PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN FUN THINKERS BOOK TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS III UPT SPF SD NEGERI CENDRAWASIH 1 MAKASSAR

Authors

  • Risda Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Baharullah Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Hamdana Hadaming Universitas Muhammadiyah Makassar

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i01.23785

Keywords:

Learning Media; Fun Thinkers Book; Mathematics Learning Outcomes

Abstract

Masalah utama dalam penelitian ini yakni kegiatan pembelajaran masih terfokus pada guru, siswa kurang fokus dalam pembelajaran dan seringkali mengeluh bosan dalam mengikuti pembelajaran. sehingga mengakibatkan hasil belajar matematika rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran fun thinkers book terhadap hasil belajar matematika siswa kelas III UPT SPF SD Negeri Cendrawasih 1 Makassar. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen. Penelitian ini melibatkan dua kelas yang terdiri dari kelas eksperimen dan kelas kontrol. Sampel pada penelitian ini sebanyak 50 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes hasil belajar dan lembar observasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah teknik analisis data deskriptif dan uji T-Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar matematika pada kelas kontrol pada pretest mendapatkan nilai rata-rata 48,50 dan setelah penerapan pembelajaran matematika secara kovensional mendapatkan nilai (posttest) 64.80. Pada kelas eskperimen sebelum penerapan media fun thinkers book pada pretest dengan nilai rata-rata 47.60. sedangkan pada posttest meningkat dengan nilai rata-rata 77,60. Hasil analisis uji-t tentang pengaruh penggunaan media fun thinkers book terhadap hasil belajar matematika siswa kelas III UPT SPF SD Negeri Cendrawasih 1 Makassar. Menunjukkan hasil bahwa nilai signifikansi yang diperoleh baik yaitu pengaruh media fun thinkes book terhadap hasil belajar matematika (Sig = 0.003) lebih kecil dari nilai alpha yang ditetapkan yaitu 0.05 (0,003 < 0,05). Berdasarkan hasil yang diperoleh dapat diambil kesimpulan bahwa yang H0 ditolak dan H1 diterima yang menyatakan terdapat pengaruh penggunaan media fun thinkers book terhadap hasil belajar Matematika siswa kelas III  UPT SPF SD Negeri Cendrawasih 1 Makassar diterima

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afsari, S., Harahap, S. K., & Munthe, L. S. (2021). Systematic Literature Review: Efektivitas Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik pada Pembelajaran Matematika Systematic Literature Review: The Effectiveness Of Realistic Mathematics Education Approach In Mathematics Learning. Indonesian Journal of Intellectual Publication, 1(3), 189–197.

Anggraini, Y. (2021). Analisis Persiapan Guru dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2415–2422. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1241

Ekawati, D., Fardinah, F., Ansar, A., Sari, R., & Sulaiman, H. (2023). Pelatihan Pembuatan Fun Thinkers Match Frame Sebagai Media Pembelajaran Matematika Bagi Guru Sekolah Dasar. Jurnal Abmas Negeri (JAGRI), 4(1), 1–7. https://doi.org/10.36590/jagri.v4i1.406

Fadilah Aisyah, Nurzakiyah, K. R., Kanya, N. A., Hidayat, S. P., & Setiawan, U. (2023). Pengertian Media, Tujuan, Fungsi, Manfaat dan Urgensi Media Pembelajaran Sulis Putri Hidayat STAI DR. KHEZ Muttaqien Purwakarta. Journal of Student Research (JSR), 1(2).

Fauziah, D. S., & Ninawati, M. (2023). Media Fun Thinkers Book Berbasis Kontekstual Materi Berbagai Pekerjaan Untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Edukasiana: Jurnal Inovasi Pendidikan, 2(2), 93–103. https://doi.org/10.56916/ejip.v2i2.362

Kibtiah, M., Hendracipta, N., & Andriana, E. (2021). Developing Fun Thinkers Book Learning Media On The Topic Of Peristiwa Alam Yang Terjadi Di Indonesia At Grade V Of Elementary School. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 10(4), 829–835. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v10i4.8144

Maharani, I., & Hidayah Putri, J. (2023). Relevansi Pengembangan Media Pembelajaran Matematika. EDUSAINTEK: Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 10(1), 353–361. https://doi.org/10.47668/edusaintek.v10i1.719

Mantika, E. P., Husniati, H., & Oktaviyanti, I. (2022). Pengaruh Media Fun Thinkers Book Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Muatan IPS Kelas IV SDN Inpres Rai Oi. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(4), 2105–2113. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i4.907

Mulya, T., Laminah, & MZ, Z. A. (2024). Pengaruh Media Fun Thinkers Book terhadap Peningkatan Keterampilan Berfikir Kreatif Siswa pada Materi IPA Kelas V. JURNAL PENDIDIKAN MIPA, 14(4), 959–968. https://doi.org/10.37630/jpm.v14i4.1986

Pundi Aprillia, E., Purwa Kusuma Pendidikan Matematika, A., & Kusuma Negara, S. (2021). Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara III Hubungan Gaya Belajar Siswa dengan Hasil Belajar Matematika Materi Trigonometri.

Radiusman, R. (2020). Studi Literasi: Pemahaman Konsep Anak Pada Pembelajaran Matematika. Fibonacci: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 6(1), 1. https://doi.org/10.24853/fbc.6.1.1-8

Rahman, S. (2022). Pentingnya Motivasi Belajar dalam Meningkatkan Hasil Belajar. 289–302.

Sabrina, N. A., Maharaja, L. R., Naingglan, M. M., & Gaol, M. L. (2023). Pengaruh Pengembangan Media Ajar Visual Terhadap Siswa Sekolah Dasar dalam Memahami Konsep Matematika Secara Visual. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 11. https://doi.org/10.47134/ppm.v1i1.113

Saidah, W., & Wahyudi, W. (2024). Pengembangan Media Fun Thinkers Book dalam Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis di Sekolah Dasar. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 6(4), 2927–2939. https://doi.org/10.31004/edukatif.v6i4.7077

ugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Wardani, N. W., Kusumaningsih, W., & Kusniati, S. (2024). Analisis Penggunaan Media Pembelajaran terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi, Evaluasi, Dan Pengembangan Pembelajaran (JIEPP), 4(1), 134–140. http://journal.ainarapress.org/index.php/jiepp

Wulandari, A. P., Salsabila, A. A., Cahyani, K., Nurazizah, T. S., & Ulfiah, Z. (2023). Pentingnya Media Pembelajaran dalam Proses Belajar Mengajar. Journal on Education, 05(02), 3928–3936.

Wulandari, T., & Mudinillah, A. (2022). Efektivitas Penggunaan Aplikasi CANVA sebagai Media Pembelajaran IPA MI/SD. Jurnal Riset Madrasah Ibtidaiyah (JURMIA), 2(1), 102–118. https://doi.org/10.32665/jurmia.v2i1.245

Yandi, A., Nathania, A., Putri, K., & Syaza, Y. (2023). Faktor-Faktor Yang Mempengarui Hasil Belajar Peserta Didik (Literature Review). Jurnal Pendidikan Siber Nusantara, 1(1), 13. https://doi.org/10.38035/jpsn.v1i1

Yarda, L., Cahyadi, F., & Listyarini, I. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Fun Thinker Book Kelas V pada Materi Sifat – Sifat Bangun Datar dan Bangun Ruang di SDN Ngotet Rembang. Wawasan Pendidikan, 4(1), 149–159. https://doi.org/10.26877/wp.v4i1.17059

Downloads

Published

2025-03-30