ANALISIS KEMAMPUAN GURU DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DITINJAU DARI PEDAGOGICAL CONTENT KNOWLEDGE (PCK) PADA GURU PEMULA DAN BERPENGALAMAN SDN BATANGKALUKU KECAMATAN SOMBA OPU KABUPATEN GOWA

Authors

  • Nurwahida Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Baharullah Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Agustan S Universitas Muhammadiyah Makassar

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i01.23290

Keywords:

Guru Berpengalaman, Guru Pemula, Matematika, PCK

Abstract

Matematika adalah mata pelajaran penting dalam pendidikan, dan guru memiliki peran penting dalam mendidik siswa. Namun, skor rata-rata guru pada Tes Kompetensi Guru dari tahun 2015 hingga 2017 berada di bawah standar, menunjukkan kurangnya kualitas dalam proses pembelajaran. Untuk mencapai pembelajaran yang bermakna, guru harus menguasai kompetensi dasar, seperti Pengetahuan Konten Pedagogi (PCK), yang mengintegrasikan pengetahuan konten dan pedagogi. Guru berpengalaman memiliki lima tahun atau lebih pengalaman mengajar, sedangkan guru pemula memiliki kurang dari lima tahun. Studi ini berfokus pada Pengetahuan Konten Pedagogi (PCK) guru dalam pembelajaran matematika di SD Negeri Batangkaluku, Kecamatan Somba Opu, Kabupaten Gowa. Tujuannya adalah untuk menganalisis kemampuan guru berdasarkan PCK untuk guru pemula dan berpengalaman, dengan tujuan meningkatkan keterampilan mengajar dan efektivitas mengajar secara keseluruhan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa baik guru pemula maupun berpengalaman menunjukkan kemahiran di berbagai komponen pengajaran, unggul dalam pemahaman kurikulum, metode pengajaran, penilaian, dan pemanfaatan sumber daya. Baik guru pemula maupun berpengalaman sama-sama mahir dalam memperoleh umpan balik, merangsang minat belajar siswa, menghubungkan pembelajaran matematika dengan aplikasi kehidupan nyata, dan menguasai materi pelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Nurwahida, Universitas Muhammadiyah Makassar

Mahasiswa Pascasarjana Program Studi Pendidikan Dasar, Universitas Muhammadiyah Makassar

References

Agustina, N. S., Robandi, B., Rosmiati, I., & Maulana, Y. (2022). Analisis Pedagogical Content Knowledge terhadap Buku Guru IPAS pada Muatan IPA Sekolah Dasar Kurikulum Merdeka. Jurnal Basicedu, 6(5), 9180–9187.

Amrina, Z., Anwar, V. N., Alfino, J., & Sari, S. G. (2022). Analisis Technological Pedagogical Content Knowledge Terhadap Kemampuan Menyusun Perangkat Pembelajaran Matematika Daring Calon Guru SD. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 1069–1079.

Atmaja, I. M. D. (2021). Koneksi indikator pemahaman konsep matematika dan keterampilan metakognisi. Nusantara: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 8(7), 2048–2056.

Budiasih, I., & Nyoman, G. A. (2014). Metode Grounded Theory dalam riset kualitatif. Jurnal ilmiah akuntansi dan bisnis, 9(1), 19–27.

Dewi, R. S. (2018). Kemampuan Profesional Guru Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Mengajar Guru Sekolah Dasar. Jurnal Administrasi Pendidikan, 15(1), 150–159.

Fahyuni, E. F., & Istikomah, I. (2016). Psikologi Belajar & Mengajar (kunci sukses guru dalam interaksi edukatif). Nizamia Learning Center.

Fentari, R., Ermawati, E., & Primawati, Y. (2023). Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Pendidik Melalui Model Kooperatif Tipe Picture And Picture. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP), 6(4), 3618–3626.

Hariati, H., Ilyas, M. I. M., & Siddik, M. (2022). Analisis Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Covid-19 Pada Kemampuan Technological Pedagogical And Content Knowledge (TPACK) Guru Sekolah Dasar. Journal of Instructional and Development Researches, 2(1), 32–47.

Hayati, C., & Sukiman, S. (2020). Efektivitas Metode Bahtsul Masa’il Dalam Meningkatkan Daya Kritis dan Partisipasi Siswa Pada Pembelajaran Fikih di Madrasah Aliyah. EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama dan Keagamaan, 18(3), 338–354.

Magdalena, I. (2023). Evaluasi Pembelajaran Sekolah Dasar. CV Jejak (Jejak Publisher).

Nurtresnaningsih, I. (2018). Problematika Siswa Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Serta Upaya Dalam Menanggulanginya. ALSUNIYAT: Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra, dan Budaya Arab, 1(1), 17–29.

Resbiantoro, G. (2016). Analisis pedagogical content knowledge (PCK) terhadap buku guru SD Kurikulum 2013. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 6(3), 153–162.

Sahidin, L., & Pradjono, R. (2022). Eksplorasi TPACK dalam Mendukung Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi. Jurnal Pendidikan Matematika, 13(2), 212–227.

Setyawati, E., Suratno, S., & Sofyan, S. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Ips Berbasis Tpack Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Smpn 30 Muaro Jambi. JURNAL MANAJEMEN PENDIDIKAN DAN ILMU SOSIAL, 3(2), 1043–1053.

Sutamrin, S., Rosidah, R., & Zaki, A. (2022). The Pedagogical Content Knowledge (PCK) of Prospective Teachers. EduLine: Journal of Education and Learning Innovation, 2(4), 399–405.

Zakariah, M. A., Afriani, V., & Zakariah, K. H. M. (2020). Metodologi Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, Action Research, Research And Development (R N D). Yayasan Pondok Pesantren Al Mawaddah Warrahmah Kolaka.

Zubainur, C. M. (2020). Perencanaan Pembelajaran Matematika. Syiah Kuala University Press.

Downloads

Published

2025-03-30