitian Pendidikan: Metode Penelitian Kualitatif, Metode Penelitian Kuantitatif dan Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Method).

Mohammad Rafatta Umar, Charren Galuh Indraswari, Dwi Desky Setiawan, Reivania Calista, & Fakthuri Fatkhuri. (2024). Analisis Model Kebijakan Kurikulum Merdeka di Indonesia. Amandemen: Jurnal Ilmu Pertahanan, Politik Dan Hukum Indonesia, 2(1), 66–76. https://doi.org/10.62383/amandemen.v2i1.670

Mujiburrahman, M., Kartiani, B. S., & Parhanuddin, L. (2023). ASESMEN PEMBELAJARAN SEKOLAH DASAR DALAM KURIKULUM MERDEKA. Pena Anda: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 1(1), 39–48. https://doi.org/10.33830/penaanda.v1i1.5019

Septi Malini, H., Auliatin Nisa, H., & Efisiensi dan Produktivitas Menajemen Berbasis Sekolah, E. (2025). Efektivitas Efisiensi dan Produktivitas Menajemen Berbasis Sekolah. In JUSTITIA: Journal of Justice, Law Studies, and Politic (Vol. 1).

Sitasari, N. W. (2022). Mengenal Analisa Konten Dan Analisa Tematik Dalam Penelitian Kualitatif Forum Ilmiah (Vol. 19).

Subhaktiyasa, P. G. (2024). Menentukan Populasi dan Sampel: Pendekatan Metodologi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 9(4), 2721–2731. https://doi.org/10.29303/jipp.v9i4.2657

Zahroh, F. L., & Hilmiyati, F. (2024). Indikator Keberhasilan dalam Evaluasi Program Pendidikan. Edu Cendikia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 4(03), 1052–1062. https://doi.org/10.47709/educendikia.v4i03.5049

Downloads

Published

2025-06-01

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2